Dunia Islam

Ini Ciri Orang Munafik yang Wajib Anda Ketahui

Munafik berasal dari kata nifaqon, berarti tidak taat. Orang munafik selalu bermuka dua. Segala yang ia ucapkan berbeda dengan tindakan dan isi hatinya. Menurut ajaran Islam, manusia disebut munafik jika menyatakan beriman, tetapi tak diwujudkan dalam perbuatan.

Lalu, apakah bahaya sifat munafik bagi diri sendiri dan orang lain? Bagaimana ciri orang munafik? Yuk, cari tahu di sini!

Mengapa Sifat Munafik Dilarang?

Munafik dikategorikan dalam sifat mazmumah atau tercela. Pasalnya, karakter munafik dapat merusak tatanan kehidupan yang damai dan tenteram. Selain itu, bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

Melalui Alquran, Allah SWT melarang manusia untuk memelihara sifat munafik. Hal itu karena orang munafik akan diberikan siksaan yang amat pedih. Sebagaimana firman-Nya dalam Surat An-Nisa :

“Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka jahanam. Mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka; dan Allah melaknati mereka; dan bagi mereka azab yang kekal.” (QS. At-Taubah : 68)

Orang munafik kerap berpura-pura baik untuk menutupi keburukannya. Sikap seperti ini bisa membawa dampak negatif bagi orang-orang di sekitarnya. Sebagai contoh, kisah Hatib bin Abi Balta’ah yang mengkhianati Rasulullah SAW. Sekitar tahun 8 Hijriah, Rasulullah SAW dan pasukan muslim berencana menaklukkan Mekkah. Mendengar berita itu, Hatib merasa khawatir karena keluarganya berada di Mekkah.

Demi menyelamatkan mereka, Hatib mengirimkan surat kepada petinggi kaum Quraisy. Surat tersebut berisi informasi penyerangan Rasulullah SAW dan pasukan muslim ke Mekkah. Sebelum itu terjadi, Malaikat Jibril memberitahukan kepada Rasulullah SAW.

Kemudian, Hatib ditangkap dan diadili di hadapan umat Islam. Saat itu, umat Islam menginginkan Hatib dibunuh. Namun, Rasulullah SAW memilih untuk memaafkannya. Dari kisah ini Anda bisa belajar, bahwa sifat munafik akan membawa kesengsaraan bagi diri sendiri dan orang lain.

4 Ciri Orang Munafik

Rasulullah SAW menyebutkan melalui sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Imam Muslim, bahwa orang munafik memiliki empat ciri utama. Jika keempatnya dilakukan, ia menjadi munafik sejati.

Selalu Berdusta Saat Berbicara

Selalu Berdusta Saat Berbicara - 4.bp.blogspot.com
Selalu Berdusta Saat Berbicara – 4.bp.blogspot.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, dusta didefinisikan sebagai perkataan yang tidak benar. Rasulullah SAW mengajari umatnya untuk menjauhi sifat dusta karena bisa menzalimi diri sendiri dan orang lain. Seorang pendusta juga dikategorikan dalam golongan orang munafik. Hal ini terungkap dalam sebuah hadis dari Rasulullah SAW bersabda :

“Tanda-tanda orang munafik ada tiga, yaitu bila berbicara berdusta, bila berjanji tidak ditepati, dan bila diamanati dia berkhianat.” (HR. Muslim)

Suka Mengingkari Janji

Suka Mengingkari Janji - isigood.com
Suka Mengingkari Janji – isigood.com

Pernahkah Anda membatalkan janji dengan seseorang tanpa konfirmasi? Kalau pernah, berarti harus berupaya untuk tidak mengulangi. Pasalnya, ingkar janji tak hanya menjadi ciri orang munafik. Sifat ini pun kelak memberatkan timbangan keburukan saat hari perhitungan amal.

Apabila Diberi Kepercayaan, Ia Berkhianat

Apabila Diberi Kepercayaan, Ia Berkhianat - static.espreso.tv
Apabila Diberi Kepercayaan, Ia Berkhianat – static.espreso.tv

Khianat didefinisikan sebagai tindakan yang berlawanan dengan janji. Seorang pengkhianat senantiasa bersembunyi di balik kebaikan. Jika dipercaya untuk mengemban suatu tugas, ia tidak pernah melaksanakannya. Karena itu, pengkhianat diibaratkan sebagai musuh dalam selimut.

Suka Berlaku Curang

Suka Berlaku Curang - i0.wp.com
Suka Berlaku Curang – i0.wp.com

Curang merupakan tindakan tidak jujur dan licik. Orang yang berbuat curang biasanya ambisius dan memiliki iman lemah. Allah SWT melarang manusia untuk berlaku curang karena bisa menjerumuskan pada kezaliman dan kemunafikan.

Contoh perilaku curang bisa Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, penjual beras yang suka mengurangi timbangan, wakil rakyat korupsi, dan selalu menyontek ketika ujian sekolah. Ancaman bagi orang yang berlaku curang disampaikan Allah SWT melalui Alquran Surat Al-Muthaffifin :

“Celakalah atas orang-orang yang curang itu.” (QS. Al-Muthaffifin : 1)

Itulah penjelasan mengenai ciri orang munafik yang wajib Anda ketahui. Sifat munafik harus dihindari agar bisa menjalani tenang dalam menjalani kehidupan. Semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: