Haji

  • Tausiyah

    Buya Yahya: Bolehkah Mendahulukan Umroh Daripada Haji?

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Salam Assalamualaikum Kamu doain aja ya saya mohon maaf di luar tema budaya pertanyaannya kemarin ada salah seorang agen agen travel umroh beliau sering sekali saat mengajak untuk umroh tetapi waktu itu ada yang bilang Pak Haji katanya ini Awas kalau umroh dulu tapi nggak Haji bisa kena Dam atau denda disuruh nyembelih apa gitu nah disitu seorang teks Apa itu terpenuhi tour aku jadinya ini gimana sih sebenarnya hukumnya apa boleh nggak sih umroh dulu gitu bu ya Terima kasih mohon penjelasannya Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh selamat umroh wajib seumur hidup sekali dan haji juga wajib seumur hidup sekali umumnya dan memang kalau orang haji pasti juga sudah umroh di dalamnya kalau ada orang umroh di luar bulan haji maka jatuhlah umroh wajib dan selesainya nggak ada denda kambing dan seterusnya cuman mungkin ada orang pengen ngomong masalah Haji tamattu’ kalau kamu haji umroh dulu di bulan Haji namanya tamattu’ istilah itu haji kan ada haji Iron ada Ciprut ada Haji tamattu haji tamattu itu kalau kita datang ke Mekah sana di musim Haji kemudian kita melakukan umroh dulu kita pakai baju eh keramik hot yalamlam kemudian masuk ke Mekah foto wanita sedih potong rambut kalau potong rambut itu berarti kita sudah umroh kemudian setelah itu kita melaksanakan ibadah haji di saat waktu Haji nanti waktu wukuf di Arafah Kita niatnya namanya ini tamattu’ karena kita umroh dulu kemudian dipotong bisa enak-enakan waktu itu antara umrah dengan Haji kita boleh bersenang senang bisa dipulihkan polip apa saja pakai baju wangian potong rambut menggauli istri boleh semuanya namanya tamattu’ enak jadi habis umroh potong rambut tahan utama tunggu itu bebas di saat menunggu karena ada enaknya di sini kemudian dia Anji Mike niatnya di dalam Mekkah tidak balik ke MU chord dalam lamakah Dia kena potong kena denda satu kambing karena itu mungkin bahasanya saja yang ditangkap setengah-setengah kalau umroh dulu sebelum Haji nanti beli kambing Iya namanya itu tamattu’ waktu umroh di musim haji umroh nya diluar musim Haji nggak ada masalah baik ini saja

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah: Oleh-oleh dari 3 Masjid

    assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh alhamdulillah Ali bin Ahmad di hatimu segala puji bagi Allah Jalla jalaluhu yang karena nikmatnya kebaikan-kebaikan lebih sempurna mainkan dunia matullahi lasusua Andaikata kita menghitung-hitung nikmat yang Allah berikan kepada kita semua  tidak mungkin kita dapat menghitungnya tapi terkadang kita menilai nikmat itu dari harta orang baru berbicara Alhamdulillah ketika mendapatkan rezeki harta padahal tubuh kita makan kita tangan kita jantung kita perlu kita semua yang ada di tubuh kita yang semalam Terkadang saya meminjam dengan tangan saya HP ya mungkin sebagian HP itu ada yang harganya 10 juta Adek harga SMP 15 juta coba pegang cinta merasa begitu nikmat yang memiliki HP tapi mau nggak kita habis itu diganti dengan satu jadi kita Tante jadi kitanya satu jari ini jarang kali kita syukuri Allah aja nggak Padahal kita nggak Punya apa-apa nggak Punya aku mah nggak punya hati nggak punya mobil nggak punya apa-apa tapi kita punya jari-jari tangan itu jauh lebih nikmat…

    Read More »
  • Tausiyah
    Keistimewaan Kota Madinah Al Munawarah - IslamiCity

    Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah: Kota Nabi Madinah al Munawarah

    Alhamdulillah washalatu wassalamu ala rasulillah semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan untuk baginda nabi kita Muhammad Alaihi salatu Wasalam segala puji bagi Allah yang telah memperkenankan bagi kita untuk sampai ke kota Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam di mana Nabi bersabda Alaihi salatu Wasalam minal iman saya rizuki dan Madinah Gama takhrijul hadits sesungguhnya iman itu akan balik ke Madinah sebagaimana ular itu akan balik ke lobang yang melingkar inilah kota dimana biasanya surat Wassalam meninggalkan Mekah kemudian menancapkan pilar-pilar Lailahaillallah dan menjadikan negeri-negeri yang penuh dengan berkah dan dia di tempat inilah kemudian umat Islam tersebar ke berbagai penjuru dunia nabi mengutus salah-salah para sahabatnya Ke Yaman ke Bahrain ke tempat-tempat di mana Islam bisa sampai ke sana nabi mengutus para sahabatnya kemudian ada sebuah keutamaan kota Madinah ketika Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam datang ke Kota Madinah kota Madinah ini berpenyakit berubah sehingga para sahabat yang datang ke Kota Madinah itu jadi sakit yang terkena demam Abu Bakar kena demam Bilal bin Rabah kena demam dan berbagai macam penyakit yang menimpa para sahabat ketika itu lalu lagi berdoa memohon kepada Allah Jalla jalaluh agar memindahkan wabah kota Madinah ini memindahkannya ke tempat lain yaitu rabbil desain baju batu ruby itu penyakit dipindahkan ke sana kemudian di antara keutamaan kota Madinah ini para sahabat ketika hadir di kota Madinah mereka masih rindu dengan kota Mekkah Abu Bakar Siddiq Bilal kembalikan yang kalau dia lagi sakit dia ingat dengan Kota Mekah Rasulullah Shallallahu salam berdoa memohon kepada Allah Allahumma habbib ilainal Madinah Madinah Mekah faktor utama para Nabi Shallallahu salam ya Allah ciptakan kepada kami kota Madinah sebagaimana kau cintakan kepada kami kota Mekah aku lebih dari itu saya lebih dari itu kami di antara keutamaan kota Madinah kita lihat burung burung dara di sini kau di tempat kita mungkin udah udah ditanggepin Ya udah dijual udah dibikin apa tuh yang aduan ya diandelin salah satu keutamaan kota Madinah Rasul salah salah mengatakan matiin ada baterai haram di antara dua 2 Harapan itu adalah tanah airku atau di antara Bukit Air dan bekicot itu tanah haram Apa maksudnya tanah haram yang pertama peperangan di jalan jadi haram yang kedua burung-burung nya binatang buruannya tidak boleh dibunuh Jadi kalau ada kelinci kemudian ada Kijang ada apa tidak boleh dibunuh maka burung burung ini hidup aman tenteram mereka tidak takut akan ada yang membunuh mereka dan di antara maksud tanah haram barang temuan yang tidak boleh diambil kecuali untuk Diumumkan kepada pemiliknya dan masih banyak keutamaan kota Madinah Bisa ngeliat di arah sana lihat hantu batu Jabal Uhud…

    Read More »
  • Tausiyah
    Miqat Madinah

    Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah: Miqat Penduduk Madinah

    ya Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillah washalatu wassalamu ala rasulillah hari ini nih tepatnya tanggal 7 Romadhon 1438 Hijriah kita bersama 38 rombongan akan menuju ke kota Mekkah Al Mukarom kita sekarang lagi di dunia dzulhulaifah tempatnya Penduduk Madinah dari sini kita akan melaksanakan Shalat tahiyatul masjid Sholat Dhuha lalu kita akan berniat Rasulullah Shallallahu Alaihi diperintahkan oleh Jibril ketika Haji untuk sholat di tempat ini mengatakan Sholihin ada di Wadi Mubarok kau berada di rumah dengan kepala kartun mah udah ya kita menuju ke dalam masjid jadi di masa Rasul Shallallahu salam masjidnya belum ada hanya lembah-lembah aja tapi di sini banyak air sehingga para sahabat itu mandinya di sini ya kalau kita kan mandi di hotel tuh para sahabat mandinya di sini berbenah di sini baru berangkat yo Bismillah Masya Allah hawanya hangat Ajil ekstensi dan Seruway dan gila ya ini kita lihat menuju ke masjid jadi tepatnya penduduk Cina orang-orang yang lewat dari Madinah walaupun bukan berzina maka mereka ambil Parisnya dari sini dia kini keutamaan kalau jemaah umroh di Nagoya saya kalau jemaah langsung turun jeda Selan mau ke Mekah Terkadang mereka di alam lam insya Allah kita lihat ini Masya Allah Masya Allah ah ayah Nagita minimal jamaah Una taibah hamdulillah Masjid Nurul Aini dipersiapkan untuk jemaah yang hendak mandi ada tempat tempat khusus untuk mandi memang ada tempat untuk wudhu ibu-ibu di sebelah kiri bisa berkumpul sebelah kiri sini nah tiba tolong diperhatikan untuk masuk masjid kiblatnya karena ada jemaah masuk musik yang penting shalat fajar tidak mengarah ke kiblat keramik kelihatanlah Maka insya Allah kita akan berkumpul di tempat ini Bu Ibu silahkan paling tidak 24 rokaat kalau kita akan tumbuh di tempat ini Bapak Bapak jangan jangan lupa untuk niat tetap didalam hati lillahita’ala tapi lafazkan mengatakan Labbaik Allahumma umratan yang buat Sebutkan umroh buat siapa umroh buat Ayahku murah buat eh ternyata itu disebut tari pulang sendiri-sendiri cuma ke rumah ya silakan Bapak ada yang ingin ditanyakan bacaannya Labbaik Allahumma umratan siapa Sebutkan nama buat siapa seperti itu nggak bisa mobile by kalau mau umroh tetangga-tetangga suruh mah nggak boleh satu umroh Satu orang terbakar borongan boleh Pagi Trans7 semua punya Bapak Ya Allah bismillah kita berangkat ya ini ini kurma hijau yang katanya buat siapa Buat yang kepingin punya anak ya Ya Allah Masya Allah itu ada yang kering halal dimakan Masya Allah kita lihat di sebelah sini ini kita lihat nih Masya Allah kalau kita perhatikan jenis kerumahnya beda ini buat yang itu agak lonjong Masya Allah ya karena itu ada yang ngambil kita lihat nih ada orang yang motong akhirnya rusak bisa bisa matiin ini lihat nih kayu ini ini sudah putus ini sebenarnya ini dia mati karena orang motong nya seperti itu nggak Nggak bisa nggak bisa lihat ini ini rusak itu karena ada yang motong padang harus digunting ya jadi kering kayak gini nggak papalah kita bawa duit contoh ibu-ibu yang kepingin akhlak loker ibu ibu ibu jasad bismillah baca doa masuk masjid Selat wassalamu ala rasulillah Lia buah Rahmatika Pavilion Coba lihat di sini luas banget nasi Ninja Mak anakmu tunjukin pohon pohon pisang anak-anak dzulhulaifah ini letaknya di lembah jadi subur kita lihat nih Nih ada beberapa pohon pohon pisang dan berbuah Masya Allah Jakarta di lembah jadi dikulitin Lembah tempatnya air kalau hujan itu Turunnya ke sini Wa di WA di tempatnya Madya subur nih Masya Allah bisa piara kambing Abu taqo di sebuah desa tahyatul masjid Dhuha terus niat eh enggak ini ada Jadi sholatnya itu jadi shalat ihram itu kayak kita masuk masjid shalatnya qobliyah Masjid itu akan menjadi tahiyatul masjid ini yang kita sampaikan tadi ketika kita sholat dhuha kemudian kita berniat maka shalat tadi jadi salat Sunnah ihram ini yang penting itu niat setelah setelah beli ehem kan Rasul Shallallahu Alaihi Salam tidak mengkhususkan salat untuk eh Tapi beliau salat setelah itu Eh lo maka di sini akhirnya ditimbulkan itu jadi salat Sunnah ihram Barakallah fikum masing-masing niatnya masing-masing nanti di bet kita Ingatkan Kembali Black kaki berjamaah ini kita lihat kondisi masjid di Holifah sepi ya Banyak orang yang tidak ingin umroh di siang hari Rasulullah SAW sama dengan Asia baru packaging dalam perjalanan itu sebagian dari azab ya dan dalam kondisi bulan ramadon perjalanan yang cukup panjang tentunya orang merasa lelah dan Kebanyakan orang berangkat di malam hari dan sebenarnya sunnahnya Safar itupun di malam hari karena Rasulullah Shallallahu salam mengatakan email albo tutu Adelaide sesungguhnya bumi itu di malam hari seperti dilipat jadi jarak yang jauh Ketika ditempuh di malam hari maka itu seperti lipat jadi jemaah tidak harus berhenti di masjid ini yang ini oma artinya kalau ada orang lewat naik bus kemudian Sebelum lewat mukminat dia berniat dia berniat ihram itu artinya bukan pakai baju ihram jadi ihrom itu bukan pakai baju ihram tapi niat untuk masuk di dalam ibadah umroh itu sendiri Katakan orang itu telah berakhir Om jadi kalau mau main naik bus ketika sampai dzulhulaifah dia mengatakan dia berniat dalam hatinya dia mengatakan Labbaik Allahumma umratan tanpa dia berhenti di mesjid ini tanpa dia sholat di masjid ini Mbah biasa tidak ada masalah karena berhentinya di tempat ini itu hanya anjuran dari Rasul Shallallahu salam tapi yang jelas orang yang umroh tidak boleh Melewatkanmu chord Kecuali Dia sudah berihram di tempat itu ini umpamanya ada jemaah yang lupa berihram kau tahu sampai 40 kilo melewati Nikon Apa solusinya balik untuk niatin kok nggak harus turun Ingat tidak harus turun di tempat ini dia balik ke miqot kemudian dia berniat atau kalau dia melanjutkan perjalanan tanpa dia mau balik maka dia punya kewajiban membayar membayar jam membeli seekor kambing dipotong dan dibagikan kepada penduduk Mekah dan kalau kita lihat ya Sepi pada hari ini hari Jumat hari hari Jumat apalagi sekadar di hari Jumat ya tidak dianjurkan pada hari Jumat itu karena ada sholat Jumat Namun karena kita dalam kondisi yang yang tidak kita inginkan sebenarnya kita ingin sholat jumat di Masjid Nabawi Namun karena sekarang Romadhon ada buka bersama ada tarawih yang Hal itu menyebabkan kepadatan di jalan di kota Mekkah Al Mukaromah dan ditutupnya banyak jalan sehingga jemaah akan sulit untuk sampai ke hotel apabila kita berangkat setelah Jumatan maka kita nanti akan sholat dhuhur dan Ashar dijamak tanpa sholat jumat sudah sholat semua…

    Read More »
  • Tausiyah
    Hukum Bisnis Badal Haji

    Ustadz Badrusalam: Hukum Berbisnis Badal Haji

    assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh pesan dari transfusi kali ini adalah bagaimana sih hukumnya bisnis Badal banyak orang ambil dari orang-orang banyak dibatalin katanya Pak Tua para ulama telah menegaskan bahwa tidak diperkenankan hal seperti ini Kenapa demikian pertama bau badan itu hanya mencukupi untuk satu orang saja seseorang membatalkan satu orang yang lain Jadi bagaimana dong yang benar yang benar adalah seseorang yang sudah Haji membadalkan saudaranya baik itu bapaknya Atau ibunya yang sudah tua dan orang yang dibatalkan pun juga orang yang memang tidak mampu untuk pergi haji tidak mampu Maksudnya bagaimana tidak punya uang bukan karena dia sakit yang tidak mungkin sembuh atau sudah sangat tua Renta maka pada waktu itu diperbolehkan makanya disebutkan dalam hadits ada seorang wanita datang ke Rasulullah Wasallam dan mengatakan Rasulullah Ayahku sudah terkena kewajiban Tania sudah sangat tua tidak mampu untuk berdiri dan duduk di kendaraan Bolehkah menghajikan Ya Rasulullah kata Rasulullah boleh haji kan Ayah ini menunjukkan bahwa saya haji itu hanyalah boleh untuk satu orang yang telah haji untuk orang yang belum atau tidak mampu untuk Haji dan ini dengan kesepakatan seluruh para ulama Adapun mengumpulkan dari beberapa orang kemudian dihajikan sendiri untuk beberapa orang makan ini dengan kesepakatan ulama perkara yang jelas melanggar syariat Allah Subhanahu Wa Ta’ala pakai hati-hatilah yang apa kalau ada orang yang minta-minta Badal Haji hanya pada dia berapa orang kamu aja kan banyak orang ambil dari orang-orang banyak untuk ibadah Line katanya mau apa nama kelas untuk menegaskan bahwa tidak diperkenankan hal seperti ini Kenapa demikian pertama bau badan itu hanya mencukupi untuk satu orang saja seseorang membatalkan satu orang yang lain Jadi bagaimana dong yang bener yang benar adalah seseorang yang sudah Haji membadalkan saudaranya baik itu bapaknya Atau ibunya yang sudah tua dan orang yang dibatalkan pun juga orang yang memang tidak mampu untuk pergi haji tidak mampu Maksudnya bagaimana tidak punya uang bukan karena dia sakit yang tidak mungkin sembuh atau sudah sangat tua Renta maka pada waktu itu diperbolehkan makanya disebutkan dalam hadits ada seorang wanita datang ke Rasulullah Wasallam dan mengatakan Rasulullah Ayahku sudah terkena kewajiban Haji dan ia sudah sangat tua tidak mampu untuk berdiri dan duduk di kendaraan Bolehkah menghajikan Ya Rasulullah Rasulullah boleh haji kan Ayah ini menunjukkan bahwa sahnya haji itu hanyalah boleh untuk satu orang yang telah haji untuk orang yang belum atau tidak mampu untuk Haji dan ini dengan kesepakatan seluruh para ulama Adapun mengumpulkan beberapa orang kemudian dihajikan sendiri untuk beberapa orang makan ini dengan kesepakatan ulama perkara yang jelas melanggar syariat Allah Subhanahu Wa Ta’ala pakai hati-hatilah ya kalau ada orang yang minta-minta Badal Haji hanya pada dia berapa orang kamu aja kan Nah ini mudah-mudahan bermanfaat buat kita selamanya

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Adi Hidayat Lc, MA: Kenapa Masjid Di Kota Suci Disebut Dengan Al Haram?

    Shallallahu Ala Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam ibu bapak bisa perhatikan sejenak saya berikan satu ilmu dalam bahasa Arab biasanya kalimat menyendiri tidak terangkai dengan kalimat lain tapi diberikan alif lam di depannya Alfa biasanya yang seperti ini berasal dari dua kalimat yang terangkai tapi salah satunya dihilangkan dalam ilmu bahasa Arab disebut dengan mudah-mudahan ini mudah-mudahan tidak jadi dua kalimat disatukan salah satunya dihilangkan bisa kita ingin tulis Masjidil Haram Masjidil Haram Kalau Anda pergi ke Mekah ke Mekah kemudian akan berangkat ke Masjidil Haram orang-orang sampai tidak ada yang dekat masjidil haram haram haram Halo silahkan cari taksi pasti tawarannya halal dan haram mau pergi ke halaman masjid nggak bisa bekerja ini bahasa Arabnya disebut mengubah kalimat yang disandarkan ini merubah kalimat yang menjadi sandaran kalimat-kalimat yang tidak menggunakan alif lam ya ini berarti berita yang ingin disampaikan ingin menekankan pada kalimat yang diberikan oleh tsunami di sini yang dimaksud dilaksanakan ketika disebutkan alarm Alarm orang sudah paham bukan masjid biasa yang dituju tapi masjid ini nih yang punya sifat atau haram kenapa disebut dengan Al haram karena cuma masjid ini dan nanti Nabawi disebut dengan Al Haramain yang punya sikap diharamkan kita melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak disukai oleh di dalamnya hati-hati ya dua kota suci Mekkah Al Mukaromah dua tempat yang mengandung unsur ekstrinsik jika ada seseorang melakukan tindakan yang tidak disukai oleh Allah di situ maka akan dibersihkan ketika tidak dibenarkan melakukan perbuatan yang dilakukan di sana di situ banyak rejekinya kemudian yang langsung dibalas kita memberikan Air Asia itu ketika diberikan air dibalas lagi misalnya bisa dengan makanan diberikan makanan dikembalikan dengan kue saya translate Titisari kemuliaan yang langsung mendapatkan balasan itu sifatnya 1000 Bulan sudah melekat pada sesuatu tidak ada yang namanya saya di atas hari itu orang yang memiliki sifat kemuliaan yang ingin cepat membalas di Kalau antum senyum biasanya hantu misalnya Ucapan salam ya jauh lebih lengkap Assalamualaikum Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh saya kalau ada yang namanya siapa

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Yunus Muhammad Bakaur: Kesalahan Dalam Menjalankan Ibadah Umroh dan Haji

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillah nahmaduhu wanasta’inuhu Billahi FII sabilil Falah di Asia 2 Lailahaillallah sholli wasallim wabarik ala sayyidina wa Maulana Muhammad wa ala alihi wasohbihi tak indah untuk audisi wala tamutunna illa Wa Antum muslimun para pemirsa zakat TV yang dirahmati Allah dari lantai 3 Masjidil Haram saya ingin menerangkan kepada kalian semua kepada anda semua kartun semua tentang beberapa hal yang salah di dalam pelaksanaan pelaksanaan ibadah umroh maupun Haji kita sama tahu ini banyak sekali orang-orang Islam khususnya di Indonesia yang berlomba-lomba untuk melaksanakan ibadah umroh tetapi mereka tidak bisa maksimal di dalam pelaksanaan ibadah itu sendiri Karena Mereka banyak salah salah daripada syariat Allah maupun rasulnya satu contoh kecil yang sering terjadi dan tidak pernah disadari oleh para jamaah umroh berita jamaah kita bahwasanya Rasulullah SAW wassalam itu pernah bersabda Sesungguhnya diantara rumah mimbar aku itu adalah taman surga maka barangsiapa yang berdoa di situ doanya hijab tetapi saat ini banyak orang datang ke masjid Nabawi berlomba-lomba masuk ke router berdesak-desakan masuk ke router untuk melaksanakan salat salat Sunnah berkali-kali diulang dengan yang lain saling berdesak-desakan sehingga tidak akan pernah untuk mereka padahal itu hanya untuk berjasa dan mengatakan bahwa jarak antara rumah tuh Dengan pintar gua ada taman surga barangsiapa yang berdoa di situ makan dua ijabah tetapi manusia lupa bahwa doa ijabah waktu di mana ada tempat-tempat lain doa kita bisa dijangkau adalah salah satunya di antara waktu adzan dan iqomah jadi tatkala kita mendengarkan azan setelah azan kita berdoa kemudian kita berdoa memohon kepada Allah sampai datang waktu iqomah doa kita diijabah oleh Allah ada juga saat-saat dimana setelah kita melaksanakan sholat atau saat kita habis membaca al-quran daripada kita berbincang dan sandirono kita perlu waktu banyak di sana kalau itu kita gunakan untuk membaca Quran di dalam masjid kita cari tempat Jadi enak kita duduk di sana kita baca Quran dapat beberapa ayat al-quran kita baca mungkin bisa dapat 1 juz 12 juz kemudian setelah selesai kita berdoa memohon kepada Allah ya Allah berarti hidup saya ya Allah jalan terbaik dalam hidup Ya Allah berkati rumah tangga saya Ya Allah mudahkanlah urusan saya ini sebagaimana janji Rasulullah janji Allah pada seorang istri setelah membaca Alquran begitupula di tempat-tempat lain di saat-saat lain setelah Muhammad Saw Wa Sallam menyatakan dalam sabdanya saat terdekat bagi seorang hamba dengan khaliqnya itu dengan penciptanya langsung sujud maka Perbanyaklah doa di saat kalian Suci sehingga kalau kita waktu sujud di waktu salat di waktu sujud terakhir kemudian kita banyak berdoa di situ kita menyampaikan hal-hal yang perlu kita sampaikan kepada Allah Insya Allah doa kita diijabah saat itu saat yang terdekat antara kita dengan Allah yang menciptakan kita nah ini sangat sangat tidak pernah dipahami oleh banyak orang mereka mencari tempat-tempat yang sebetulnya justru tidak diijabah doanya karena tidak masuk karena terjadi berdesak-desakan lama pemeriksaan TV harga TV yang dirahmati Allah yang kedua ada ajaran sesat di Masjidil Haram di Ka’bah orang di sana ingin mencium padahal mencium Hajar Aswat nggak ada Whatsappnya nggak ada cari aja juga tidak disunat oleh baginda Rasul Allah Muhammad SAW salam hanya beliau bersabda apabila orang itu berkawan apa bisa punya kesempatan untuk berhenti mencium Hajar Aswad ciumlah Tetapi kalau tidak bisa cukup dengan isyarat nggak jadi semakin layu Allahu akbar Cukup Sudah mencium Hajar Aswad nggak ada pahalanya tidak ada keberkahan apa pun di situ hanya karena Rasul mencium beberapa sahabat ikut mencium Umar Bin Khattab setelah beliau berkata bohong aja pegang dulu baru kamu adalah seandainya dulu Kekasih Allah junjunganku Muhammad Shallallahu salam itu tidak mencium kamu maka aku tidak akan pernah mencium kamu datang tapi kenapa kita pakai sekarang ada sampai ada yang namanya makelar Hajar Aswad kalau orang ingin mencium bayar 200 layar bayar 300 saya bayar Rp400.000 1000 Royal tidak mendapatkan apa-apa tapi kalau kita tahu aku senang kemudian selesai kita sholat di dekat Multazam di sholat sunnah setelah kita sholat sunnah 2 rakaat Kita maju ke depan gitu Kapan kita berdoa kepada Allah kita memohon dengan pemenuh kebutuhan dengan keikhlasan hati Iyalah doa kita lebih Jabatan itu ada manfaat nilai tawar kita ada pahala thawaf Wada pahala doa ada dan akhirnya apa yang kita inginkan di Masjidil Haram ini mendapatkan apa yang terbaik dari pelaksanaan ibadah kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala hari ini kita sampaikan kepada Antum semua untuk disampaikan kepada Allah yang lain teman yang lain saudara yang lain apabila nanti mereka diberi Allah kesempatan untuk berangkat ke Mekkah Al Madinah perasaan akan umroh melaksanakan ziarah ke makam Rasulullah Muhammad SAW wassalam melaksanakan ibadah di Masjid Nabawi supaya memperbanyak salat sunah memperbanyak bacaan-bacaan surah memperbanyak doa di tempat-tempat yang lain selain tahu tetapi kalau kita punya kesempatan masuk roda dalam keadaan yang lapang dalam badan yang tenang dalam keadaan yang memang bisa kita doaku sih di sana juga tidak dilarang tetapi tidak ada  Entah untuk sholat Idul diri sendiri terakhir yang paling sering terjadi kita lupa bahwa ada aturan yang yang diatur oleh Allah dan rasulnya di ambulans dan Sunnah sebagai pegangan kita melaksanakan ibadah umroh maupun Haji demikian yang bisa saya sampaikan mudah-mudahan manfaat mudah-mudahan kita semua dirahmati Allah mudah-mudahan kita semua dimudahkan oleh Allah dari tadi bimbingan pikiran kita jiwa kita sehingga kita bisa bersama-sama melaksanakan ibadah dengan baik benar sesuai dengan syariat Allah dan rasulnya 10 kali aja Waalaikumsalam Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Read More »
  • Haji

    Ustadz Khalid Basalamah: Dosa Besar Bila Mampu Fisik dan Finansial Tapi Tidak Berhaji

    Alhamdulillah kalimat yang terus kita ucapkan kepada Tuhan kita yang Maha Esa tiada sekutu baginya Maha Melihat Maha Mengetahui maha…

    Read More »
  • Umroh
    Umroh atau Haji

    Ustadz Badrusalam, Lc: Ibadah Umroh atau Haji, Mana yang Lebih Didahulukan?

    Assalamualaikum matullahi wabarakatuh Pak Ustadz akhwan salam warahmatullah wabarakatuh mau tanya pertanyaan titipan tapi diluar topik ada teman yang mendapatkan Rizki dan dia bingung Apakah dia harus mendahulukan umrah dulu atau Haji mana yang sebetulnya lebih penting karena dia sudah nunggu nunggu lama tapi suaminya bilang bahwa kita kan belum pernah ke sana kalau umroh kan kita lihat lihat dulu jadi nanti kalau Haji insya Allah kita bisa lebih baik mohon Apa pendapat pak ustad Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ibu kalau di zaman sekarang mau Haji biasanya nunggu sampai berapa tahun ibu  kalau memang ternyata hatinya masih lama itu tetap mendaftar aja dulu ya Sambil misalnya nunggu Haji maka kita umroh ya Soalnya kalau nungguin ngaji sampai 5 tahun 10 tahun kelamaan sambil Ke mana kita ngumpulin duit ya buat Haji sambil juga kita ada uang buat umroh umroh Nah iya jadi kalau memang zaman sekarang keadaannya nggak sama seperti dulu Bu kalau jaman dulu mah enak ya hari atau ini daftar langsung berangkat bisa tapi kalau jam sekarang susah seperti itu bahkan ada yang daftar hari ini baru bisa hajinya setelah 10 tahun maka Kalau sudah seperti itu keadaannya ya mendingan kita umroh aja dulu nggak masalah

    Read More »
  • Umroh
    Dapat menjalankan ibadah umroh secara mandiri saat berada di Tanah Suci - s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

    Apakah Umroh di Bulan Ramadhan Sama dengan Haji?

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh pagi ini ke sana kembali menyajikan kepada Anda membutuhkan ilmu yang terpendam dalam luasnya Khazanah Islam pemisah…

    Read More »
Close