Mengapa Kamu Wajib Baca Cerita Umroh Backpacker

 

Melakukan perjalanan sebagai jemaah umroh backpacker adalah petualangan yang tak terlupakan. Berkat internet, banyak cerita umroh backpacker yang bisa kamu temukan di internet. Sayangnya, banyak orang masih tidak menganggap serius situs-situs semacam ini, dan hanya bergantung pada situs berisi informasi resmi tentang panduan ibadah haji dan umroh.
Walau situs berisi informasi resmi memang penting, tetapi ada banyak hal dalam cerita-cerita pribadi yang bisa bermanfaat. Berikut beberapa alasan mengapa forum dan blog pelancong tentang umroh backpacker wajib menjadi referensimu.

 

Mendapat Cerita tentang Pengalaman Spesifik

cerita umroh backpacker - s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

cerita umroh backpacker – s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Jika kamu bepergian dalam kondisi khusus, misalnya membawa anak atau kerabat lansia, situasimu tentu membutuhkan strategi perjalanan khusus. Ketika membaca cerita dari sesama pelancong yang melakukan ibadah dalam kondisi sama, kamu jadi bisa membayangkan bagaimana rasanya saat benar-benar berada di Tanah Suci.

 

Pusat informasi resmi tentang haji dan umroh memberi informasi lengkap, namun cerita pengalaman orang lain membuatmu benar-benar tahu bagaimana rasanya serta cara mereka mengatasi masalah yang muncul.

 

Mengetahui Tips dan Trik yang Tidak Biasa

cerita umroh backpacker - jalanhalal.com

cerita umroh backpacker – jalanhalal.com

Tips dan trik sudah banyak tercantum di dalam pusat informasi ibadah umroh, tetapi itu saja mungkin belum cukup. Cerita dari mereka yang sudah pernah ikut umroh kerap memberi tahu berbagai tips serta trik yang mereka terapkan untuk memudahkan perjalanan. Tips-Tips ini bisa kamu coba ketika menemukan kesulitan yang mirip.

 

Mendapat Dorongan Semangat

cerita umroh backpacker - umroh.travel

cerita umroh backpacker – umroh.travel

Membaca kisah perjuangan orang-orang yang sudah melakukan ibadah umroh, terutama mereka yang melakukannya dalam kondisi khusus (saat puasa, musim dingin, atau membawa anak) akan membuat kita merasa lebih yakin untuk menghadapi perjuangan yang sama. Jika kamu memiliki kondisi mirip dengan mereka yang sudah pernah melakukan umroh, kamu akan merasa lebih bersemangat, karena sudah tahu apa yang akan kamu hadapi.

 

Mendapat Teman Bertanya atau Beribadah

cerita umroh backpacker - onaeg.com

cerita umroh backpacker – onaeg.com

Selain blog dan situs, ada banyak forum tempat para pelaku maupun peminat ibadah umroh berkumpul. Ada berbagai forum dan grup di KasKus atau Facebook di mana banyak orang saling berbagi pengalaman secara langsung. Bahkan, ada juga yang janjian untuk melakukan perjalanan berkelompok agar aman, seperti pelancong backpacker pada umumnya.

 

Dengan bergabung di forum berisi anggota yang berbagi cerita, kamu tidak hanya diterima di dalam komunitas, namun juga bisa mendapat teman untuk melakukan perjalanan.

 

Apakah Kamu Sebaiknya Berbagi Cerita Umroh?

cerita umroh backpacker - media.ihram.asia

cerita umroh backpacker – media.ihram.asia

Ya, jika kamu telah menunaikan ibadah umroh (apalagi ala backpacker), ada baiknya ikut berbagi cerita untuk membantu yang belum pernah pergi, Berikut beberapa hal yang sebaiknya kamu informasikan:

 

  • Pengalamanmu saat menurus dokumen-dokumen umroh di daerahmu. Jika ada kesulitan, ceritakan dengan jelas dan gambarkan solusimu.
  • Barang-barang yang kamu bawa dan apa alasanmu mengepak barang tersebut. Ceritakan pula bagaimana barang tersebut bisa bermanfaat saat kamu tiba di Tanah Suci.
  • Gambaran situasi umroh yang spesifik (misalnya: saat puasa, saat menjelang musim dingin di Arab Saudi, atau dengan membawa anak). Jelaskan tantangan yang harus dihadapi dan cara mengatasinya.
  • Jika menemui kesulitan, jelaskan apa yang terjadi dan apa solusimu. Jangan lupa menceritakan tentang pihak-pihak yang mungkin membantumu di sana.
  • Keunikan serta hal-hal positif yang kamu alami saat melakukan umroh ala backpacker. Hal ini sebagai pendorong dan pemberi semangat bagi calon jemaah.

 

Berbagi cerita umroh backpacker adalah sarana komunikasi informal yang dapat membantu calon jemaah agar percaya diri serta siap melakukan perjalanan. Pastikan kamu mengambil manfaat sebanyak mungkin dari forum-forum seperti ini sebelum berangkat umroh.

Add Comment

%d bloggers like this: