Doa Haji dan Umrah yang Wajib Dihafal Setiap Jemaah

Kekhusyukan ibadah dapat diraih berkat ketenangan dan kemampuan memaknai ayat yang terkandung dalam bacaan surat dan doa-doa. Hal tersebut berlaku pula dalam pelaksanaan rukun ibadah haji dan umrah. Ketika menjalankan ibadah yang khusus dilaksanakan di Tanah Suci tersebut, setiap perjalanan Anda melaksanakan rukun haji dan umrah akan dipenuhi oleh doa-doa khusus. Nah, itulah sebabnya menghafal doa haji dan umrah merupakan hal wajib bagi setiap calon jemaah. Lantas, doa apa saja yang wajib dihafal para calon jemaah haji dan umrah?

Doa Ketika di Perjalanan

Doa Haji dan Umrah - pbs.twimg.com

Doa Haji dan Umrah – pbs.twimg.com

Ketika melakukan perjalanan di Tanah Suci, doa-doa pun harus senantiasa kita panjatkan. Perjalanan dimulai dari ihram, mengucapkan niat haji dan umrah, mengucapkan talbiyah serta salawat, hingga menjalankan rukun-rukun haji dan umrah. Jemaah haji dan umrah dianjurkan membaca doa berikut ketika keluar dari penginapan:

بِاسْمِ اللَّهِ آمَنْتُ بِاللَّ بِاسْمِ اللَّهِ اعْتَصَمْتُ بِاللهِ باسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلى اللَّهِ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةََ إِلاَّ بِاللَّهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ.

Artinya: “Dengan nama Allah aku beriman kepada Allah. Dengan nama Allah aku hadapkan hatiku kepada Allah. Dengan nama Allah aku berlindung kepada Allah. Dengan nama Allah aku berserah diri pada Allah, tiada daya upaya dan tiada kekuatan melainkan atas izin Allah yang Mahaluhur dan Mahaagung.”

Selama di perjalanan, lantunkan kalimat zikir dan talbiyah kepada Allah swt. yang berbunyi:

                         لَكَ شَرِيْكَ لَا وَاْلمُلْكَ لَكَ وَالنِّعْمَةَ الْحَمْدَ اِنَّ لَبَّيْكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ. لَبَّيْكَ اللّٰهُمَّ لَبَّيْكَ.

Artinya: “Aku datang memenuhi panggilan-Mu, Ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, dan tiada sekutu bagi-Mu.”

Doa Ketika Tawaf

Doa Haji dan Umrah - alquranmulia.files.wordpress.com

Doa Haji dan Umrah – alquranmulia.files.wordpress.com

Tawaf merupakan kegiatan mengelilingi Kakbah yang dilaksanakan sebanyak tujuh kali.  Doa tawaf wajib dilantunkan ketika Anda mengelilingi Kakbah sejak Hajar Aswad hingga Rukun Yamani. Adapun doa yang harus dilantunkan ketika tawaf adalah sebagai berikut:

ل رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلٰاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ مَعَ اْ

.أَبْرَارِ يَا عَزِيْزُ يَا غَفَّارُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya: “Wahai Tuhan kami, berilah kami di dunia dan akhirat kebaikan dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka. Dan masukkanlah kami ke dalam surga bersama orang-orang yang berbuat baik. Wahai Tuhan Yang Mahamulia, Maha Pengampun, dan Tuhan yang menguasai seluruh alam.”

Doa Sa’i

Doa Haji dan Umrah - alquranmulia.files.wordpress.com

Doa Haji dan Umrah – alquranmulia.files.wordpress.com

Sa’i merupakan perjalanan dari bukit Shafa menuju bukit Marwah. Doa yang diucapkan ketika sa’i adalah:

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي ويُمِييْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، أَنْجَزَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ اْلأَحْزَابَ وَحْدَه

Artinya: “Tiada sesembahan yang haq melainkan Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya,  hanya bagi-Nya segala kerajaan, dan hanya bagi-Nya segala puji dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Tiada sesembahan yang haq melainkan Dia, tiada sekutu yang bagi-Nya, yang menepati janji-Nya, dan yang menghancurkan orang-orang kafir tanpa dibantu siapa pun.”

Doa Wukuf

doa haji dan umrah - alquranmulia.files.wordpress.com

doa haji dan umrah – alquranmulia.files.wordpress.com

Wukuf merupakan rukun inti dari pelaksanaan haji. Doa yang dapat dibaca ketika wukuf adalah sebagai berikut:

للَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ كَالَّذِي نَقُولُ وَخَيْرًا مِمَّا نَقُولُ اللَّهُمَّ لَكَ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي وَإِلَيْكَ مَآبِي وَلَكَ رَبِّ تُرَاثِي اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَوَسْوَسَةِ الصَّدْرِ وَشَتَاتِ الْأَمْرِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا تَجِيءُ بِهِ الرِّيحُ

Artinya: “Ya Allah, segala puji bagi-Mu seperti yang Engkau firmankan dan lebih baik dari yang kami ucapkan. Ya Allah, bagi-Mu salatku, ibadahku, hidupku, matiku, dan hanya kepada-Mu tempat kembaliku. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur dan keragu-raguan dalam hati serta kesulitan segala urusan. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang diembuskan oleh angin.”

Itulah beberapa doa haji dan umrah yang wajib dihafal setiap jemaah. Semoga bermanfaat.

Add Comment

%d bloggers like this: