Dunia Islam

Doa Melahirkan dari Ayat Alquran dan Hadits Nabi

Momen melahirkan sang buah hati adalah saat yang membahagiakan bagi ibu, tapi tak jarang juga membuat cemas, terlebih bila kelahiran tersebut adalah yang pertama. Nah, untuk meredakan rasa cemas dan memberi kepercayaan diri, ada baiknya Anda berdoa. Bagi muslim, doa adalah senjata orang beriman. Nah, berikut contoh doa melahirkan yang diambil dari ayat Alquran dan hadits.

Doa dari Ayat Alquran  

Ayat Dari Al-Quran - albert.b-cdn.net
Ayat Dari Al-Quran – albert.b-cdn.net

Ada 3 surat dalam Alquran yang menjadi panduan doa dan wirid. Ketiga surat ini bisa dijadikan doa melahirkan agar ibu dimudahkan ketika dalam proses persalinan. Ketiga surat tersebut antara lain:

  • Al Ikhlas berisi tentang keesaan Allah SWT. Dengan membaca surat ini, ibu hamil yang bersiap melahirkan diharapkan menggantungkan harapannya hanya kepada Allah SWT.
  • Al Falaq berisi tentang perlindungan dari kedengkian manusia dan tukang sihir. Dengan membaca surat ini, ibu hamil yang bersiap melahirkan mendapatkan perlindungan dari kejahatan manusia dan makhluk Allah lainnya.
  • An Naas berisi tentang perlindungan dari hasutan manusia dan jin kafir. Maka, diharapkan ketika membacanya perempuan yang dalam proses bersalin mendapat perlindungan dari bujuk rayu setan manusia dan jin.

Ketiga surat tersebut juga bisa diucapkan oleh mereka yang menjenguk seorang perempuan yang akan melahirkan. Selain ketiga surat di atas, ada baiknya ibu hamil membaca surat Al Fatihah dan Ayat Kursi agar hati terasa tenang.

Lalu, ketika Fatimah Az-zahra putri Nabi sedang bersiap untuk melahirkan, Nabi menyuruhnya untuk membaca surat Al A’raf  ayat 54. Surat ketujuh tersebut berisi penjelasan tentang kekuasaan Allah.

Anda pun bisa membaca surat Al Hasyr ayat 22-24. Surat kelima puluh sembilan tersebut berisi nama-nama Allah dan dikenal dengan sebutan Asmaul Husna. Ketika proses bersalin berlangsung, seorang perempuan berjuang antara hidup dan mati. Maka diharapkan dia senantiasa mengingat Allah agar proses melahirkannya berjalan lancer dan selamat.

Doa dari Hadits Nabi

Doa dari Hadits Nabi - nasehatislami.co.id
Doa dari Hadits Nabi – nasehatislami.co.id

Selain dari kitab suci Alquran, banyak pula doa yang diambil dari hadits. Doa melahirkan yang diambil dari hadits-hadits nabi tersebut bisa dipakai saat terjadi masalah ketika bersalin atau agar proses persalinan normal tanpa kendala apapun.

Ada 3 hadits yang sering dipakai untuk berdoa, yaitu:

  • Hadits Riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majah

Ibu hamil dalam usia kandungan 9 bulan dapat membaca, “Allahu, Allahu robbi laa usyrika bihi syaia (Allah, Allah tiada aku menyekutukanmu dengan sesuatu).” Jika sedang dalam kesusahan, Rasulullah saw menganjurkan untuk membaca doa tersebut.

  • Hadits Riwayat At-Tirmidzi

Ibu hamil yang bersiap melahirkan bisa berdoa, “Ya khayyu ya qoyyum, birohmatika astaghits.”

Yang artinya, “Wahai yang Maha Hidup lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan.” Rasulullah saw pun sering membaca doa ini apabila sedang tertimpa masalah.

  • Hadits Riwayat Bukhari

Doa ini cocok dibaca oleh ibu hamil menjelang persalinan. Terutama jika mengalami kesulitan dalam melahirkan. Lafaznya adalah, “Laa ilaaha illalloh, al Khalimul Kaarim, Subkhanallahi robbil alamiin.”

Selain doa melahirkan di atas, ada pula ayat mengenai kandungan dan proses penciptaan manusia. Seperti Alquran surat Ar-Rad ayat 8, Fathir ayat 11, An-Nahl ayat 78, dan Al Zalzalah ayat 1 sampai 8.

Jadi jangan cemas bila akan melahirkan. Berdoa dan serahkan semua kepada Allah, ya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close