5 Daerah dengan Daftar Tunggu Haji Terlama

Setiap tahunnya umat Islam di Indonesia mendambakan adanya penambahan kuota haji. Bagaimana tidak? Daftar tunggu haji di Indonesia dapat mencapai berpuluh-puluh tahun lamanya. Hal tersebut tentunya menjadi kendala berat bagi masyarakat yang berniat menunaikan ibadah haji, terlebih bagi para calon jemaah yang sudah berusia lanjut. Pada 2017 beberapa daerah di Indonesia kembali mencetak rekor daftar tunggu haji terlama. Beberapa daerah tersebut di antaranya:

Sulawesi Selatan (36 Tahun)

Daftar Tunggu Haji - fajar.co.id

Daftar Tunggu Haji – fajar.co.id

Tahun ini, dua kabupaten di Sulawesi Selatan menduduki peringkat paling atas daftar tunggu haji paling lama di Indonesia. Warga Kabupaten Bantaeng dan Sidrap yang hendak menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci kemungkinan harus menunggu paling lama 36 tahun agar dapat berangkat. Menurut data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Kementerian Agama, Sulawesi Selatan menerapkan sistem kuota haji per kabupaten/kota. Di Bantaeng sendiri, kuota haji yang disediakan hanya 185 kursi, sedangkan jemaah haji yang antre hingga tahun 2017 mencapai 6.548 orang. Dengan perbandingan jumlah kuota dan antrean calon jemaah haji, dapat diperkirakan daftar tunggu haji Bantaeng hingga 2053 atau 36 tahun.

Nusa Tenggara Barat (22 Tahun)

Daftar Tunggu Haji - assets.akurat.co

Daftar Tunggu Haji – assets.akurat.co

Meski masih masuk dalam daerah dengan daftar tunggu haji terlama di Indonesia, Nusa Tenggara Barat sebenarnya mendapatkan penambahan kuota jemaah haji pada musim haji tahun ini. Pada 2017, Nusa Tenggara Barat memberangkatkan 4.476 jemaah haji, lebih banyak dari tahun lalu yang hanya berjumlah 3.572 orang. Namun, hingga saat ini daftar antrean calon jemaah haji Nusa Tenggara Barat mencapai 95.000 orang dengan daftar tunggu sekitar 22 tahun.

Aceh (21 Tahun)

Daftar Tunggu Haji - aceh.kemenag.go.id

Daftar Tunggu Haji – aceh.kemenag.go.id

Calon jemaah haji asal Aceh mungkin harus menunggu selama 28 tahun untuk berangkat ke Tanah Suci. Jumlah pendaftar haji di Provinsi Aceh sangat fluktuatif setiap tahunnya. Dalam jangka waktu tiga tahun terakhir, jumlah jemaah haji Aceh Tenggara yang berangkat ke Tanah Suci selalu mengalami perubahan yang signifikan. Pada tahun 2016, jemaah haji yang berangkat hanya sekitar 48 orang, sedangkan tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 70 orang. Menurut perwakilan Kemenag Aceh Tenggara, lamanya daftar tunggu haji di Aceh ini disebabkan tidak adanya kuota yang ditetapkan untuk kabupaten maupun kuota. Di samping itu, antusiasme warga Aceh untuk menunaikan rukun Islam yang kelima ini pun amat besar.

Jawa Timur (21 Tahun)

Daftar Tunggu Haji - photo.jpnn.com

Daftar Tunggu Haji – photo.jpnn.com

Sebelum mendapatkan kuota haji tambahan, Jawa Timur memiliki daftar tunggu haji hingga 26 tahun. Pada musim 2017, Jawa Timur berhasil memperoleh tambahan kuota haji nasional sebanyak 52.000 jemaah. Dengan bertambahnya kuota haji tersebut, Jawa Timur memiliki peluang untuk memangkas daftar tunggu haji menjadi 21 tahun. Lamanya daftar tunggu haji Jawa Timur sebelumnya disebabkan oleh pemotongan kuota haji akibat proyek pembangunan Masjidil Haram. Ketika ada pembatasan kuota haji, rata-rata per tahunnya, Jawa Timur hanya mampu memberangkatkan sekitar 30.000 jemaah.

Yogyakarta (20 Tahun)

Daftar Tunggu Haji - republika.co.id

Daftar Tunggu Haji – republika.co.id

Setiap tahunnya, Yogyakarta rata-rata memberangkatkan sekitar 400 jemaah haji. Saat pembatasan kuota haji, daftar tunggu haji Yogyakarta sampai tahun 2038. Dengan kembalinya kuota haji pasca renovasi Masjidil Haram, Yogyakarta mendapatkan kuota haji normal sebanyak 3.068 jemaah dan berhasil memangkas daftar tunggu haji menjadi 20 tahun.

Meski daftar tunggu haji Indonesia termasuk yang paling lama di dunia, hal tersebut tampaknya tidak menyurutkan antusias umat Islam untuk menunaikan rukun Islam yang kelima. Para calon jemaah haji yang saat ini masih menunggu waktu untuk berangkat ke Tanah Suci tentunya berharap kuota haji di setiap provinsi dapat ditambah agar mereka pun dapat segera menginjakkan kaki di Tanah Suci.

Add Comment

%d bloggers like this: