Ingin Umroh Tanpa Travel? Ini Beberapa Cara yang Bisa dicoba

Umroh tanpa menggunakan jasa travel terdengar berisiko, tetapi banyak orang yang senang petualangan memilih metode ini. Cara umroh tanpa travel sebenarnya cukup beragam, sehingga kamu bisa memilih metode paling pas sesuai kondisi dan kebutuhan. Berikut beberapa cara untuk dicoba agar bisa umroh tanpa lewat biro travel.

Umroh lewat Undangan

Cara Umroh Tanpa Travel - Haji Kemenag

Cara Umroh Tanpa Travel – Haji Kemenag

Pernah dengar istilah “visa ziarah”? Itu adalah jenis visa yang bisa kamu peroleh untuk melakukan umroh lewat jalur undangan. Jika kamu punya kerabat yang bekerja atau berbisnis di Arab Saudi, kamu bisa meminta agar mereka membuat surat undangan, supaya kamu bisa berkunjung. Pihak yang membuat surat undangan ini menjadi penjamin selama kamu berada di negara tersebut.

Setelah mendapat surat undangan ini, kamu bisa menggunakannya sebagai dokumen untuk mendapat visa ziarah.

Umroh saat Transit

Cara Umroh Tanpa Travel - Indeksbenta.com

Cara Umroh Tanpa Travel – Indeksbenta.com

Kamu suka melakukan perjalanan ke negara-negara teluk? Manfaatkan waktu transit di Arab Saudi untuk ikut umroh. Jika kamu pergi ke Jordania atau Turki, misalnya, kamu bisa memanfaatkan program khusus yang disiapkan pemerintah Arab Saudi untuk mereka yang ingin umroh saat transit. Program ini berlaku selama 3 hari 3 malam, dan biayanya cukup terjangkau.

Visa transit yang kamu miliki akan diterima saat memasuki Mekah dan Madinah. Walau terbatas, ini tentu membantu jika kamu ingin umroh tanpa repot.

Umroh dengan Visa Bisnis

Cara Umroh Tanpa Travel - 4.bp.blogspot.com

Cara Umroh Tanpa Travel – 4.bp.blogspot.com

Jika kamu punya bisnis atau keperluan pekerjaan di Arab Saudi, visa bisnismu juga berlaku untuk ikut kegiatan umroh. Pemilik visa bisnis di Arab Saudi juga mendapat keuntungan jika ingin melakukan perjalanan, karena berlaku untuk mengunjungi beberapa negara yang ada di sekitar negara tersebut.

Umroh lewat Jalur Studi

Cara Umroh Tanpa Travel - Brilio.net

Cara Umroh Tanpa Travel – Brilio.net

Jika kamu sedang mengikuti program pendidikan di negara-negara teluk, seperti Kuwait, Bahrain, Oman, atau Uni Emirat Arab, kamu bisa mengikuti program umroh lewat jalur studi. Biaya untuk ikut umroh dengan cara ini juga cukup terjangkau. Biasanya, kamu hanya harus membayar sekitar 3 juta Rupiah jika berangkat umroh dari negara teluk dengan visa program studi.

Jika program studimu dilakukan di Arab Saudi, kamu biasanya cukup membayar sekitar 1 juta Rupiah untuk melakukan umroh.

Umroh dengan Visa dari Travel

Cara Umroh Tanpa Travel - Info Unik

Cara Umroh Tanpa Travel – Info Unik

Jika kamu tidak ingin repot dalam mengurus visa, kamu bisa menghubungi biro travel dan membayar untuk mengurus visa. Sebagai gantinya, kamu punya kebebasan untuk menyiapkan paspor, tiket, biaya, dan rencana perjalanan sendiri. Akan tetapi, tidak semua biro travel menerima permintaan mengurus visa saja. Jadi, kamu harus rajin mencari info tentang biro travel yang sering digunakan peserta umroh individual atau backpacker.

Persiapan untuk Umroh tanpa Travel

Cara Umroh Tanpa Travel - Batavia Air

Cara Umroh Tanpa Travel – Batavia Air

Jika ingin umroh tanpa travel, kamu sebaiknya memiliki rekan seperjalanan, terutama jika kamu pergi dari Indonesia (bukan dari negara teluk yang dekat dengan Arab Saudi). Bepergian dalam kelompok kecil yang terdiri dari 3 hingga 5 orang adalah ide bagus, terutama jika kamu belum pernah melakukan perjalanan seperti ini.

Bagi kaum wanita, wajib hukumnya didampingi mahram (pendamping lelaki yang sah) selama berada di Arab Saudi. Kamu bisa menunjuk anggota keluarga atau suami, dan mengajukan surat pernyataan menjadi mahram perjalanan saat mengurus visa.

Akhirnya, jangan lupa dengan asuransi sebagai payung perlindungan untuk perjalananmu. Kamu bisa bertanya pada perusahaan penyedia asuransimu soal paket untuk perjalanan umroh. Atau, kamu bisa membelinya saat memesan tiket.

Pergi umroh tanpa berada di dalam rombongan besar menawarkan tantangan, petualangan, sekaligus kebebasan lebih untuk menjalankan ibadah. Pastikan kamu melakukan riset dan bersiap-siap sebelum memilih cara umroh tanpa travel yang paling tepat.

Add Comment

%d bloggers like this: