Dunia Islam

Cara Mudah untuk Mendaftar Haji

Ibadah haji wajib dilaksanakan oleh muslim yang mampu secara finansial dan mental, setidaknya sekali dalam seumur hidup. Hanya saja, kendalanya saat ini adalah pembatasan kuota haji oleh pemerintah Arab Saudi, tidak terkecuali bagi jemaah Indonesia. Pembatasan kuota ini diterapkan karena membludaknya jumlah umat muslim yang menunaikan ibadah haji setiap tahunnya.

Untuk haji plus, masa tunggu keberangkatannya berkisar tujuh tahun. Sementara itu, masa tunggu haji reguler mencapai lebih dari 20 tahun. Mengingat lamanya antrean untuk bisa berangkat ke Tanah Suci, alangkah baiknya jika Anda mendaftar haji mulai sekarang. Selagi ada kesempatan serta memiliki cukup dana untuk disetorkan secara rutin, janganlah ditunda lagi.

Nah, bagaimana cara mendaftarkan haji dengan benar? Berikut langkah-langkahnya.
Persyaratan:

  • Warga Negara Indonesia
  • Beragama Islam

Tata Cara Mendaftar Haji Sesuai Peraturan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Cara Mendaftarkan haji - Setkab.go.id
Cara Mendaftarkan haji – Setkab.go.id
  • Membuka Rekening Tabungan Haji
    Ada beberapa bank yang ditunjuk sebagai bank penerima setoran untuk Haji. Bank tersebut adalah BRI, BRI Syariah, BNI, Bank Aceh, Bank Riau Kepri, Bank Nagari, Bank Sumsel, Bank Panin, Bank Muamalat, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, BTN, Bank Jateng, Bank CIMB dan Bank Mega Syariah.
    Setiap bank memiliki persyaratan setoran awal dan saldo minimum yang berbeda. Namun ,kebanyakan membutuhkan saldo minimum Rp500.000 dan setoran selanjutnya minimal Rp100.000. Berbeda dengan rekening tabungan biasa, Tabungan Haji tidak memiliki bunga, biaya administrasi, dan ATM.
    Jika Anda sudah siap membuka rekening haji, silakan menghubungi customer service dari bank yang dituju terlebih dahulu.
  • Menandatangani Surat Pernyataan yang diterbitkan oleh Kementerian Agama RI
    Setelah Tabungan Haji yang Anda miliki sudah mencapai 25 juta, Anda bisa mendatangi kantor Kementerian Agama RI di kota atau kabupaten. Anda akan menandatangani Surat Pernyataan yang isinya meliputi kesediaan berangkat dan melakukan transfer ke rekening Menteri Agama.
    Selanjutnya, Anda akan diberikan nomor rekening Menteri Agama untuk setoran pendaftaran haji. Anda pun akan menerima bukti setoran awal BPS BPIH yang berisi nomor validasi.
  • Melengkapi Dokumen dan Mengisi Formulir Pendaftaran Pergi Haji (SPPH)
    Anda akan diberi Formulir SPPH (Surat Pendaftaran Pergi Haji). Persiapkan nomor rekening haji, NIK, golongan darah, dan data pribadi lainnya seperti alamat, nomor yang bisa dihubungi, dan status perkawinan. Jangan lupa untuk menyiapkan pas foto haji yang akan dipergunakan untuk formulir tersebut.
  • Menerima Nomor PORSI pendaftaran
    Sesudah menerima Surat Pendaftaran Pergi Haji atau SPPH dari Kementerian Agama setempat, Anda diharuskan untuk pergi ke bank untuk menyetor dengan membawa SPPH tersebut.. Setelah itu, Anda harus menghubungi customer service bank untuk mendapatkan Nomor Porsi keberangkatan Haji.
  • Menerima Bukti Cetak SPPH
    Setelah mendapatkan Nomor Porsi Keberangkatan Haji, maka Anda diharuskan untuk kembali ke kantor Kementerian Agama dengan membawa berkas lengkap. Berkas tersebut termasuk fotokopi surat keterangan sehat, fotokopi akta kelahiran/buku nikah/ijazah, Fotokopi kartu keluarga dan fotokopi KTP. Setelah diperiksa, Anda akan menerima bukti cetak SPPH.

Usai menjalani proses pendaftaran dan menerima bukti cetak SPPH, Anda bisa mengecek tahun keberangkatan Anda di website kemenag.go.id. Jangan lupa untuk melunasi biaya haji, sehingga Anda pun tinggal menunggu tanggal pemberangkatan haji sesuai dengan pemberitahuan di website kemenag.go.id.

Walaupun masa tunggu Anda mencapai tujuh hingga 20 tahun lamanya, janganlah berputus asa. Tetaplah bersabar sembari terus meningkatkan amal ibadah Anda.Bahkan, jika Allah berkehendak, bukan tidak mungkin keberangkatan Anda dimajukan dari jadwal yang seharusnya. Insyaallah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: