Dunia Islam

Doa dan Bakti Terhadap Orang Tua yang Sudah Meninggal

Setiap manusia diwajibkan untuk berbuat baik dan berbakti kepada orang tua. Jika orang tua masih hidup, mengunjunginya, merawat, dan memenuhi permintaannya adalah bentuk bakti yang bisa kita lakukan kepada mereka. Namun, bagaimana cara berbakti kepada orang tua yang telah wafat? Salah satunya dengan memberikan doa untuk orang tua yang sudah meninggal.

Dari banyak doa untuk orang tua, doa ini bisa dibaca. Doa untuk orang tua yang sudah meninggal ini tercantum di dalam Alquran surat Al-Isra ayat 24, “Dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”. (QS. Al Isra : 24).

Cara untuk berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal disebutkan oleh Rasulullah saw. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Ibnu Majah, dari Abu Usaid Malik bin Rabi’ah As-Sa’idi, ia berkata bahwa Suatu saat kami pernah berada di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika itu ada datang seseorang dari Bani Salimah, ia berkata, “Wahai Rasulullah, apakah masih ada bentuk berbakti kepada kedua orang tuaku ketika mereka telah meninggal dunia?”

Kemudian, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya (masih tetap ada bentuk berbakti pada keduanya, pen.). (Bentuknya adalah) mendo’akan keduanya, meminta ampun untuk keduanya, memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia, menjalin hubungan silaturahim (kekerabatan) dengan keluarga kedua orang tua yang tidak pernah terjalin dan memuliakan teman dekat keduanya.”

Selain berdoa, seorang anak bisa terus berbakti kepada orang tuanya dengan melakukan perbuatan-perbuatan baik yang diniatkan untuk orang tua. Berikut ini beberapa contoh perbuatan baik yang dapat dilakukan sebagai tanda bakti kepada orang tua yang telah wafat:

Menyambung tali silaturahmi (kekerabatan) dengan keluarga dan teman dekat orang tua

Menyambung tali silaturahmi (kekerabatan) dengan keluarga dan teman dekat orang tua - cdn.khotbahjumat.com
Menyambung tali silaturahmi (kekerabatan) dengan keluarga dan teman dekat orang tua – cdn.khotbahjumat.com

Salah satu caranya yaitu dengan menyambung dan menjaga tali silaturahmi kepada keluarga dan teman dekat orang tua. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah Saw, seperti yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya sebaik-baik bentuk berbakti (berbuat baik) adalah seseorang menyambung hubungan dengan keluarga dari kenalan baik ayahnya.” (HR. Muslim).

Perbuatan baik yang pernah dilakukan oleh orang tua dapat terus dilanjutkan oleh anak-anaknya. Apabila orang tua sewaktu hidup sering berkunjung ke sanak saudara, handai taulan, dan teman-teman dekatnya, maka anak perlu menjaga dan meneruskan tali silaturahmi dengan mereka semua.

Bersedekah atas nama orang tua yang sudah meninggal

Bersedekah atas nama orang tua yang sudah meninggal - muliarabbani.com
Bersedekah atas nama orang tua yang sudah meninggal – muliarabbani.com

Salah satu perbuatan baik selain doa untuk orang tua yang sudah meninggal adalah bersedekah. Sedekah yang dilakukan atas nama orang tua, dapat menjadi manfaat bagi mereka. Ini pun sesuai sabda Rasulullah saw. Melalui Abdullah bin Abbas RA, ia berkata, “Sesungguhnya ibu dari Sa’ad bin ‘Ubadah radhiyallahu ‘anhu meninggal dunia. Sedangkan Sa’ad pada saat itu tidak berada di sisinya.

Kemudian Sa’ad mengatakan, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal, sedangkan aku pada saat itu tidak berada di sampingnya. Apakah bermanfaat jika aku menyedekahkan sesuatu untuknya?’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, Iya, bermanfaat.’ Kemudian Sa’ad mengatakan pada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Kalau begitu aku bersaksi padamu bahwa kebun yang siap berbuah ini aku sedekahkan untuknya’.” (HR. Bukhari).

Itulah dua hal yang dapat dilakukan sebagai tanda bakti anak terhadap orang tua. Selain mengirimkan doa untuk orang tua yang sudah meninggal dunia dan melanjutkan hubungan silaturahmi antara kerabat, anak juga dapat bersedekah atas nama orang tua. Semoga kita semua diberikan kesempatan untuk menjadi anak yang berbakti kepada orang tuanya, baik yang masih hidup atau telah wafat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: