Dunia Islam

7 Ciri Orang Sombong yang Harus Anda Hindari

Pernahkah Anda marah ketika diberi nasihat? Hati-hati; mungkin itulah benih kesombongan yang tak terlihat. Menurut ajaran Islam, manusia harus menjauhi sifat sombong karena bisa menghapuskan amal baiknya. Selain itu, kesombongan dianggap lebih buruk daripada perbuatan syirik.

Nah, untuk mencegah penyakit hati tersebut melekat dalam diri Anda, kenali tanda-tandanya melalui 7 ciri orang sombong berikut ini. Yuk, simak!

Selalu Membicarakan Diri Sendiri

Selalu Membicarakan Diri Sendiri - http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com
Selalu Membicarakan Diri Sendiri – http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Cobalah mengingat-ingat, topik yang sering Anda bahas ketika mengobrol dengan orang lain. Jika selalu membicarakan diri sendiri, artinya kesombongan sedang bersarang di dalam hati. Sebagai contoh, saat itu membahas soal keindahan Negara Jepang. Tiba-tiba, seseorang menceletuk, “Ah, bagusan Korea lah. Saya pernah ke sana ketika musim semi.”

Suka Merendahkan Orang Lain

Suka Merendahkan Orang Lain  - 3.bp.blogspot.com
Suka Merendahkan Orang Lain  – 3.bp.blogspot.com

Orang sombong biasanya suka dipuji, tetapi enggan memuji. Ia selalu membanggakan diri sendiri. Apa pun yang dimiliki, kerap dipamerkan. Padahal, Allah SWT melarang manusia untuk berlaku sombong di muka bumi karena bisa mencelakakan dirinya.  Sebagaimana firman-Nya dalam Alquran :

  1. Walaa tamsyi fiil ardhi marahan innaka lan takhriqal ardha walan tablughal jibaala thuulaa

Artinya :

“Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya, kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi, dan sekali-kali kamu tidak akan setinggi gunung.” (QS. Al-Isra : 37)

Tidak Suka Melihat Orang Lain Berprestasi

Tidak Suka Melihat Orang Lain Berprestasi - imoney.my.com
Tidak Suka Melihat Orang Lain Berprestasi – imoney.my.com

Kesombongan akan mengunci mata hati. Karena itu, orang yang sombong tidak pernah sudi mengakui kehebatan kawannya. Ia selalu berpendapat buruk tentang prestasi orang lain. Rasulullah SAW pernah bersabda :

“Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya ada sebesar dzarah kesombongan. Salah seorang sahabat lantas bertanya : “Sesungguhnya seseorang senang jika bajunya bagus dan sandalnya baik?” Maka Beliau bersabda : “Sesungguhnya Allah Dzat yang Mahaindah dan senang dengan keindahan, al-kibru (sombong) adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia (HR. Muslim)

Membanggakan Diri Sendiri karena Gelar dan Ilmu Pengetahuan

Membanggakan Diri Sendiri karena Gelar dan Ilmu Pengetahuan - img.okeinfo.net
Membanggakan Diri Sendiri karena Gelar dan Ilmu Pengetahuan – img.okeinfo.net

Anda seorang yang bergelar sarjana atau doktor? Hati-hatilah dalam menggunakan title tersebut. Pasalnya, kesombongan bisa muncul karena membanggakan status sosial. Seseorang yang memiliki tingkat pendidikan lebih tinggi biasanya meremehkan kemampuan orang lain. Ingatlah bahwa, Allah SWT tidak menyukai sifat sombong.

Mengenai hal itu, Allah SWT berfirman :

  1. Walaa tusha’ir khaddaka lilnnaasi walaa tamsyi fii al-ardhi marahan inna allaha laa yuhibbu kulla mukhtaalin fakhuurin

Artinya :

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Lukman : 18)

Marah Jika Diberi Nasihat

Marah Jika Diberi Nasihat - anakui.com
Marah Jika Diberi Nasihat – anakui.com

Nasihat diartikan sebagai petunjuk, teguran, maupun ajaran tentang kebaikan. Salah satu ciri orang sombong adalah mengabaikan nasihat. Ia merasa direndahkan saat seseorang melontarkan teguran. Baginya, apa pun yang dilakukan orang lain selalu salah. Bahkan, setiap kesalahan senantiasa dibesar-besarkan.

Mengabaikan Pendapat Orang Lain

Mengabaikan Pendapat Orang Lain - 4.bp.blogspot.com
Mengabaikan Pendapat Orang Lain – 4.bp.blogspot.com

Pendapat merupakan salah satu hak setiap manusia. Islam pun menjamin kebebasan dalam berpendapat selagi tidak merugikan orang lain. Namun, bagi orang sombong, hanya argumennya lah yang benar. Ia sering kali mengabaikan opini dari teman, sahabat, serta orang tua.

Bersikap Kasar

Bersikap Kasar - 2.bp.blogspot.com
Bersikap Kasar – 2.bp.blogspot.com

Percaya atau tidak, sikap kasar mencerminkan sebuah kesombongan. Pasalnya, orang yang berperilaku kasar kerap mempertahankan ego. Ia tidak mau kalah meskipun salah.

Islam mengajarkan untuk bersikap tegas, bukan kasar. Tegas berarti tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan. Orang tegas  mampu membaca keterangan dengan pandangan jernih dan hati lapang. Sebaliknya, sikap kasar akan menutup mata hati serta merugikan diri sendiri karena dijauhi orang lain.

Itulah tujuh ciri orang sombong yang harus diwaspadai. Sesungguhnya, kesombongan hanya membawa kesengsaraan dan kehancuran bagi manusia. Naudzubillahi min dzalik.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: