Dunia Islam

5 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran dalam Islam

Semua manusia pasti menginginkan kehidupan yang lancar dan tenang. Dari pagi hingga malam, tidak ada kegiatan yang mengalami hambatan dan semua orang di sekitar selalu tampak senang. Hidup tentunya terasa jauh lebih sempurna bila demikian.

Namun, hidup tanpa kendala dan tantangan adalah hal yang sepertinya tidak akan pernah terjadi. Setiap makhluk pasti memiliki ujian dan tantangan hidupnya masing. Susah dan senang datang bergantian. Begitu pula dengan nikmat dan cobaan. Karena inilah Anda wajib tahu cara menenangkan hati dan pikiran.

Sebenarnya, banyak sekali cara menenangkan hati dan pikiran. Namun, tidak semuanya sesuai dengan ajaran Islam. Sebagai contoh, ada orang-orang yang berusaha menenangkan pikirannya dengan cara berbelanja habis-habisan.Terus-terusan makan tanpa batas, bahkan mengonsumsi miras atau obat-obatan terlarang agar terlupa dengan masalah yang dihadapi. Jika demikian, bukan tenang yang didapatkan, masalah baru & dosa justru menanti di depan mata.

Lalu, bagaimana cara menenangkan hati dan pikiran yang sesuai dengan syariat Islam? Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan agar hati selalu tenang:

Sabar

Sabar - cdn.klimg.com
Sabar. – cdn.klimg.com

Sabar tentunya bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, jika kita yakin bahwa Allah selalu bersama kita dalam setiap keadaan, maka insyaallah hati ini akan lebih tenang. Dalam Alquran surah Al-Baqarah ayat 153 disampaikan bahwa “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar”.

Allah pun tidak akan menguji hambanya di luar batas kemampuannya. Jika Anda tengah mendapatkan cobaan yang rasanya amat berat, bersabarlah. Ini Artinya Anda dipercaya Allah untuk mampu menghadapi cobaan tersebut.

Sholat

Sholat. - i0.wp.com
Sholat. – i0.wp.com

Sholat merupakan sarana untuk mendekatkan diri pada Allah. Dengan sholat hati menjadi lebih tenang. Tidak hanya sholat wajib lima waktu, sholat sunah lainnya juga dapat membantu menenangkan hati dan pikiran. Misalnya: sholat istikharah untuk meminta petunjuk, shalat tahajud untuk mengurangi rasa gelisah, hingga shalat hajat bila menginginkan sesuatu. (Tentu saja, selama sesuatu itu baik dan diridhai Allah, ya.)

Cerita dan memintalah hanya kepada Allah Swt

Cerita dan memintalah hanya kepada Allah Swt. - assets-a2.kompasiana.com
Cerita dan memintalah hanya kepada Allah Swt. – assets-a2.kompasiana.com

Ketimbang melampiaskan berbagai kegalauan hati kepada orang lain—yang mungkin juga memiliki banyak masalah hidup—atau  mengumbarnya di media sosial sehingga menjadi bahan pembicaraan orang lain, lebih baik tentunya jika Anda duduk bersimpuh dan bercerita hanya kepada Allah.

Mengapa hanya kepada Allah? Sebab Allah memiliki jawaban atas segala masalah-masalah hidup kita dan Allah Swt. Adalah sang Maha Penjaga Rahasia. Bandingkan jika Anda mengungkapkan masalah hidup Anda pada saudara, teman atau bahkan sahabat terdekat. Sebaik apa pun, ada kalanya mereka khilaf dan menyamppaikannya kepada orang lain. Hal ini tentunya tidak akan pernah terjadi bila Anda menyerahkannya hanya kepada Allah SWT.

Senantiasa mengingat Allah SWT

Senantiasa mengingat Allah SWT. - 4.bp.blogspot.com
Senantiasa mengingat Allah SWT. – 4.bp.blogspot.com

Ingatlah Allah, maka hati menjadi tenang. Dengan selalu mengingat-Nya, Anda akan merasa aman dan tentram. Segala urusan sudah diatur sedemikian rupa oleh Allah Swt. Jadi tenangkan hati dan pikiran Anda atas segala ketetapan yang telah dibuat-Nya.

Jika mampu, berkunjunglah ke Tanah Suci

Jika mampu, berkunjunglah ke Tanah Suci - thehubpharmacy.com
Jika mampu, berkunjunglah ke Tanah Suci – thehubpharmacy.com

Jika rezeki mencukupi, pergi umroh ke Tanah Suci bisa menjadi cara maksimal mendekatkan diri kepada Allah. Dengan beribadah umroh atau haji, Anda dapat menenangkan hati dan pikiran. Bukan tidak mungkin Anda akan menemukan solusi atas segala masalah begitu pulang dari Tanah Suci.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: