Dunia Islam

Definisi dan Pengertian Sunah Lengkap, Berdasarkan Bahasa, Istilah, dan Syariat

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tentu sering mendengar istilah “sesuai sunah”. Biasanya ucapan ini dilontarkan oleh ustaz, kiai, maupun ulama. Namun sering juga dilontarkan oleh rekan maupun sahabat yang kita kenal. Untuk itulah kali ini kita akan mengupas apa sebenarnya pengertian sunah tersebut secara lengkap, dilihat dari sisi bahasa, istilah, maupun syariat Islam.

Pengertian Sunah secara Bahasa

Pengertian Sunnah - Panjimas.com
Pengertian Sunnah – Panjimas.com

Bila kita tinjau dari sisi bahasa, sunah berasal dari bahasa Arab “sunah” yang berarti “arus yang lancar dan mudah” atau bisa juga bermakna “jalur aliran langsung”.

Ada yang juga mengartikan as-sunah menurut bahasa ini sebagai “metode, kebiasaan, perilaku yang baik maupun buruk.” Para ahli bahasa berpendapat bahwa makna ini diambil karena kata sunah berasal dari kata “as-sunan” yang memiliki makna serupa dengan “ath-thariq” yang berarti “jalan”.

Jika kita lihat dari sisi bahasa, sunah memang belum memiliki makna definitif yang merujuk kepada segala sesuatu yang berasal dari Nabi Muhammad saw. Namun, setidaknya bisa kita pahami bahwa ada ide besar yang tergambar bahwa sunah merupakan sebuah “jalan” yang perlu kita ikuti.

Pengertian Sunah Menurut Istilah

Pengertian Sunah - Malydziennik.pl
Pengertian Sunah – Malydziennik.pl

Bila kita telusuri makna kata “sunah” secara istilah, ada sejumlah makna yang terkandung di dalamnya. Pandangan tersebut sebagai berikut:

  • Bagi para ulama fikih, sunah merupakan semua amalan yang jika dilakukan akan memperoleh pahala, sebaliknya jika ditinggalkan tidak apa-apa.
    Beberapa contoh amalan sunah tersebut seperti menjaga wudhu, melaksanakan shalat istikharah, mengeraskan zikir setelah shalat berjamaah, dan banyak lagi lainnya.
  • Bagi ahli hadis dan ushul fiqh, sunah berarti periwayatan kepada Rasulullah saw, baik yang berupa perbuatan, ketetapan, sifat beliau, maupun perkataannya.
  • Bagi ulama aqidah, arti sunah adalah seluruh petunjuk dari Nabi Muhammad mengenai keyakinan, amalan, atau pun petunjuk lainnya.

Itulah beberapa arti sunah ditinjau dari sudut pandang para ahli agama sesuai keahliannya masing-masing. Nah, berikutnya, mari kita lanjut membahas arti sunah sesuai syariat.

Pengertian Sunah Menurut Syariat

Pengertian Sunah - Dakwatuna
Pengertian Sunah – Dakwatuna

Dilihat dari syariat islam, sunah artinya adalah segala hal yang bersumber dari Nabi Muhammad, baik berupa perbuatan, ucapan, penetapan, sifat tubuh, maupun akhlak.
Dalam ilmu hadis, sunah dikategorikan ke dalam beberapa jenis hadis yaitu:

1. Hadis qauli artinya sunah dalam bentuk ucapan Rasulullah.
2. Hadis fi’li artinya sunah dalam bentuk perbuatan yang dikerjakan oleh Rasulullah.
3. Hadis taqriri yaitu perbuatan para sahabat yang diketahui Rasulullah dan beliau membiarkannya sebagai tanda tidak melarang.

Pentingnya Posisi Sunah dalam Islam

Pengertian Sunah - Activist1.blog
Pengertian Sunah – Activist1.blog

Sunah atau hadis Nabi Muhammad SAW merupakan sumber kedua dalam hukum Islam. Sementara Alquran merupakan pedoman dan sumber utama dalam hukum Islam.

Di era seperti sekarang ini, dengan adanya pedoman tersebut, kita sebagai umat Islam dimudahkan agar tidak sampai terombang-ambing. Kita hanya perlu mengikuti apa yang diperintahkan oleh Allah Swt. melalui Alquran dan menaati hadis nabi.

Dalam banyak hal, fungsi hadis itu dapat memperjelas ayat-ayat Alquran yang sifatnya umum, seperti dalam Alquran kita diperintahkan untuk melaksanakan shalat. Kemudian dalam hadis nabi dijelaskan bahwa kita bisa meniru seperti shalat yang dilakukan Rasulullah.

Hadis ini pun bisa berfungsi untuk memperkuat sebuah pernyataan, misalnya ketika di dalam Alquran dijelaskan perintah berpuasa, kita bisa menengok hadis nabi yang berbunyi, “Berpuasalah karena melihat bulan dan berbukalah karena melihat bulan” sebagai tanda dimulainya awal Ramadan.

Demikianlah pengertian sunah yang penting kita ketahui bersama. Semoga dengan artikel ini kita bisa makin memahami ajaran Islam dan selalu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: