Haji

Inilah 5 Cara Mempercepat Keberangkatan Haji

Banyak yang mengatakan; menunaikan ibadah haji adalah panggilan hati. Tanpa itu, seseorang tidak akan pergi ke Kakbah meskipun sudah mampu. Ketika nuraninya merasa terpanggil, orang tersebut pasti melakukan berbagai hal untuk mewujudkan. Salah satunya dengan mencari cara mempercepat keberangkatan haji.

Namun, cara tersebut harus sesuai aturan agama. Jika tidak, perjalanan haji Anda menjadi sia-sia. Pasalnya, niat baik yang diwujudkan dengan perbuatan buruk akan mengantarkan pada dosa. Nah, sebagai pedoman, simak lima cara mempercepat keberangkatan haji berikut ini.

Mengikuti Jalur Haji Plus

cara mempercepat keberangkatan haji - 1.bp.blogspot.com
cara mempercepat keberangkatan haji – 1.bp.blogspot.com

Jalur keberangkatan haji dari Indonesia secara resmi ada dua, yaitu plus dan reguler. Awalnya, haji nonkuota juga marak di nusantara. Penyelenggaranya adalah biro yang tidak bekerja sama dengan Pemerintah RI. Namun, peristiwa pada tahun 2012 menjadi tamparan keras bagi pemerintah untuk memusnahkan haji nonkuota. Pasalnya, ribuan calon jemaah tidak mendapatkan visa.

Sejak saat itu, hanya haji plus dan reguler yang diperbolehkan beroperasi. Perbedaan kedua jalur terletak pada biaya dan daftar tunggu. Pengelola haji plus mematok tarif ratusan juta rupiah untuk satu orang. Namun, harga tersebut sebanding dengan fasilitas dari biro. Misalnya, calon jemaah bisa berangkat dalam waktu tujuh tahun dan mendapatkan penginapan bintang lima.

Sementara itu, program haji reguler memasang harga lebih murah. Nominalnya tidak lebih dari Rp 100 juta. Tapi, calon jemaah haji harus sabar menunggu pemberangkatan haji selama 10-20 tahun.

Mendaftar Lebih Awal

cara mempercepat keberangkatan haji - suroboyolife.com
cara mempercepat keberangkatan haji – suroboyolife.com

Tidak dimungkiri, sebagian besar muslim di Indonesia ingin berangkat haji. Hal itu terbukti dari jumlah pendaftar yang kerap melebihi kuota. Sebagai contoh, kuota dari Pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia adalah 221 ribu orang. Kenyataannya, menjelang musim haji, jutaan calon jemaah mengantre di daftar tunggu.

Karena itulah, calon jemaah harus mendaftar lebih dini jika ingin segera berangkat. Misalnya, Anda punya target berangkat haji di tahun 2030. Berarti, mulai tahun 2018 mesti mengurus persyaratan sekaligus mendaftarkan diri.

Perbanyak Sedekah dan Berbuat Baik

cara mempercepat keberangkatan haji - suaramuhammadiyah.id
cara mempercepat keberangkatan haji – suaramuhammadiyah.id

Selain berusaha secara fisik, Anda pun harus meningkatkan amal saleh. Salah satunya dengan bersedekah kepada yang membutuhkan. Sedekah tidak akan membuat seseorang kekurangan. Justru orang tersebut akan dimudahkan urusannya oleh Allah SWT karena telah berbuat baik. Apalagi jika mampu menolong hamba-Nya dari kesulitan.

Hal itu selaras dengan sabda Rasulullah SAW :

“Sesungguhnya Allah senantiasa menolong hamba selama ia menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

Mengamalkan Doa Ini

cara mempercepat keberangkatan haji - surah.me
cara mempercepat keberangkatan haji – surah.me

Doa adalah senjata umat Islam. Allah SWT senantiasa mengabulkan doa hamba yang memohon kepada-Nya. Hal itu tercantum secara tersurat dalam surat Al-Baqarah ayat 186.

Jadi, bagi muslim yang ingin cepat berangkat haji, bisa mengamalkan doa berikut ini :

“Rabbanna taqabbal minna innaka antassami’ul ‘aliim. Rabbanna waj’alnaa muslimaini laka wa min dzurriyyatinaa ummatam muslimatal laka wa arinaa manaa sikanaa wa tub ‘alainaa innaka antat tawwaabur rahiim.”

“Ya Tuhan kami, semoga Engkau menerima (amalan ibadah kami), sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ya Tuhan kami, semoga Engkau berkenan dapat menjadikan kami berdua (suami-istri) orang yang tunduk patuh kepada Engkau serta (menjadikan) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau. Dan semoga Engkau selalu berkenan memberikan petunjuk kepada kami agar dapat menunaikan ibadah haji, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”

Membaca Selawat Hajiyyah

cara mempercepat keberangkatan haji - 3.bp.blogspot.com
cara mempercepat keberangkatan haji – 3.bp.blogspot.com

Selawat hajiyyah atau haji merupakan amalan yang diajarkan oleh para ulama. Jika Allah SWT menghendaki, saat membaca selawat ini, semua urusan Anda akan dimudahkan. Berikut bunyi selawatnya :

“Allahumma shalli ala sayyidina muhammadin shalatan tubalighuna biha hajja baitikal haram waziarata qabra nabiyyika Muhammad, fi lutfin wa yusrin wa ma unatin wa afiyatil ajsam, watarzuqna biha bulughol marom wahusnal khitam adada”

Itulah lima cara mempercepat keberangkatan haji yang bisa Anda terapkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close