FoodsLife Style

Cara Menambah Berat Badan Wanita Kurus

Siapa bilang menjadi wanita kurus itu enak? Meski media selalu menampilkan wanita-wanita kurus untuk didandani sehingga terlihat cantik dan menjadi ikon untuk brandmode, kenyataannya tidak secerah itu.

Sama seperti wanita yang gemuk, wanita yang kurus juga kerap memiliki masalah kesehatan. Mereka cenderung mengalami penurunan daya tahan tubuh, kekuatan otot yang melemah, osteoporosis, gangguan jantung, anemia, dan lain-lain.

Karena itu, wanita sebaiknya lebih berpatokan pada berat badan yang ideal dibandingkan bentuk tubuh. Menghitung berat badan ideal wanita pun cukup mudah dengan menerapkan konsep formula BMI berdasarkan tinggi dan berat badan.

Nah, bagi Anda yang memiliki berat badan di bawah standar, cobalah untuk mencapai kondisi yang lebih sehat. Dengan cara menambah berat badan wanita kurus ini, dapatkan tubuh yang lebih prima.

Tingkatkan kalori asupan dengan nutrisi baik

Cara menambah berat badan wanita kurus - www.vemale.com
Cara menambah berat badan wanita kurus – www.vemale.com

Sebelum memulai program diet, ada baiknya Anda berkonsultasi lebih dulu kepada dokter atau ahli gizi. Mereka dapat membantu Anda untuk menentukan berapa asupan kalori yang tubuh Anda butuhkan setiap hari.

Namun yang perlu diingat, jangan sampai hanya karena ingin menambah berat badan Anda jadi sembarangan memilih asupan kalori. Tetap perhatikan nutrisi baik yang diperlukan tubuh. Jangan mengonsumsi gorengan pinggir jalan yang justru sangat rawan mengacaukan kesehatan. Perbanyak nutrisi Anda dengan kandungan karbohidrat, protein, dan lemak baik sesuai anjuran para ahli.

Makan dan minum lebih sering

Cara menambah berat badan wanita kurus - www.health-n-life.com
Cara menambah berat badan wanita kurus – www.health-n-life.com

Untuk menambah berat badan, makan dan minumlah lebih sering dari biasanya. Anda bisa makan lima sampai enam kali setiap hari—sarapan, camilan, makan siang, camilan, makan malam, dan camilan. Setidaknya, makanlah dalam setiap empat jam.

Berbeda dengan wanita gemuk yang juga melakukan cara ini untuk mengurangi berat badan, Anda tidak perlu mengurangi porsi normal untuk santap utama. Saat sarapan, makan siang, dan makan malam, tetaplah makan dengan porsi biasanya. Sementara itu untuk camilan, pastikan tetap ada kandungan karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak baik yang masuk ke dalam pencernaan.

Lakukan olahraga untuk menaikkan massa otot

Cara menambah berat badan wanita kurus - www.2.bp.blogspot.com
Cara menambah berat badan wanita kurus – www.2.bp.blogspot.com

Terus makan tanpa diimbangi dengan olahraga tidak akan memberikan dampak positif bagi tubuh Anda. Lagipula, tidak semua jenis olahraga menjadikan bobot tubuh berkurang. Kenyataannya, berat badan juga bisa naik dengan rutin berolahraga.

Tentu saja, olahraga yang dipilih bukanlah jenis kardio yang bertujuan untuk membakar lemak. Bila Anda aktif mengikuti senam aerobik, cobalah untuk menggantinya dengan olahraga angkat beban. Jika Anda malas pergi ke pusat kebugaran atau merasa aktivitas ini terlalu maskulin, cobalah yoga. Olahraga yang sepintas terlihat mudah ini akan memberi tantangan tersendiri dan menguatkan massa otot yang membantu mengencangkan tubuh.

Istirahat yang cukup dan hindari stres

Cara menambah berat badan wanita kurus - www.cdns.klimg.com
Cara menambah berat badan wanita kurus – www.cdns.klimg.com

Faktor psikologis memberi peranan yang sangat besar terhadap keberhasilan diet ini. Stres yang tinggi justru akan menghambat Anda mencapai kenaikan berat badan yang diinginkan.  Di samping itu, aktivitas yang terlalu tinggi akan membuat kalori yang masuk tidak sebanding dengan yang keluar.

Istirahatlah saat malam hari selama delapan jam. Usahakan agar waktu tidur tidak lebih dari pukul 10 malam. Jika dibutuhkan, Anda juga bisa mencoba meditasi agar tubuh dan pikiran menjadi lebih relaks.

Itulah empat cara menaikkan berat badan wanita kurus yang dapat Anda lakukan. Hasil yang didapatkan tentu tidak akan terjadi dalam waktu yang singkat meski setiap orang memiliki metabolisme yang berbeda satu sama lain. Karena itu, konsistensi adalah kunci utama yang akan membawa Anda pada tingkat kesehatan yang lebih baik.

Selamat mencoba!

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: