Dunia Islam

Perintah Berbakti kepada Orang Tua dalam 4 Surat Alquran

Islam menyeru umatnya untuk berbuat baik dan hormat kepada siapa pun, terutama kepada orang tua. Birrul Walidain atau perbuatan berbakti kepada orang tua ini memiliki pahala yang tinggi. Perintah berbakti kepada orang tua pun banyak ditemukan di dalam Alquran, setidaknya terdapat dalam 4 surat.

Keempat surat yang dimaksud antara lain surat An-Nisa, Al-Isra, Luqman, dan Al-An’am. Berikut ini penjelasan surat yang menyebutkan perintah berbakti kepada orang tua, antara lain:

Alquran surat An-Nisa ayat 36

Alquran surat An-Nisa ayat 36 - alquranmulia.files.wordpress.com
Alquran surat An-Nisa ayat 36 – alquranmulia.files.wordpress.com

Allah berfirman, “Sembahlah Allah dan jangan kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua: Ibu Bapak.

Ayat ini menyebutkan keutamaan untuk menyembah Allah semata dan berbuat baik kepada orang tua. Berbuat baik berarti segala tindakan dan perbuatan manusia sebagai seorang anak tidak menyakiti hati orang tuanya.

Alquran surat Al-Isra ayat 23 dan 24

Alquran surat Al-Isra ayat 23 dan 24 - alquranmulia.files.wordpress.com
Alquran surat Al-Isra ayat 23 dan 24 – alquranmulia.files.wordpress.com

Lalu perintah berbakti kepada orang tua tercantum dalam surat ketujuh belas. Allah berfirman, “…dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.“

Kemudian ayat keduapuluh empat berbunyi, “… dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik saya waktu kecil.”

Apa yang difirmankan dalam surat Al-Isra tersebut juga berupa doa. Surat Al-Isra juga mencantumkan larangan mengatakan “ah” atau perkataan lain yang meremehkan, melecehkan, atau mengejek orang tua, terutama yang telah lanjut usia. Anak wajib mematuhi perintah orang tuanya selama tidak bertentangan dengan nilai diri dan agama.

Alquran surat Al-An’am ayat 151

Alquran surat Al-An’am ayat 151 - alquranmulia.files.wordpress.com
Alquran surat Al-An’am ayat 151 – alquranmulia.files.wordpress.com

Perintah bersikap baik dan berbakti kepada orang tua ada dalam surat keenam yang isinya, “Katakanlah: “Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapa, dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan.

Lanjutan ayatnya, “Kami akan memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka, dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang tampak di antaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar. Demikian itu yang diperintahkan kepadamu supaya kamu memahami(nya).”

Allah SWT menyandingkan perintah berbuat baik kepada orang tua dengan larangan untuk mempersekutukan Allah, membunuh anak-anak karena takut ditimpa kemiskinan, larangan untuk melakukan perbuatan keji, dan membunuh.

Alquran surat Luqman ayat 14

Alquran surat Luqman ayat 14 - 3.bp.blogspot.com
Alquran surat Luqman ayat 14 – 3.bp.blogspot.com

Anak diwajibkan melakukan perbuatan baik kepada orang tua sebagai bentuk bakti kepadanya. Allah SWT berfirman, “…dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang Ibu Bapaknya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun. Maka bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang Ibu Bapakmu, hanya kepada-Ku-lah kembalimu.”

Surat Luqman ini menggambarkan betapa besar pengorbanan seorang ibu dalam mengandung, melahirkan, dan menyusui anaknya. Maka sudah sepantasnya bagi anak untuk berbakti kepada orang tua.

Itulah 4 surat Alquran yang mengajarkan pentingnya berbakti kepada orang tua. Semoga kita semua termasuk anak yang senantiasa berbakti kepada orang tua.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close