Dunia Islam

Berbagai Macam Penemuan Ilmuwan Islam yang Wajib Anda Tahu

Sejak ratusan tahun yang lalu, para ilmuwan serta penemu muslim yang berasal dari Arab, Turki, dan Persia diketahui telah berhasil melakukan berbagai penemuan yang luar biasa. Bahkan, ilmuwan-ilmuwan Islam kala itu berhasil menemukan banyak hal di bidang kedokteran, matematika, kimia, fisika, astrologi, filsafat, geometri, dan bidang lainnya.

Beberapa di antaranya juga berhasil menuliskan karya-karyanya dalam sebuah buku. Penasaran? Berikut ini beberapa ilmuwan serta penemu muslim dengan berbagai penemuan luar biasa yang perlu Anda ketahui.

Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi

Penemuan ilmuwan - 2.bp.blogspot.com
Penemuan ilmuwan – 2.bp.blogspot.com

Al-Khawarizmi adalah seorang pakar dari Iran yang ahli dalam bidang matematika, astronomi, serta geografi. Dia dikenal sebagai bapak Algebra (disebut Al-Gorisma oleh orang Eropa) dan berhasil menemukan angka nol dan aljabar.  Nama tersebut dipakai oleh orang orang-orang barat dalam ilmu hitung.

Al-khawarizmi adalah ilmuwan muslim pertama yang terkenal dengan keahliannya dalam ilmu matematika dan ilmu hitung. Dia memiliki karya dalam bentuk buku yang berjudul “Al-jabar Wal Muqobalah” dan sudah disalin oleh orang-orang barat. Sampai saat ini, ilmu tersebut dikenal dengan nama aljabar.

Ibnu Sina

Penemuan ilmuwan - panjimas.com
Penemuan ilmuwan – panjimas.com

Ibnu Sina atau dikenal Avicenna adalah seorang ilmuwan muslim serta filsuf besar yang memiliki julukan Syeh Al-Rais. Avicenna terkenal cerdas, bahkan mampu menghafal Alquran saat usianya masih 10 tahun. Tidak sampai di situ, Avicenna juga menguasai berbagai ilmu, di antaranya ilmu fisika, kedokteran, mineralogi, geologi, dan masih banyak lagi.

Ibnu Haitham

Penemuan ilmuwan - 4.bp.blogspot.com
Penemuan ilmuwan – 4.bp.blogspot.com

Ibnu Haitham atau Alhazen dikenal sebagai sosok yang cerdik dan ahli dalam bidang falak, sains, mtematika, pengobatan, geometri, dan filsafat. Dia melakukan penyelidikan mengenai cahaya dan hal-hal lain yang berkaitan.

Penemuannya yang paling besar adalah konsep kamera. Ibnu Haitham diketahui telah memberikan jalan kepada para ahli sains dari dunia barat seperti Bacon, Boger, dan Kepler dalam menciptakan mikroskop dan teleskop.

Ibnu Ismail Al Jazari

Penemuan ilmuwan - 1.bp.blogspot.com
Penemuan ilmuwan – 1.bp.blogspot.com

Al Jazari adalah ilmuwan muslim yang lahir di Al-Jazira dan berhasil menemukan konsep robotika modern. Dia mengembangkan prinsip hidrolik untuk menggerakkan mesin yang pada saat ini dikenal dengan mesin robot. Al Jazira mengabdi sebagai ahli teknik pada raja Urtuq di Diyar Bakir dari tahun 1174 hingga 1200.

Abu Qasim Al Zahrawi

Penemuan ilmuwan - img-k.okeinfo.net
Penemuan ilmuwan – img-k.okeinfo.net

Ilmuwan Islam yang berprofesi sebagai dokter, ahli bedah, dan ilmuwan ini berhasil menemukan gips di era Islam. Dia adalah penemu asal Andalusia yang berhasil menemukan teknik pengobatan patah tulang dengan gips. Profesinya sebagai seorang dokter membuat dirinya sangat berjasa dalam menurunkan ilmu-ilmu kedokteran yang sangat penting pada masa ini.

Tidak hanya berprofesi sebagai seorang dokter yang cerdas, Al Zahrawi juga dikenal sebagai muslim yang taat. Semasa hidupnya, Al Zahrawi sering kali melakukan pengobatan secara cuma-cuma sebagai bentuk sedekahnya.

Ar-Razi

Penemuan ilmuwan - panjimas.com
Penemuan ilmuwan – panjimas.com

Ar-Razi atau Rhazes adalah salah satu ilmuwan Islam tersohor dan ahli dalam bidang sains. Sejak usia muda, dia telah mempelajari kimia, filsafat, matematika, dan kesusastraan. Sebagai seorang ilmuwan, Razi diketahui telah berhasil menemukan penyakit alergi asma. Dia juga mencatatkan diri sebagai ilmuwan pertama yang menulis tentang imunologi dan alergi.

Abu Musa Jabir bin Hayyan

Penemuan ilmuwan - 2.bp.blogspot.com
Penemuan ilmuwan – 2.bp.blogspot.com

Ilmuwan Islam selanjutnya adalah Abu Musa Jabir bin Hayyan yang diberi julukan Gebert oleh orang Eropa. Dia adalah tokoh Islam yang mempelajari serta mengembangkan ilmu kimia. Bidang keahlian yang dikuasai oleh Gebert adalah filosofi, logika, fisika, kedokteran, mekanika, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia berbagai macam penemuan ilmuwan Islam pada zaman dahulu. Ternyata, kemudahan-kemudahan yang kita dapatkan di zaman modern seperti sekarang ini banyak terbantu oleh mereka. Yuk, bagikan artikel ini ke teman-teman Anda supaya mereka mengetahui berbagai penemuan hebat yang dilakukan oleh para ilmuwan Islam. Semoga bermanfaat!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close