Dunia Islam

3 Doa Luar Biasa dalam Memohon Petunjuk

Sebelum memasuki bagian pembahasan, berikut keutamaan memohon petunjuk kepada Allah Swt. yang terdapat dalam Surah Al-Qasas (28) ayat 56.

إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَن يَشَاء وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ ﴿٥٦﴾

Artinya:

Sungguh, engkau (Muhammad) tidak dapat memberi petunjuk kepada orang yang engkau kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki, dan Dia lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.

Dari sekian harapan yang dipanjatkan dalam berdoa, mendapatkan petunjuk adalah salah satunya. Meminta petunjuk di sini tidak hanya karena seorang hamba merasa tidak tahu harus berbuat apa, tetapi juga karena dia ingin lebih membulatkan tekad dalam melaksanakan keputusan yang dia pilih.

Setiap orang memiliki tingkat kemampuan berbeda dalam mengambil tindakan. Akan tetapi, tidak satu pun bisa menjamin apakah hal yang mereka lakukan adalah seratus persen (bahkan kurang) benar. Manusia itu memiliki batasan. Oleh karena itu, meminta petunjuk kepada Allah Yang Maha Mengetahui adalah jalan yang paling benar.

Di dalam Al-Quran, Allah Swt.mengabadikan doa mohon petunjuk dari kekasihnya (para rasul dan nabi) dan orang-orang terdahulu. Doa-doa tersebut sangat dianjurkan untuk diamalkan di kehidupan sehari-hari.

Surah Al-Kahf (18) ayat 10, saat tidak tahu harus berbuat apa karena pemahaman yang kurang terhadap suatu urusan.

Surah Al-Kahf (18) ayat 10, - tatic.republika.co.id
Surah Al-Kahf (18) ayat 10, – tatic.republika.co.id

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا

مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا﴿١٠﴾

Artinya:

(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung kedalam gua lalu mereka berdoa, “YaTuhan kami. Berilah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.”

Surah Al-Isra’ (17) ayat 80-81, berserah diri kepada Allah Swt. semata; berharap bisa memulai sesuatu dengan baik dan menuntaskannya dengan baik pula.

Surah Al-Isra’ (17) ayat 80-81, - griyaquran.org
Surah Al-Isra’ (17) ayat 80-81, – griyaquran.orgui

وَقُل رَّبِّ أَدْخِلْنِي مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَل لِّي مِن لَّدُنكَ سُلْطَانًا

نَّصِيرًا ﴿٨٠﴾

وَقُلْ جَاء الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوقًا ﴿٨١﴾

Artinya:

(80) Dan katakanlah (Muhammad), yaTuhanku, masukkanlah aku ketempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ketempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku darisisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong (ku).

(81) Dan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.

Surah Ali-Imran (3) ayat 8-9, tentang meminta petunjuk dan perlindungan dari hal-hal yang buruk dan menyesatkan. Kepercayaan akan hari akhir adalah kunci memupuk rasa takut dalam melakukan keburukan.

Surah Ali-Imran (3) ayat 8-9 - donasidakwahcenter.com
Surah Ali-Imran (3) ayat 8-9 – donasidakwahcenter.com

رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ ﴿٨﴾

رَبَّنَا إِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لاَّ رَيْبَ فِيهِ إِنَّ اللّهَ لاَ يُخْلِفُ الْمِيعَادَ ﴿٩﴾

Artinya:

(8) (Mereka berdoa) “YaTuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.”

(9) “YaTuhan kami, Engkaulah yang mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan padanya.” Sungguh, Allah tidak menyalahi janji.

Demikianlah 3 doa mohon petunjuk yang tercantum di dalam Al-Quran yang bisa diamalkan di kehidupan sehari-hari. Seperti yang terdapat dalam ayat-ayat di atas, ada kalanya manusia terbentur oleh ketidaktahuan, sementara mereka tidak yakin harus merujuk kepada siapa.

Selain pemahaman, hati yang bulat akan menghindarkan seorang manusia dari penyesalan maupun keragu-raguan. Adapun penyesalan dan keragu-raguan itu membimbing manusia pada penolakan terhadap takdir Allah Swt. Padahal, penolakan terhadap takdir merupakan dosa besar.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: