Dunia Islam

5 Cara Mendekatkan Diri kepada Allah

Melalui Hadis Riwayat Ahmad, dari Ibnu Haris, Nabi Muhammad Shallallhu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah berkata: Wahai anak Adam, bangunlah kepada-Ku niscaya Aku akan berjalan kepadamu. Dan berjalanlah kepada-Ku niscaya Aku akan datang kepadamu dengan berlari.”

Hadis di atas dengan jelas memberitahu kita bahwa mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’alaternyata begitu mudah. Bahkan, kita sering mendengar kalimat “Allah itu lebih dekat dari urat nadi kita”. Namun, kita masih saja lalai dan sering kali melupakannya. Padahal, tanpa kita sadari, Allah selalu ada bersama kita apa pun keadaan kita.

AllahTa’alaakan selalu memudahkan hamba-Nya yang ingin mendekat dan kembali. Beberapa cara mendekatkan diri kepada Allah tersebut diantaranya:

Selalu Berprasangka Baik kepada Allah

Selalu Berprasangka Baik kepada Allah - habibnovel.com
Selalu Berprasangka Baik kepada Allah – habibnovel.com

Berprasangka baik atau husnudzon sejatinya akan selalu mendatangkan keberkahan untuk diri kita, terutama hati. Termasuk juga berbaik sangka kepada Allah. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah Shallallhu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah berkata: Aku sesuai prasangka hamba-Ku. Jika prasangka itu baik, maka baik baginya. Dan apabila prasangka itu buruk, maka buruk baginya.”

Agar hati senantiasa selalu bersih dan jauh dari sifat-sifat buruk, hendaknya kita selalu percaya dan berbaik sangka kepada Allah bahwa rencana dan kehendak-Nya selalu jauh lebih baik dari apa yang kita inginkan. Dengan demikian, niscaya diri kita pun akan selalu diliputi kebaikan dan kemudahan.

Bangun di Sepertiga Malam untuk Menunaikan Salat Tahajud

Bangun di Sepertiga Malam untuk Menunaikan Salat Tahajud - bersamadakwah.net
Bangun di Sepertiga Malam untuk Menunaikan Salat Tahajud – bersamadakwah.net

Lelahnya tubuh karena aktivitas yang padat setiap hari seringkali membuat kita tidur dengan lelap dan melewatkan waktu Tahajud. Bahkan, tak jarang kita pun lupa menunaikan Salat Subuh. Padahal, Salat Tahajud menjadi salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah yang paling baik. Pada sepertiga malam terakhir, Allahakan turun ke dunia dan berada bersama hamba-Nya yang terbangun dan mengingat-Nya.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Ahmad dalam hadis dari Salman Al Farisi: “Rasulullah Shallallhu ‘Alaihi Wasallam bersabda: Dirikanlah salat malam, karena sesungguhnya salat malam itu adalah kebiasaan orang-orang saleh sebelum kamu, (salat malam dapat) mendekatkan kamu kepada Tuhanmu dan mencegah berbuat dosa.” Salat malam juga menjadi salah satu waktu mustajab untuk berdoa.

Selalu Bersyukur

Selalu Bersyukur - muslim.or.id
Selalu Bersyukur – muslim.or.id

Tanpa kita sadari, Allah SWT selalu menguji keimanan kita, entah itu harta, jabatan, atau bahkan kemiskinan. Jika kita senantiasa selalu bersyukur atas apa pun yang kita dapatkan, niscaya kita tidak akan pernah merasa kekurangan. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Ibrahim ayat 7 yang artinya: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami menambah nikmat kepadamu dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

Bersedekah

Bersedekah - zakat.or.id
Bersedekah – zakat.or.id

Cara mendekatkan diri kepada Allah berikutnya adalah dengan bersedekah. Ingatlah bahwa dalam harta yang kita miliki, ada sebesar 2,5 persen yang wajib dizakatkan apabila syaratnya tercukupi. Selain membuat diri senantiasa dekat dengan Sang Pencipta, bersedekah dan berzakat juga berfungsi untuk membersihkan sekaligus menyucikan harta-harta yang kita miliki.

Bersabar

Bersabar - fertilitymatters.ca
Bersabar – fertilitymatters.ca

“Sabar itu gampang dikatakan, sulit dilakukan.” Tak jarang kita mendengar kalimat tersebut keluar dari mulut seseorang. Nyatanya, meskipun sulit, bersabar dalam menghadapi segala masalah justru bisa membawa diri kita semakin dengan dengan Allah SWT.

Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Abu Na’im, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sbaar adalah sebagian dari iman.” Dan sebagaimana tertulis dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 153, bahwa “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.” Bersabarlah, maka Allah SWT akan senantiasa dekat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close