Haji

  • Tausiyah

    Ustadz Abdul Somad: Hukum Wanita Pergi Haji Tanpa Mahram atau Suami

    apakah boleh saya berangkat haji Tanpa Suami atau tanpa mahram pak ustad pendapat Imam an-nawawi dari kalangan Mazhab Syafi’i kalau…

    Read More »
  • Tausiyah

    BNI Syariah – Talangan Haji iB Hasanah Product

    BRI Syariah mempersembahkan kepada anda pembiayaan talangan haji di BSM pembiayaan konsumtif yang ditujukan kepada nasabah untuk memenuhi kebutuhan biaya…

    Read More »
  • Tausiyah

    Kyai Prof Dr H Ahmad Zahro MA al-Chafidz: Bolehkah Dana Talangan Umroh dan Haji?

    sungguh akhir-akhir ini makin banyak semangat untuk beribadah terutama ibadah umroh dan juga Haji saking semangatnya banyak yang giriwangi utang…

    Read More »
  • Tausiyah

    Kyai Prof Dr H Ahmad Zahro MA Al-Chafidz: Bolehkah Membayar Dam di Luar Mekah?

    ada persoalan yang akhir-akhir ini trend atas permintaan Bapak Wapres Bapak Yusuf Kala bukan permintaan qd beliau mikir orang Indonesia…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Erwandi Tarmizi: Hukum MLM Travel Haji dan Umroh

    Bismillahirrohmanirrohim Ya silakan yang Iwan assalamualaikum warahmatullah Assalamualaikum Dara itu apa itu namanya bayar Haji atau Umroh melalui travel yang…

    Read More »
  • Tausiyah
    Raudhah

    Mengapa Orang Berdesakan Antri di Raudhah?

    download sidak Wahyu video berikan amal jariyah terbaik anda untuk dakwah dan pendidikan Islam ada apa di roudhoh Sebenarnya ada apa di roudhoh Mengapa orang berdesakan mengantri di roudhoh terdapat beberapa hadis yang menunjukkan keutamaan roudhoh hadits dari Abdullah bin Zaid almazini radhiallahu Anhu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda antara rumahku dan mimbarku adalah salah satu taman surga Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim hadits Dari Abu Hurairah radhiallahu Anhu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang semisal hanya ada tambahan redaksi dan mimbarku diatas telagaku Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim hadits Dari Abu Hurairah radhiallahu Anhu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda mimbarku ini merupakan salah satu Turah surga hadits riwayat Ahmad dan dishahihkan Syuaib al-arnauth albinsaid pernah mengatakan kami meyakini bahwa mimbar itu berada di atas Turah surga saya bertanya tahukah kalian Apa itu Turah Turah artinya pintu hadits riwayat Thabrani hadits dari Ummu Salamah radhiallahu Anhu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda Sesungguhnya kaki-kaki mimbarku ini adalah salah satu kedudukan yang tinggi di surga hadist riwayat Nasa’i dan dishahihkan al-albani ulama berbeda pendapat dalam memahami hadis ini Ibnu Abdul barr menyatakan ulama berbeda pendapat mengenai makna hadits tentang roboh di atas sebagian berpendapat bahwa tempat itu akan diangkat pada hari kiamat dan dijadikan sebagai taman surga sebagian yang lain berpendapat bahwa hadis ini kalimat majas Ibnu Abdil barr melanjutkan Ketika Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam duduk dan para sahabat duduk di hadapan beliau mereka belajar al-quran agama dan iman itulah yang menjadi alasan tempat ini disamakan dengan taman surga karena kemuliaan pahala yang didapatkan di majelis itu dan beliau kaitkan dengan surga seperti sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam Surga itu dibawah bayang-bayang pedang artinya jihad adalah amal yang mengantarkan seorang muslim menuju surga keterangan lain disampaikan an-nawawi sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam antara rumahku dan mimbar Aku adalah roudhoh para ulama menyebutkan ada dua pendapat ulama mengenai makna hadits Ini pertama tempat itu akan dipindah ke surga kedua bahwa ibadah di sana akan mengantarkan ke surga kita akan mengulang ke 2 kesimpulan perbedaan pendapat di atas pertama bahwa makna hadits ini sesuai tekstualnya Artinya bahwa tempat ini yaitu antara rumah dan mimbar nabi akan diangkat oleh Allah dan dijadikan taman surga kedua ibadah di sana akan mengantarkan seseorang menuju surga ketiga bahwa hadis ini bentuknya majas atau kiasan dalam arti tempat antara rumah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dengan mimbar beliau disebut sebagai roda karena di zaman Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam di tempat ini Wahyu disampaikan kajian dirutinkan Iman ditumbuhkan ibadah disemarakkan semua sahabat khusuk dan tunduk dia Kapan Allah ta’ala kesimpulan ini disampaikan al-hafidz Ibnu Hajar rahimahullah dan menurut beliau mendapat ketiga paling mendekati kebenaran karena itulah kesempatan untuk mendapatkan keutamaan Raudhah tidak hanya beribadah di roudhoh Masjid Nabawi di semua tempat di mana Wahyu disampaikan Iman ditumbuhkan Alquran dan Sunnah diajarkan kajian digalakkan ibadah dan ketaatan ditegakkan di situlah rahmat Allah diturunkan nabi Shallallahu Alaihi Wasallam menyebut forum kajian Islam di masjid dengan roudhoh dinyatakan dalam hadits apabila kalian melewati taman surga mendekatlah sahabat bertanya apa itu taman surga beliau bersabda Halo Koh ilmu hadits riwayat Tirmidzi Ahmad dan dishahihkan Al Hakim tidak Wahyu amal jariyah terbaik anda untuk dakwah dan pendidikan Islam

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Khalid Basalamah: Penjelasan Hadits Shalat di Raudhah Masjid Nabawi

    apabila kita sholat di Nabawi terutama di daerah robot di situ sering terjadi Sutra kita dilewati banyak orang bagaimana solusinya Saran saya nggak usah salat dirubah Saran saya kecuali memang dalam keadaan ada waktu pulang ada tempat luang kita bisa sholat dan terganggu nggak papa karena begini mengkususkan sholat di roudhoh dibandingkan dengan tempat-tempat yang ada di Masjid Nabawi Ini bertolak belakang dengan Sunda bisa memahami busana Hadits Nabi yang berbunyi antara rumahku dengan mimbarku taman dari Taman Surga roudhotul Jannah jadi perlu dipahami Jadi kalau Alquran itu ada sababun nuzul kalau hadits ada sababun urut ya sebab turunnya ayat ada kalau kita tangkap itu kita akan paham maksud Allah di ayat itu kalau hadits namanya sebahu lurus sebab nabi Sebutkan hadits itu kalau kita Farm ini kita akan tahu apa maksud nabi salam perhatikan khusus hadis tentang rubah ini Nabi Shallallahu salam untuk luar rumah beliau ke masjid karena rumah beli bersembilan dengan mesin begitu masuk keluar dari rumahnya Aisyah radhiyallahu anha langsung masuk Sholat itu memang hanya antara rumah sampai mimbar nggak ada yang lain memang lokasi mesin waktu itu itu saja antara rumahnya dengan mimbar nabi salam Katana bisa saya mau tutup as melihat begitu masuk di masjid mana besok sambil lihat sendiri di mesinnya ada sahabat lagi mengaji Ada yang lagi dzikir Ada yang lagi sholat ada yang lagi berdua semuanya ibadah-ibadah yang baik nih Katanya besok setan karena melihat perilaku-perilaku sahabat itu antara rumahku dan mimbarku taman dari taman surga jadi ada sebab penyebutan hadis itu karena perilaku-perilaku sahabat yang mulia tadi bukan karena fisik tempatnya ini penting dan hubungkan ini dengan hadis Nabi SAW wassalam yang lain Hadits Shahih riwayat Imam Bukhari sholat di Masjid Haram Mekkah 100.000 pahala shalat di masjid Kok ini Seribu Masjid ku ini tapi tidak bilang gila di masjid Kok ini artinya kata ulama masjidku ini selama dia terus diperluas seluas apapun dan masih nyambung sama dengan 1 Imam maka Masjid Nabawi maka kita sholat di shaf yang sisi kanan timur ke barat ke utara tidak masuk di rumah pun tetap 1000 pahala dan terlalu banyak hadis yang mau Bu maaf saya bahasa kayaknya habis dusta orang sholat di laut akan diampuni Sekian banyak dosanya dan segala Ini semua tidak benar akan dapat syafaat kepada hari kiamat Coba anda kembali ke kitab-kitab mau buat hadits dusta nggak pernah disampaikan jadi jangan di Karang Karang saudaraku akhirnya memaksakan diri masuk kalau udah di injak-injak kepala nya dan seterusnya tidak perlu sholat tahiyat masjid di seluruh Masjid Nabawi dan sholat di dalam rumah sama aja 1000 pahalanya Insya Allah Sama tetap kita memuliakan Mesjid Nabawi tetap kita menganggap Rauf itu bagian yang dikatakan roda memang masjid awalnya Nabi Shallallahu salam tapi tidak ada seperti yang banyak disebarkan dari hadis-hadis palsu itu mengatakan daffodil khususnya allahu alam dan pahami tadi hadis tentang Syababul hurufnya sebab disebutkannya habis itu

    Read More »
  • Tausiyah

    Buya Yahya: Bolehkah Mendahulukan Umroh Daripada Haji?

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Salam Assalamualaikum Kamu doain aja ya saya mohon maaf di luar tema budaya pertanyaannya kemarin ada salah seorang agen agen travel umroh beliau sering sekali saat mengajak untuk umroh tetapi waktu itu ada yang bilang Pak Haji katanya ini Awas kalau umroh dulu tapi nggak Haji bisa kena Dam atau denda disuruh nyembelih apa gitu nah disitu seorang teks Apa itu terpenuhi tour aku jadinya ini gimana sih sebenarnya hukumnya apa boleh nggak sih umroh dulu gitu bu ya Terima kasih mohon penjelasannya Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh selamat umroh wajib seumur hidup sekali dan haji juga wajib seumur hidup sekali umumnya dan memang kalau orang haji pasti juga sudah umroh di dalamnya kalau ada orang umroh di luar bulan haji maka jatuhlah umroh wajib dan selesainya nggak ada denda kambing dan seterusnya cuman mungkin ada orang pengen ngomong masalah Haji tamattu’ kalau kamu haji umroh dulu di bulan Haji namanya tamattu’ istilah itu haji kan ada haji Iron ada Ciprut ada Haji tamattu haji tamattu itu kalau kita datang ke Mekah sana di musim Haji kemudian kita melakukan umroh dulu kita pakai baju eh keramik hot yalamlam kemudian masuk ke Mekah foto wanita sedih potong rambut kalau potong rambut itu berarti kita sudah umroh kemudian setelah itu kita melaksanakan ibadah haji di saat waktu Haji nanti waktu wukuf di Arafah Kita niatnya namanya ini tamattu’ karena kita umroh dulu kemudian dipotong bisa enak-enakan waktu itu antara umrah dengan Haji kita boleh bersenang senang bisa dipulihkan polip apa saja pakai baju wangian potong rambut menggauli istri boleh semuanya namanya tamattu’ enak jadi habis umroh potong rambut tahan utama tunggu itu bebas di saat menunggu karena ada enaknya di sini kemudian dia Anji Mike niatnya di dalam Mekkah tidak balik ke MU chord dalam lamakah Dia kena potong kena denda satu kambing karena itu mungkin bahasanya saja yang ditangkap setengah-setengah kalau umroh dulu sebelum Haji nanti beli kambing Iya namanya itu tamattu’ waktu umroh di musim haji umroh nya diluar musim Haji nggak ada masalah baik ini saja

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah: Oleh-oleh dari 3 Masjid

    assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh alhamdulillah Ali bin Ahmad di hatimu segala puji bagi Allah Jalla jalaluhu yang karena nikmatnya kebaikan-kebaikan lebih sempurna mainkan dunia matullahi lasusua Andaikata kita menghitung-hitung nikmat yang Allah berikan kepada kita semua  tidak mungkin kita dapat menghitungnya tapi terkadang kita menilai nikmat itu dari harta orang baru berbicara Alhamdulillah ketika mendapatkan rezeki harta padahal tubuh kita makan kita tangan kita jantung kita perlu kita semua yang ada di tubuh kita yang semalam Terkadang saya meminjam dengan tangan saya HP ya mungkin sebagian HP itu ada yang harganya 10 juta Adek harga SMP 15 juta coba pegang cinta merasa begitu nikmat yang memiliki HP tapi mau nggak kita habis itu diganti dengan satu jadi kita Tante jadi kitanya satu jari ini jarang kali kita syukuri Allah aja nggak Padahal kita nggak Punya apa-apa nggak Punya aku mah nggak punya hati nggak punya mobil nggak punya apa-apa tapi kita punya jari-jari tangan itu jauh lebih nikmat…

    Read More »
  • Tausiyah
    Keistimewaan Kota Madinah Al Munawarah - IslamiCity

    Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah: Kota Nabi Madinah al Munawarah

    Alhamdulillah washalatu wassalamu ala rasulillah semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan untuk baginda nabi kita Muhammad Alaihi salatu Wasalam segala puji bagi Allah yang telah memperkenankan bagi kita untuk sampai ke kota Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam di mana Nabi bersabda Alaihi salatu Wasalam minal iman saya rizuki dan Madinah Gama takhrijul hadits sesungguhnya iman itu akan balik ke Madinah sebagaimana ular itu akan balik ke lobang yang melingkar inilah kota dimana biasanya surat Wassalam meninggalkan Mekah kemudian menancapkan pilar-pilar Lailahaillallah dan menjadikan negeri-negeri yang penuh dengan berkah dan dia di tempat inilah kemudian umat Islam tersebar ke berbagai penjuru dunia nabi mengutus salah-salah para sahabatnya Ke Yaman ke Bahrain ke tempat-tempat di mana Islam bisa sampai ke sana nabi mengutus para sahabatnya kemudian ada sebuah keutamaan kota Madinah ketika Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam datang ke Kota Madinah kota Madinah ini berpenyakit berubah sehingga para sahabat yang datang ke Kota Madinah itu jadi sakit yang terkena demam Abu Bakar kena demam Bilal bin Rabah kena demam dan berbagai macam penyakit yang menimpa para sahabat ketika itu lalu lagi berdoa memohon kepada Allah Jalla jalaluh agar memindahkan wabah kota Madinah ini memindahkannya ke tempat lain yaitu rabbil desain baju batu ruby itu penyakit dipindahkan ke sana kemudian di antara keutamaan kota Madinah ini para sahabat ketika hadir di kota Madinah mereka masih rindu dengan kota Mekkah Abu Bakar Siddiq Bilal kembalikan yang kalau dia lagi sakit dia ingat dengan Kota Mekah Rasulullah Shallallahu salam berdoa memohon kepada Allah Allahumma habbib ilainal Madinah Madinah Mekah faktor utama para Nabi Shallallahu salam ya Allah ciptakan kepada kami kota Madinah sebagaimana kau cintakan kepada kami kota Mekah aku lebih dari itu saya lebih dari itu kami di antara keutamaan kota Madinah kita lihat burung burung dara di sini kau di tempat kita mungkin udah udah ditanggepin Ya udah dijual udah dibikin apa tuh yang aduan ya diandelin salah satu keutamaan kota Madinah Rasul salah salah mengatakan matiin ada baterai haram di antara dua 2 Harapan itu adalah tanah airku atau di antara Bukit Air dan bekicot itu tanah haram Apa maksudnya tanah haram yang pertama peperangan di jalan jadi haram yang kedua burung-burung nya binatang buruannya tidak boleh dibunuh Jadi kalau ada kelinci kemudian ada Kijang ada apa tidak boleh dibunuh maka burung burung ini hidup aman tenteram mereka tidak takut akan ada yang membunuh mereka dan di antara maksud tanah haram barang temuan yang tidak boleh diambil kecuali untuk Diumumkan kepada pemiliknya dan masih banyak keutamaan kota Madinah Bisa ngeliat di arah sana lihat hantu batu Jabal Uhud…

    Read More »
Close