Dunia Islam

Doa-Doa Nabi Ibrahim yang Terdapat dalam Al-Quran

Sebagai hamba yang beriman, berdoa adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Berdoa artinya meminta atau memohon sesuatu kepada Tuhan Yang Maha Esa. Misalnya dalam kehidupan sehari-hari, seseorang seharusnya meminta keselamatan ketika akan berangkat ke tempat kerja atau sekolah.

Makna dan tujuan dari berdoa ini sendiri tidak hanya karena seseorang sedang menginginkan atau meminta sesuatu, tetapi juga bisa menjadi sebuah bukti bahwa seorang hamba mengakui Allah Swt. itu Maha Berkuasa dan Pemberi. Dengan mengakui sifat-sifat tinggi Allah Swt., seorang hamba sudah berusaha menghindari diri dari kesombongan; sadar bahwa dirinya tidak ada apa-apanya tanpa pertolongan Sang Maha Esa.

Sejak zaman dulu, keutamaan dari berdoa ini bahkan selalu dicontohkan oleh orang-orang pilihan Allah Swt., yakni para rasul. Dan, salah satu kekasih Allah Swt. tersebut adalah Nabi Ibrahim as.

Siapa itu Nabi Ibrahim as.? Julukan lain dari beliau adalah ‘bapak para nabi’. Maksudnya, sebagian keturunan Nabi Ibrahim as juga menjadi seorang rasul. Salah satunya adalah Nabi Ismail as.

Kisah Singkat Nabi Ibrahim as

Kisah Singkat Nabi Ibrahim as - islamindonesia.id
Kisah Singkat Nabi Ibrahim as – islamindonesia.id

Nabi Ibrahim lahir di tengah-tengah ramainya penyembahan terhadap berhala. Bahkan ayahnya, Aazar, adalah seorang tukang pembuat patung-patung berhala. Saat itu, Ibrahim yang cerdas selalu yakin bahwa patung-patung yang tidak bisa bergerak jelas tidak bisa memberikan pertolongan maupun menghindari diri dari kerusakan; mereka hanyalah benda mati.

Melalui proses yang panjang, Ibrahim pun menjadi seorang nabi. Dia menyampaikan firman Allah Swt. kepada semua orang. Cobaan demi cobaan menderanya.

Dalam menghadapi beratnya tantangan dakwah itu, beliau selalu berserah diri kepada Allah Swt. melalui tindakan dan doa-doanya. Dan berikut ini adalah sebagian doa-doa Nabi Ibrahim yang tercatat dalam Alquran.

Doa Nabi Ibrahim dalam hal beribadah salat dan keselamatan di Hari Perhitungan

Doa Nabi Ibrahim dalam hal beribadah salat dan keselamatan di Hari Perhitungan - cdn2.tstatic.net
Doa Nabi Ibrahim dalam hal beribadah salat dan keselamatan di Hari Perhitungan – cdn2.tstatic.net

Surah Ibrahim (14) ayat 40:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء ﴿٤٠﴾

Ayat ini berarti: “Ya Tuhanku, jadikan aku dan anak cucuku orang yang tetap mendirikan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doa kami.”

Masih di surah yang sama, ayat 41:

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ ﴿٤١﴾

Yang artinya: “Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu-bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakannya perhitungan (hari Kiamat).”

Doa Nabi Ibrahim untuk negeri Mekah

Doa Nabi Ibrahim untuk negeri Mekah - 1.bp.blogspot.com
Doa Nabi Ibrahim untuk negeri Mekah – 1.bp.blogspot.com

Doa ini terdapat dalam Surah Ibrahim ayat 35:

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَن نَّعْبُدَ الأَصْنَامَ ﴿٣٥﴾

Yang artinya: Dan ingatlah ketika Ibrahim berdoa, “Ya Tuhan, jadikanlah negeri ini (Mekah) negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak-cucuku agar tidak menyembah berhala.”

Doa beliau yang kemudian dijawab Allah Swt. dalam QS Al-Baqarah (2) ayat 126

Doa beliau yang kemudian dijawab Allah Swt. dalam QS Al-Baqarah (2) ayat 126 - 1.bp.blogspot.com
Doa beliau yang kemudian dijawab Allah Swt. dalam QS Al-Baqarah (2) ayat 126 – 1.bp.blogspot.com

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هََذَا بَلَدًا آمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُم بِاللّهِ

وَالْيَوْمِ الآخِرِ قَالَ وَمَن كَفَرَ فَأُمَتِّعُهُ قَلِيلاً ثُمَّ أَضْطَرُّهُ إِلَى عَذَابِ

النَّارِ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ﴿١٢٦﴾

Dan artinya:

Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berdoa, “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri (Mekah) ini negeri yang aman dan berikan rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya, yaitu di antara mereka yang beriman kepada Allah dan hari kemudian.” Dia (Allah) berfirman, “Dan kepada orang kafir akan Aku berikan kesenangan sementara, kemudian akan Aku paksa dia ke dalam azab neraka, dan itu adalah seburuk-buruknya tempat kembali.”

Demikianlah beberapa doa Nabi Ibrahim as. yang tercantum di dalam Alquran. Seperti yang sudah disebutkan di awal, melalui doa, tidak hanya berkah Allah Swt. yang akan didapat tapi juga manfaat melembutkan hati agar jauh dari sifat sombong karena hanya orang yang merendah yang tulus memohon pada Tuhannya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close