Dunia Islam

Ini 5 Amalan dan Doa Belajar yang Ampuh saat Menuntut Ilmu

Islam mengajarkan kepada umat Islam untuk selalu berdoa setiap beraktivitas, termasuk saat akan belajar. Doa belajar harus dibiasakan terutama bagi setiap muslim, saat akan belajar dan sesudah belajar. Doa juga bermanfaat untuk mengungkapkan puji syukur kepada Allah SWT serta memohon keberkahan selama aktivitas belajar. Dengan demikian, kita bisa mendapatkan kecerdasan serta pemahaman yang mudah pada semua ilmu.

Selain itu, doa juga dapat memberikan sugesti pada setiap muslim agar bisa  belajar dengan lebih serius. Kita merasa melakukan aktivitas yang diridhoi Allah serta dinilai Allah SWT melakukan amal kebaikan dengan menuntut ilmu. Ini seperti anjuran dalam Islam itu sendiri, agar kita menuntut ilmu setinggi-tingginya.

10 Cara Belajar yang Baik dan Benar

Selain berdoa, setiap muslim harus mengetahui bagaimana cara belajar yang baik dan benar. Dengan menerapkan cara ini, Insya Allah proses pembelajaran menjadi lebih baik. Berikut ini cara belajar yang bisa Anda terapkan.

  1. Niat Sungguh-Sungguh
  2. Belajar Kelompok
  3. Mencatat Hal Penting
  4. Aktif Bertanya
  5. Tekun dan Serius
  6. Selalu Mengerjakan Tugas
  7. Rajin Mengulang
  8. Berlatih Mata Pelajaran yang Lemah
  9. Disiplin
  10. Perencanaan yang Baik

Nah, setelah mengetahui cara belajar yang baik, selanjutnya Anda perlu melakukan amalan doa belajar.  Hal ini bertujuan agar aktivitas belajar, baik di sekolah ataupun belajar sendiri di rumah dapat berjalan lancar dan mudah. Berikut ini amalan dan doa belajar tersebut.

Doa Dibaca sebelum Belajar

Doa Dibaca sebelum Belajar - 1.bp.blogspot.com
Doa Dibaca sebelum Belajar – 1.bp.blogspot.com

Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahman.

Ya Allah, tambahkanlah kepada saya ilmu dan berilah saya pengertian yang baik.

Doa agar Tidak Mudah Lupa

Doa agar Tidak Mudah Lupa - 2.bp.blogspot.com
Doa agar Tidak Mudah Lupa – 2.bp.blogspot.com

Bagi anak-anak di masa belajar, sangat penting memiliki ingatan yang tajam dan tidak mudah lupa. Nah, doa belajar di bawah ini bisa dipraktikkan setiap hari sebanyak 3x kapan saja. Insya Allah anak-anak tidak akan mudah lupa saat belajar. Doa ini bisa diterapkan juga saat belajar menghafal Alquran.

Allaahummaj’al nafsii muthma-innatan tu’minu biliqoo-ika, wataqna’u bi’athoo-ika, wa tardhoo biqodhoo-ika.

Ya Allah, jadikanlah diriku tenteram, mengimani perjumpaan dengan-Mu, merasa puas dengan pemberian-Mu dan ridho dengan ketentuan-Mu.

Doa agar Diberi Pemahaman, Pengertian, dan Kecerdasan yang Luar Biasa oleh Allah

Doa agar Diberi Pemahaman, Pengertian, dan Kecerdasan yang Luar Biasa oleh Allah - 4.bp.blogspot.com
Doa agar Diberi Pemahaman, Pengertian, dan Kecerdasan yang Luar Biasa oleh Allah – 4.bp.blogspot.com

Bila ingin memiliki kecerdasan luar biasa, Anda bisa membaca shalawat Nurul Fahmi ini sebanyak-banyaknya atau  100x setiap harinya.

Allaahumma sholli wasallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin sholaatan tukhrijunii bihaa min zhulumaatil-wahmi watukrimunii binuuril-fahmi watuwadhihu lii maa usykila hatta yufhama innaka ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul-ghuyuubi.

Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan keselamatan kepada Nabi Muhammad SAW, yang dengan shalawat tersebut Engkau keluarkan saya dengannya dari kegelapan dan kebimbangan. Engkau muliakan saya dengan cahaya kefahaman dan Engkau jelaskan bagi saya apa-apa yang sulit, sehingga dapat saya mengerti. Sesungguhnya Engkau Yang Maha Mengetahui dan saya tidak mengetahui dan Engkaulah Yang Maha Mengetahui Yang Ghaib.

Doa agar Mendapatkan Ilmu Pengetahuan yang Dalam

Doa agar Mendapatkan Ilmu Pengetahuan yang Dalam - alquranmulia.files.wordpress.com
Doa agar Mendapatkan Ilmu Pengetahuan yang Dalam – alquranmulia.files.wordpress.com

Siapa yang tidak ingin mendapat ilmu pengetahuan yang dalam? Anda bisa mendapatkannya dengan cara  selalu membaca Asma Allah, AL-HAKIIMU atau Yang Maha Bijaksana. Insya Allah, Anda akan dikaruniai ilmu yang tinggi dan sulit dipelajari.

Amalan Penguat Ingatan

Amalan Penguat Ingatan - 4.bp.blogspot.com
Amalan Penguat Ingatan – 4.bp.blogspot.com

Menurut seorang ulama, Surat Al-A’la mengandung rahasia besar. Oleh karenanya, setiap orang yang mengeluh tentang kelemahan daya ingat, dianjurkan untuk membaca surat ini setidaknya 7x jika bacaan Anda  telah sampai pada ayat ini:

Sanuq-ri-uka falaa tansaa”.

“Kami akan membacakan kepadamu (Rasulullah) maka kamu tidak akan lupa” (QS. Al-A’la, 87;6)

Nah, demikian amalan dan doa belajar yang bisa Anda praktikan. Insya Allah bagi umat Islam yang sedang menuntut ilmu, diberikan kelancaran dan kemudahan yang luar biasa. Semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close