Tausiyah

Ustadz Khalid Basalamah: Cara Agar Shalat Khusyuk

halo halo halo aku mau pertama tentu kita harus menyadari ya setiap ibadah itu pasti pasti digoda oleh iPhone untuk kita tidak lakukan maksimal atau Kalaupun kita lakukan makan berkurang pahalanya maka tentu saja kita harus bisa melawan itu atau harus bisa melawan tidak boleh kita diamin tidak boleh didiamkan jadi cara melawan kiat-kiat melawan syaitan pertama menyadari bahwasanya memang ada setan yang menggoda kita membisikkan setiap bisikan negatif Jangan biarkan dia lah mengkhayal ya itu harus bisa dilawan Yang kedua kita belajar konsentrasi konsentrasi itu dengan tenang konsentrasi itu kan akan

bisa didapat kosentrasi itu bahasa sederhananya sebenarnya sih renang dalam melakukan sebuah perbuatan yang itu jadi kita lihat orang-orang yang konsentrasi itu kalau baca ayat tenang kalau mau kan satu perbuatan tenang dia fokus sehingga memang maksimal dalam gerakan dalam ucapan penyampaiannya tutur katanya semua terupdate tut tut tut tut tut tapi tertata rapi itu semua karena memang dia coba konsentrasi di situ kita konsentrasi dalam salat dan yakinilah dalam konsentrasi itu setiap gerakan dan ucapan akan ada nilai pahala di sisi allah subhanahu wa ta’ala jadi kita harus bisa tahu itu kemudian pada saat setan berhasil mencuri sebagian pahala misal kita tiba-tiba menghayal segera kita kembali

menghayal kadang-kadang saya kembali ya nabi salam itu godaan setan yang berjulukan atau bernama prinsip atau konsep ada dua riwayat yang menyebutkan tentang barisnya ini yang bertengkar di sebelah kiri kupingmu voli yang mengingatkan dia semua apapun yang membuat dia tidak konsentrasi kalau datang kepadamu bacalah isti’adzah Billahi minas syaiton nirojim dan meludah sebelah kiri tiga kali dengan dicium tiga kali maka kata Usman bin Abi mau turun setelah saya amalkan maka tidak lagi bisa saya iPhone menggoda saya

ulama menambahkan giatnya adalah juga menjauhkan diri dari kemaksiatan Jadi kalau sampai saat ini teman-teman masih merasa saya kalau sholat nggak bisa khusyuk atau saya kalau mau baca Quran masih males masih malas lah berbuat ibadahnya selain godaan syaitan juga ada penyebab faktor adanya dulu saya masih mengganjal coba Antum Muhasabah dosa apa yang masih saya lakukan di dalam sebulan atau dalam seminggu atau yang rutin lah dalam kegiatan sehari-hari dari pagi sampai malam dosa apa yang saya lakukan coba Muhasabah diingat Kalo nggak mungkin dalam minggu dalam 1 minggu ini kan mungkin dalam harian Antum best bisa ngontrol tapi dalam seminggu apa nih Nah itu dosa itu kalau kita bermuhasabah Insya Allah dan kita tutup pintunya maka akan membawa kita pada kekhusukan ibadah jadi sholatnya bisa lebih khusyuk baca Quran bisa lebih nyaman kalau mengerjakan Ibadah Jadi ringan

ringan mau sholat malam bangun jaringan itu karena memang sudah tidak ada beban dosa dari dosa itu juga menjadi penghambat memang menjadi penghambat itulah yang dikatakan oleh Imam Syafi’i yang pernah saya sampaikan ya belum belajar kepada gurunya Imam Waqiah

jadi setiap kali manusia keren malah dikasih pelajaran oleh gurunya Imam waqi hafalan segala selalu lupa Al Imam Syafi’i mengatakan dalam pembuatan Karya Makmur Siakad Unila Wahyu Wahyu saya mengeluhkan kepada Imam waqi tentang buruknya hafalanku setiap hafal Pasti lupa Harusnya ada Nih lapar Terima kasih makan dia perintahkan saya untuk meninggalkan dosa maksiat di manusia melakukan kegiatan sehari-harinya umumnya semuanya sudah berusaha dijaga makanannya minumannya pakaiannya halal pergaulan yang bagus-bagus aja gitu maka dia Lalu mulai melihat ternyata gitu kan Kalau beliau mau jalan dari rumahnya ke rumahnya Imam waqi melewati sebuah pasar dan waktu itu di pasar itu masih ada perempuan perempuan yang tidak pakai jilbab kadang-kadang di pasar Uda transaksi-transaksi yang haram ada kebal Iman Manusia bibir

tinggalin ini yang saya belum coba nih cuma lewat ya di pasar itu nggak mampir nggak punya toko di situ nggak ikut transaksi kemudian belum bilang saya ganti jalurnya tadinya lewat di depan pasar sekarang lewat belakang pas tadi enggak liat pasar lagi rumah main ke rumahnya Imam waqi lalu dia hubungkan paketnya mau Ki setelahnya ah kebakaran di Banda Ilma Nurul Nurul ahila yuk variasi Dan disampaikan kepada saya bawahnya ilmu itu adalah cahaya dari Allah dan cahaya Allah tidak bisa dikasih tidak bisa didapatkan kecuali pada orang yang bermaksiat dia bilang setelah saya ubah jalur jalan saya itu maka saya temukan Kalau saya buka kitab kata Imam Syafi’i buka kitab maka saya tutup Sebelahnya kan Kalau saya buka setiap yang hafal Semuanya gara-gara meninggalkan kemaksiatan jadi memang dia bisa menjadi penghambat itu coba bermuhasabah Insya Allah dengan menjaga diri dari kemaksiatan maka salah satu faktor untuk membuat kita bisa khusyuk dalam ibadah

yang berhubungan dengan pertanyaan ini tidak boleh kita mengulangi shalat

kecuali ada udzur syar’i batal keluar angin tiba-tiba teringat belum wudhu tiba-tiba baru sudah salat sementara sholat ashar misalnya ternyata baru terdengar adzan belum masuk waktu berarti itu harus nyaman dibatalin tapi kalau hanya karena tidak khusyuk lalu diulang ini godaan setan yang lain lagi nih kan ini perbuatan Bid’ah nggak boleh ngurangin salat yang sudah dikerjakan kalau sudah dikerjakan udah nggak boleh lagi dia tidak khusyuk itu Apa konsekuensinya resiko kita maka kita harus fokus fokus masa teman-teman sekalian kalau diundang oleh Walikota datang kita betul-betul mengatur kata-kata kita bahkan kita khawatir kok ada satu kata yang terpelintir salah masak kita sama Allah Subhanahu Wa Ta’ala tidak bisa menjaga itu jadi jangan di ulangin ya nggak boleh ngulangin salat secara khusus apalagi yang berhubungan dengan masalah sholat nih nggak Boleh diulang ini kecuali ada udzur syar’i misal belum masuk waktu tadi itu kan

Maaf baru masuk waktunya kita batalin kita salat lagi atau sudah selesai salat ternyata memang belum masuk waktu atau tidak punya wudhu atau salah kiblat hal-hal yang mendasar yaitu di ulangin gitu kan Tapi kalau nggak makan tahu saya nggak boleh tuh was-was Apakah saya kena penyakit was-was Ya jelas penyakit was-was yang saya sarankan yang bertanya ini membeli buku yang pernah saya bawa itu judulnya penyakit bahaya penyakit was-was Mitra solusi solusinya terbitan pustaka Tazkia harganya kurang dari Rp20.000 baca dan insya Allah mudah-mudahan poin-poin di dalam buku itu akan bisa memberikan jawaban kepada anda

subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar Subhanallah

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close