Fikih

  • Fikih

    Ustadz Khalid Basalamah: Hukum Pajak dalam Islam

    Bagaimana hukumnya pajak dalam Islam apakah negara saudi Sekarang ikut menerapkan hukum pajak dikarenakan mengikuti negara barat jika tidak ada…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Adi Hidayat: Hukum Pajak/Cukai dan Bekerja di Dalamnya

    Ke mana kita dahulukan yang duluan dulu ya nanti Kita sesuaikan Saya bekerja di Direktorat Jenderal Pajak ingin bertanya saya…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Erwandi Tarmizi: Apa Hukumnya Ketua RT Menarik Denda dan Pajak?

    audzubillahiminasyaitonirojim Bismillahirohmanirohim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Assalamualaikum qodarullah saya dalam beberapa bulan terakhir Beberapa bulan yang lalu terpilih menjadi ketua RT ketua FPI saya terlalu yakin di mana dia Bekasi ke stasiun pertanyaannya Bagaimana dengan membebankan denda apabila keterlambatan iuran RT 02 RW membuat riba apabila itu kan cuma meneruskan start kalau memang ini kan saya cuma meneruskan menurut dengan warisan riba maksudnya maksudnya kalau emang itu kita kritikan harus dipasang di rumahnya warga ini belum bayar IPS UTS tahun kedua terkait dengan pajak pusat oleh2 di semua satu-satu ya lagi nasib jadi dia karena dia mewakili warganya satu lagi salat sendirian jadi kita tahu ada ancaman serius terhadap yang menarik pajak anak Ustad Ya kurang jelas Kenapa kita kita tahu ada ancaman serius terhadap para penarik pajak terhadap para penarik pajak para penarik pajak ancaman serius dari Allah masih ada di bulan kemarin di Juli dan Agustus saya mendapatkan tugas dari Kelurahan untuk menyebarkan PBB ustad PBB kepada warga termasuk didalamnya saya apa memberitahukan atau tidak tidak telat membayarnya artinya memperingatkan mereka sebagai untuk membayar pajak turut Apakah saya termasuk menjadi bagian dari penarik pajak tersebut Ustad itu aja itu solusi Apakah harus berhenti belum diterima kerja yang itu yang satu ini saya enggak mau terima kerjanya

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Erwandi Tarmizi: Apakah Hadist Tentang Riba Ini Lemah ?

    audzubillahiminasyaitonirojim Bismillahirohmanirohim Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Sebelum saya bertanya Berarti tadi kalau kerja di pegadaian riba itu haram haram Alhamdulillah saya…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Abdul Somad: Menggadaikan SK PNS di Bank, Apakah Termasuk Riba?

    jika kita punya usaha dagang permainan anak-anak kalau masuk adzan usaha tersebut masih buka apa hukumnya pak ustad tidak jual beli akadnya batal adzan hari Jumat ini aku milikmu Kalau hari Jumat dipanggil salat Apakah segeralah ingat Allah Water World By Pass Ida Laila Ingatkan langsung datang ke Masjid Darul baik tinggalkan jual beli jangan lagi ada jual beli itu sholat Jumat Adapun sholat dzuhur Ashar Maghrib Isya maka ulama istilah Mazhab Syafi’i salat berjamaah sunnah fardhu kifayah Mazhab Syafi’i salat berjamaah fardhu kifayah makanya banyak mesjid-mesjid kosong intinya pemain inti saja Asal ada imam dan makmum satu orang yang lain tetap ngobrol Kenapa fardhu kifayah menyalahkan Imam Syafi’i dan Imam Syafi’i masjid memang melimpah ruah tanda Imam Syafi’i hidup Sekarang pasti dia mengatakan salat berjamaah tetap wajib mazhab Maliki sunnah muakkad berjamaah sedangkan mazhab Hambali makanya Saudi Arabia Kenapa waktu adzan berkumandang suruh tutup toko dan nama sambal di makam Masjid tutup ini tentang masalah jual beli pada saat adzan yang biasa tapi saya menganjurkan Bapak Ibu yang punya toko ke masjid lah berapakah keuntungan kita sedangkan yang kita terima di akhirat lebih besar lagi daripada materi kau celupkan tanganmu ke dalam kalian surabi mayar di angkat ke atas apa yang menetes di ujung jari itulah dunia apa yang tinggal di samudra yang luas itulah akhirat yang kau kejar itu hanya setetes sedangkan akhirat kau tinggalkan boleh jadi Allah akan membalas rezeki lebih banyak setiap langkah tapak kaki datang sholat berjamaah ke masjid Ustaz Saya suka Buruj 3 hari 40 hari 4 bulan tentunya melalui musyawarah dengan istri dan anak Berapa pengeluaran hari-hari untuk keperluan selama di rumah untuk anak-anak berapakah Apakah saya boleh meninggalkan mereka Apakah itu nafkah batin Pak ustaz wa asiruhunna Bil Ma’ruf pergaulan mereka dengan baik pergauli mereka dengan baik malah diambil dari kata dasar pengambilan hukum Islam 10 Quran Hadis Ijtihad syar’u Man qablana seseorang menurut tradisi di Kutacane di Sidikalang Bapak dari Serigala yang cocok nya berapa nafkah satu bulan tidak bisa standar Papua Dibawa Kemana lain harganya berapa biasanya nafkah orang di Kutacane Oh biasanya 1 bulan 3 juta kasih dari 3 juta ini tentang nafkah materi Adapun nafkah batin biologis seksual maka sudah diikat dalam ikatan sifat jika saya meninggalkan istri saya tiga bulan lamanya berturut-turut tanpa memberikan nafkah lahir dan batin kemudian yang melapor jangan lupa di mana duka Hakim maka jatuhnya talak 1 kepadanya itu mengikat laki-laki tapi kalau dia tidak senang istrinya Reebok suamiku pergi 4 bulan 4 tahun kok nggak apa-apa kok susah jaga dia Tuhan Yesus nafkah batin tidak menjamin rumah tangga akan adem ayem maaf maaf maaf maaf maaf cakep nih tak layak disebut tapi musti saya Sebutkan kalaulah nafkah batin akan melanggengkan rumah tangga maka PSK lebih langgeng karena dia nafkah batin terus naga yang menenangkan itu apa Seorang Istri melihat suaminya pulang air wudhunya basah melihat suaminya baca Quran itulah yang menenangkan makanya doanya Robbana hablana Min azwajina wa dzurriyatina Qurrota A’yun yang dipandang mata Adinda sehat anak-anak kita sehat sejuk dipandang mata coba suami pulang celananya sobek-sobek macam Valentino Rossi sehat adalah tentu panas di mata gitar Slank sewaktu Ibu masih hidup Saya sering marah karena menurut saya ibu saya kurang bagus bicara sama orang ibu saya sudah meninggal gimana saya menghilangkan dosa saya ziarah ke makam nya adab ziarah makam yang pertama Assalamualaikum ya Allah amin Al Mukmin wa inna Insyaallah Bismillahirrohmanirrohim Waalaikumsalam ada tiga salam yang pertama wajib dijawab salamnya kedua tak boleh dijawab salam yang ketiga kita tak ingin mendengar jawabannya salam yang pertama wajib dijawab salam saya tadi assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh salam yang kedua tak boleh dijawab salam 5 waktu sholat subuh tadi telah mualaikum warahmatullah salam yang ketiga kita tak ingin mendengar jawabannya waktu ziarah kubur Assalamualaikum ya ahlil kubur Waalaikumsalam Assalamualaikum ya Allah amin Al Mukminin wa inna Insyaallah di usahain Biarkanlah muslimina wal muslimat sendal selop paling bagus ganteng tapi kalau khawatir kotor jorok BC boleh dipakai tak apa-apa Akbal lalu kemudian jangan menginjak dia Iya jenis ahadukum al-azzam rotin duduk di atas bara api neraka manusia baru terbakar Kulitmu terbakar bajumu Iron lebih baik daripada duduk di atas kubur ini banyak orang ziarah kubur tiga kesalahan duduk di atas kubur menginjak kubur dan menjadikan kubur sebagai asbak Bapak setelah itu bacakan ayat begitu kata Imam al-qurthubi dalam kitab at tadzkirah begitu kata Imam Ibnul qayyim Al jauziyah murid Ibnu Taimiyah dalam kitab Ar Ruh bacakan ayat Quran sampai tiga kali cepat sekali panas sekali Al Fatihah sekali sampai-sampai kalau ada orang meninggal kuburkan cepat-cepat pada bagian kepalanya bacakan al-fatihah pada bagian kakinya baca ujung Al Baqarah 3 ayat 5 fissamawati wama fil hadits riwayat Thabrani yang kedua Ustadz Abdullah bin Umar Bin Khattab Umar Bin Khattab Nawawi dalam kitab Al Adzkar dan pangkal Al Baqarah sampai 5 ayat 2 UU laik humul muflihun bacakan ujung Al Baqarah 3 ayat lillahi ma dia kan Allahumma Jelita wabarakatuh Sampaikanlah pahala bacaanku kepada almarhum Allahumma firlaha warhamha wa’afiha wa’fuanha lagi yang sudah hafal yang tak hafal pakai bahasa Indonesia selamatkan Emakku dari azab kubur Ya Allah jauhkan dia dari azab neraka saya nggak bisa pakai Bahasa Arab saja minas syaiton nirojim Bismillahirrohmanirrohim Alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu ala asrofil Ambiya Iwal mursalin Bismillah Alhamdulillah selawat sisanya pakai bahasa kita masing-masing Allah maha tahu ini banyak juga orang bodoh ada maunya doang doa itu jangan terlalu detail jangan terlalu umum Ceritakanlah kalau kita bawa anak Ahmad kau mengandungku 9 bulan 10 hari bersimbah darah engkau melahirkan berapa kali engkau tak jadi shalat tarawih gara-gara aku menangis berapa kali kau tak jadi tak hancurkan aku malah umur berapa kali kau tak jadi Sholat Dhuha karena aku kencing berapa kali kau hampir makan penyebab nasi tak jadi karena karena aku berapa kali mata orang saja menengok Mudi mesjid karena ku menangis orang nengok push-up aku dibawa keluar hari ini tak bisa ku balas karena emaknya yang masih hidup umur 70 umur 80 jurus menghadapinya status aja diam menghadapi Ibu Ayah yang umur 7080 dia beli 11 Tiban diam duduk dengar yang baik dia memang sudah tak bisa lagi diajak kompromi orang tua macam Quran buruk dibaca tak terbaca dibuang berdosa 9 kata orang tua macam ukuran huruf dibaca tak terbaca dibuang berdosa tunggu-tunggu hilang sendiri Jangan sampai kita cakep kasar sumpah serapah marah-marah Setelah dia meninggal barulah kita banyak salah Tak ada guna pikir dulu pendapatan Sesal kemudian tiada berguna gimana Apabila saya menjamu teman saya yang beragama Kristen makan di rumah saya apakah piring dan gelas bekas Makannya harus di sama tidak karena dia bukan anjing dan babi gak perlu diketik dia makan karena kalau semua bekas gelas piring harus di sana maka kita semua sudah berdosa karena setiap rumah makan itu pasti pernah disinggahi non muslim dan mereka makan minum di situ lagi Siapa yang mengatakan harus disana Berarti mulai besok dia harus bawa piring sendiri gelas sendiri di rumah kredit yang diambil PNS dari bank dengan menggadaikan SK itu riba riba sekolah kan SK pinjam 100 juta bayar 110500 saya PNS ada SK Saya di rumah sejak dulu sampai sekarang tak pernah dipakai untuk minjam duit tak ada duit lebih baik kita hidup bersahaja daripada nampak kaya karena riba…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Khalid Basalamah: Cara Kredit Barang Agar Tidak Riba

    Emangnya aku masih merasa belum cukup terjawab dengan pertanyaannya selalu bunga yang bisa sampaikan bahwa saya disarankan menyimpan uang di bank Muamalat Bank Muamalat yang seperti apa yang dimaksud upload dan Apakah Bank Muamalat bebas dari riba dan Tolong berikan sedikit pengertian riba mengenai Mengapa kredit motor riba Mengapa kredit rumah riba Terima kasih semoga Allah balas saya Bapak Ibu sekalian Saya tidak tahu ya tapi Setahu saya saya tidak pernah Sebutkan nama Bang saya cuma bilang pindahkan ke bank syariah karena bank syariah itu punya surah ada ada ulama-ulama nya di situ kebanyakan temen-temen darimu itu ditarik menjadi penasehat penasehat di bank bank syariah dan ada pepatah yang disebutkan oleh para ulama mengatakan Ijal baiknya kau benar-benar dijual berapa Bandara Halim jadikan Antara Kau dengan neraka seorang Alim tapi kalau sudah banyak orang Subhanallah tetap fokus dengan bank riba dengan alasan bank syariah juga seperti riba Alasan saya benci anda tetap mau di situ paling tidak ini ada Majelis Ulama nya ada yang ada fatwanya gitu kan jadi nggak usah murid-murid permasalahan tugas kita adalah pada saat datang larangan kerja tinggalkan pada saat tentang perintah kerja kan bukan menilai kita nggak disuruh menilai ini bisa begini ada fakir miskin lewat tugas kita memberi bukan menilai kok nggak ya Oh ini dia ini enggak ya bukan menilai tugasnya memberi ada dosa nih kita ditawarkan Rusia kita dapat opsi untuk berbuat dosa Bukan tugas boleh nggak ya saya kerjakan Pak saya kerjakan ya bukan begitu tinggalin langsung jadi bukan menilai ini kalau ada apa dirimu sih harus ditinggalkan jadi kasus masalah saya Suruh pindah atau Saya mungkin pernah nasehatin pindah ke bank syariah bank apapun itu kalau di sana ada di Awali hari hanya anda lebih tentu lebih ringan paling tidak daripada bank darurat darurat hanya sebagai ulama masih membolehkannya tapi tidak boleh banyak interaksi di situ kita masuk ke situ untuk transaksi untuk nulis misalnya untuk apa Ini kan ada hubungannya makanya darurat darurat kalau udah lebih baik pindah ke Bang Bang kalau masalah kredit motor kredit rumah tidak semuanya boleh kredit itu bukan tidak boleh tapi caranya syarat-syarat bagaimana cara seri dilihat diangkatnya Halo akad utang piutang hukumnya riba pihak perbankan atau individu atau instansi apapun dia Yayasan bisa beroperasi pihak Aini meminjamkan uang misal pihak B datang kepada pihak Si a dan si b datang kepada instansi atau di dunia yang memiliki uang mau meminjamkan Makasih biodata mengatakan saya mau beli motor bekas menghutangkan uang kepada pihak B Jadi bukan ditulis membeli motor tapi menghutankan ini dibangun karena uang uangnya banyak uang itu tidak boleh bertambah kalau dipinjamkan Halo dipinjamkan saya sudah jelas kan itu hari pinjam tidak boleh bertambah baik akad Syariah pihak menulis akad pada 19 ini motornya nih mau belikan nasi baik harganya 15 juta saya belikan kata PHK tapi saya akan dijual kepada anda 17 juta saya kan jual bukan hutang piutang ya saya jual barang itu juga dia bilang saya setuju baik membeli motor 15 juta latihan band mendengarkannya pihak membeli motor sendiri 15 juta yang dijual kepada pihak B dengan harga 17 juta akadnya jelas terakhir jual beli ini masuk dalam firman Allah Allahu La ilaha illa Allah menghalalkan jual beli dan Allah mengharamkan riba Jelaskan jadi sama itu dalam kendaraan kebun mobil saya bisa datang kepada seseorang saya bilang si misalnya Bapak Ahmad saya bilang Pak Ahmad Saya mau beli mobil saya gak ada duit nih Bisa nggak saya dibeliin 200juta apa kamu bilang apa saya bisa Khalid saya belikan tapi saya akan jual dengan anda 220 juta tujuh tujuh buat tapi saya cuma mampu bayar 10000000 bulan oke nggak apa-apa Nanti bayar aja tapi sudah 220 juta karena akarnya transaksi jual beli halo halo

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Erwandi Tarmizi: Solusi Halal Transaksi Pinjaman dan Kredit

    yuk dukung yufid TV dengan belanja di yufid store www.yufidstore.com alaikum warahmatullahi wabarakatuh hamdulillah bilang alamin Hamdan katsiron thoyyiban mubarokan Fih Kama FM 2016 tahun 2005 bariklana bikin umpan mancing Abdillah mana California menit adalah Dik udah Waduh ini bentuk interaktif kan ya interaktif bentuknya atau saya yang cara mengajar 2 jam adalah dengan eh kalimah kopi langsung masihlah berarti kalimat pendek kemudian pertanyaan interaktif Insya Allah tanggal 5 yang ditangkap solusi halal untuk akad pinjaman dan kredit kalau nggak salah tuh kan ya inovatif adalah pinjaman dan kredit sama aja sama-sama hutang kalau pinjaman penampakan yang lengkap dalam bahasa Arabnya kalau kredit dinamakan ngerjain artinya apa hutang dua-duanya dalam bahasa Indonesia dari bahasa Arab cahaya kalau com adalah Azusa Iin waktu badan Lee Hee mengambil sesuatu kemudian diserahkan gantinya Anda berikan uang lembaran pecahan umpamanya 100010 lembar dari teman anda catat Nomor serinya Nomor serinya kan ada tuh kan serial numbernya dicatat ketika uangnya dia ndak pakai nanti anda kembalikan Apakah dengan nomor seri yang sama atau berbeda berbeda dinamakan office in word the bad alihi kalau uang itu yang dikembalikan langsung dengan nomor seri yang sama ini betul buat Diah namanya nitip Kalau anda di lembaga keuangan syariah non Syariah Anda serahkan uang anda mereka kan punya namanya program tabungan wadiah titipan sesuaikan dengan definisi Arini tidak bukan mudiah namanya ini karena bila anda katakan Pak saya serahkan sekarang pecahan Rp100.000 10 lembar saya catat serial numbernya ya Nomor serinya ya nanti diambil diterima di atau tidak Maudy Ayunda di mata tidak pasti tidak mau dia apa-apaan ini karena aku akan diputar dia ketika akan diputar dia dikembalikan lagi nantinya Mungkin Nanti Anda ambil dari pecahan 50 atau pecahan 100 dengan serial number yang berbeda ini berarti dan makannya chord bukan media lalu apa kau suka isinya Ustad kisi-kisinya jelas kalau kau tidak ada pertambahan kode pertambahan namanya riba oleh karena itulah Ketika anda menabung di bank konvensional ada tambahan bunga riba namanya karena akan nyakot jelas ketika di bank syariah wadiah yang sehat adalah kota dan pertamanan tidak ada pertambahan mereka makan bagi hasil sesungguhnya bagi hasilnya tidak sama tidak berbeda dengan apa yang di bank konvensional tadi karena tak ngepot kalaulah dia tidak boleh diganggu gugat kalau code bule dengan setan pada pertambahan masa Ustad kita nabung tanpa dapat Taman Ada Dan Tiada sebelah saya pernah buka rekening tabungan salah satu negara Islam kalau satu kebutuhan sehingga menitipkan dana lebih dari 10000 real sekitar 35 juta rupiah sebutan tanpa daftar sebelah kita lanjutkan sebulan tanpa ada pertambahan walaupun satu realfood…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Erwandi Tarmizi: Cara Membeli Rumah KPR Tanpa Riba

    Bismillahirrohmanirrohim Punya rumah tapi masih kredit Anda beli rumah saya beli Rp pelopor tidak mampu bayar cash kemudian sudah lapor bilang saya Maunya cash kalau anda tidak cash datanglah ke BTN Syariah Anda akad dengan saya beli kekurangannya mereka tutupi sisa hutang anda tidak terlalu dengan BTN tadi anda membuat akad-akad nyari pasti yaitu berapa uang yang anda terima dari dia yang diberikan ke developer berapa nominalnya berapa untuk DP start ya Pacific Ananda bar langsung ke developer betul itu uang anda atau Bank BTN kurangkan uang anda akan pernah pelopor pasti mau cash BTN sisa kekurangan ini dibayarkan oleh BTN tanggal berapa yang dibayarkan BTN ke developer nominalnya 33 juta 33 juta yang harus anda bayar ke mana kembalikan ke DP BTN 30000000 atau 33 juta lebih Oh kalau total dengan pembayaran kredit KPR detik jatuhnya lebih ustad berapa sampai 100 juta pelampung renang yang panjang pendeknya Kenapa semuanya dah bayar Kalau tidak salah sekitar 60 and 60 and berarti di banyak 27 Juta iya toh tidak sebanyak itu dosa yang Anda lakukan bertaubat kepada Allah zaman sekarang sudah selesai atau belum dengan bank riba tadi hutang sisa 20 juta bayar pokok dan bunga-bunga di banyak bikin Ustad sudah selesai itu belum saya kan akad nya di perbankan syariah Apa kata sandi perbankan syariah kurang jelas adalah bank syariah bank yang dipakai untuk beli rumah di bank syariah sama atau berbeda bentuknya tadi cara kerjanya saya sampaikan Anda brd ke developer atau ke bank syariah kakaknya berarti jadinya kebakar yang Anda bb-nya ke developer atau ke bank syariah dari sini ke developer berarti anda sudah jual beli dengan developer  itu tidak iya ya iya berarti barang sudah milik anda kurang uang anda tetap dibayarkan Net Syariah Walaupun dia bilang atapnya murobahah beli Anda ada jual beli nggak dengan bank syariah pasti tidak ada itu Tidak seingat saya pakai itu akan kayak gitu juga kali Ustadz akad kredit tulisan itu dua kali jadi dijelaskan bahwa dia seperti membeli barang yang punya saya terus beli punya Anda dijuliki Anda berlebih di atas tidak iya iya apa namanya Aina riba atau tidak penuh Labuan riba makanya salah-salah masalah ketika ditanyakan lo tuh ada babi adalah karena Ahok andainya Nurhadi mahkamah lebih buruk terlibat terus terang konvensional tadi kurang uang anda Pinjam pake riba jelas anda tahu dan dia tahu itu riba tapi ini atas nama jual beli tanah bergelombang Singapura ulama Salaf mengatakan kalau mereka teruslah berbuat riba lebih ringan siksaannya ini mereka mengelabui Allah seperti mengelabui anak kecil ada urusan dengan istri ditidurin anak pura-pura tidur Bapak ibunya ya kan anak tertidur dia memisahkan urusannya Ya kan Ya Allah dibuatnya seperti itu  dinamo sepeda anak kecil dibohongin nih kita jual beli dulu Intinya bahkan enak ini ini yang disepakati oleh para ulama hukumnya adalah haram dan riba pengelabuan intinya rumah kan milik anda Karena sudah nambah DP jangan Kemudian Anda jual ke dia begitu Anda jual kepada dia…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Erwandi Tarmizi: Benarkah Gopay dan e-Money Riba?

    audzubillahiminasyaitonirojim Bismillahirohmanirohim Assalamualaikum Warahmatullahi pertanyaannya apakah gopi termasuk dalam riba karena kita harus top up seperti pulsa sampun mendapatkan diskon kemudian Bagaimana hukumnya untuk uang elektronik seperti Imani yang kartu Flash dan sebagainya surat ini tempat ramai di medsos nggak Nia dan sudah saya jelaskan rinciannya di buku harta haram Muamalat kontemporer cetakan ke-15 tentang in hal ini permasalahannya bukan gue punya sama Iman yg haram tidak tapi bila ada tindakan dari salah satu pihak yang melanggar syariat Allah ketika itu ini menjadi haram transaksinya jelas itu bukan ATM haram kartu kredit haram tidak Tapi ketika ada persyaratan-persyaratan dalam kartu itu yang melanggar syariat Allah ke dalam transaksi tumidi haram bila tidak mungkin dipisahkan sama sekali pasti akan ada berarti haram ya sama sekali mutlak hahaha Mini kembali kita kemasan kopi gopi tadi kan Anda deposit uang di atau tidak deposit uang ini artinya apa Arabnya apa meminjamkan bukan beli jasa dia karena belum ada transaksi jasa baru mengirimkan uang ketika masuk ke rekening perusahaan go pay tadi sudah bisa enggak digunakan uangnya itu dia kan pinjaman bukan akad jual beli jasa kalau jual beli biasa seperti pulsa tidak deposit namanya langsung dibayar pulsa atau anda beli tiket pesawat 3 bulan sebelum berangkat deposit namanya atau beli tiket beli tiket namanya tidak deposit namanya Bisakah anda Minta program deposit ke salah satu penerbangan maskapai penerbangan Garuda saya sering kerja kantor Pulau segala macam atau ada bisnis segala macam khawatir Saya ndak pada waktunya rekening saya Kosong Saya deposit di Anda umpamanya 10 juta dibilang Bapak beli tiket ke mana Belum ada beli nanti pedangdut 10 juta Besok saya beli tiket yang namanya ke kota A berkurang uang saya besok ke kota B ukuran uang saya bisa nggak di Garuda bisa atau tidak tidak bisa karena tidak ada deposit dia kalau yang di gopean bisa atau tidak Dan itu emang diinginkan karena semakin banyak orang deposit uang semakin banyak bisa diputar dapat modal jangankan masalah permodalan masuk saja uang ke rekening dia kalau nggak di bank riba ataupun di bank syariah ada nggak bagi hasil di pertambahan ada dan tidak ada Andai umpamanya ada 1000000 orang deposit Rp100.000 berapa miliar itu satu juta * 10 berapa Rp100.000 10 m year 10 melihat perhari berapa Sudah keuntungannya karena nggak mungkin hari ini anda masuk hari ini habis langsung saldonya di anda gunakan membayar drive mungkin tidak mungkin dari satu juta orang yang bayar tadi pun yang digunakan di hari itu lima persen 10% iya atau tidak Itu keuntungan yang luar biasa dan buktinya inni kuntu luar biasa anda lihat banyak perusahaan berlomba-lomba membuat es krim yang sama bisa mengumpulkan dana sebanyak-banyaknya sampai disini tidak masalah tetapi karena akarnya deposit meminjamkan maka si pemberi pinjaman tidak boleh mendapatkan keuntungan atau pertambahan Ya silahkan deposit nggak ada diskon mobil pakai deposit mau pakai pakai uang cash tidak ada sama tapi kalau dia buat sistemnya seperti itu narik nggak bagi para konsumen narik apanya kirim uang ke dia uang saya berkurang bagi saya gak ada manfaat oleh karena daya tariknya diskon berkurang Hah diberikannya adalah keuntungan laba kalau ke LN jasa sekian kalau cash kalau ke ini biasanya jadi murah Kenapa jadi murah untuk menarik orang memberikan pinjaman kepada dia Bukankah keuntungan jasa pinjaman jangankan Abu Hanifah dialog salah kan kalau dia meminjamkan uang kepada seseorang kepada seseorang Maka kalau hujan dipanggil oleh orang Jepang sedih tak ade Imam berteduh di rumah sakit terdekat abeli masuk rumah silahkan berteduh kasihan hujan hujan nanti kamu demam beliau tidak pernah mau khawatir Itu manfaat dari pertambahan dari uang kalau udah di berteduh Mama di tempat lain kan bayar YT atau tidak maka ini dikatakan Rasulullah Shalallahu Alaihi Akbar melahirkan inayatullah bila seseorang meminjamkan uang oleh seseorang lalu si penerima pinjaman memberikan hadiah kepada pemberi pinjaman atau si penerima pinjaman memberikan jasa keuangan…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Ammi Nur Baits: Apakah Jual-Beli Pulsa Adalah Riba?

    yuk dukung yufid TV dengan belanja di yufid store www.yufidstore.com Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam ada sebuah kasus Ustad tentang jual beli pulsa ini yang dilakukan oleh masyarakat yaitu ketika orang beli pulsa Rp10.000 tapi membayar Rp11.000 tentunya itu ada selisih selisih harga di situ Apa itu termasuk riba Ustadz jual beli pulsa macam hamdulillah wassalatu wassalamu ala rasulillah wa ala alihi wa shahbihi wa tentang jual beli pulsa yang ada orang yang dia beli pulsa Rp10.000 kemudian ternyata dapat 11 ribu atau harus bayar Rp11.000 dia Beli Rp20 bayarnya 21 dan seterusnya ini termasuk riba atau tidak Dan Sebelumnya saya kasih apresiasi yang berharga untuk pertanyaan semacam ini berarti pernahnya memahami tentang bahayanya transaksi riba dan salah satunya adalah transaksi tukar menukar uang dengan uang tetapi nilainya ada selisih ada yang berbeda menyerahkan 10 ribu tapi dapat Rp11.000 atau sebaliknya dia serahkan 11 ribu tapi cepat mendapat Rp10.000 baik betul bahasanya ini transaksi riba bahasanya orang yang menukarkan uang dengan uang Rp10.000 ditukar jadi Rp11.000 atau dia tukarkan Rp11.000 dapat Rp10.000 ini badan itu dibawa fountain jika bentuknya uang dengan uang Rupiah dengan rupiah Bagaimana dengan pulsa yang kita pahami pulsa itu adalah transaksi jasa dan bukan transaksi uang dengan uang betul nyebutnya pulsa itu pulsa Rp10.000 pulsa Rp20.000 atau pulsa sekian puluh ribu Kenapa kok gak punya pulsa pakai uang karena di tempat kita pulsa itu belum ada satuannya misalnya pulsa 1 liter pulsa 2 liter kita nggak punya yang satuan seperti itu lain kalau orang beli bensin saya beli bensin 9 liter sekian l atau beli kertas sekian cm kita nggak punya satuan pulsa pulsa sekian Centre nggak ada RT 10 maka satuan yang diberikan oleh provider pulsa adalah truk pakai uang Rp3 tapi apakah itu tukar menukar uang saya banyak itu bukan tukar menukar uang itu tukar menukar atau jual beli layanan jual beli jasa Anda memilih jasa senilai Rp10.000 boleh nggak dia bayar 11.00 sepatu 12 ribu sah-sah saja memilih jasa punya hak untuk menetapkan harga sebagaimana pemilik barang punya hak untuk menentukan Berapa nilai dari harga barang yang dia miliki selama itu relevan artinya harganya bukan harga nutug kata orang Jawa ya tidak terlalu tinggi dari harga pasar diperbolehkan dan selisih di situ bukan termasuk transaksi riba kan hakekatnya bukan tukar menukar uang sebagaimana dalam hadis riwayat Muslim yang itu disebut nabi salam riba kalau ada selisih tapi harganya adalah jual beli ijazah ini bukan riba dan diperbolehkan halalan thayyiban Jalan Ambarawa jual beli pulsa ternyata diperbolehkan dan bukan termasuk riba dan dan Alhamdulillah kita sudah mengetahui jawabannya dan mudah-mudahan kita bisa mengambil manfaat dari tanya jawab ini Demikian kurang lebihnya mohon maaf Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh assalamualaikum Gimana menarikan Videonya saksikan video-video yufidtv lainnya di www.yufid.tv nonton TV TV

    Read More »
Close