Dunia Islam

Ini Doa Pagi Hari Islam yang Rutin Diamalkan Nabi Muhammad

Memulai hari dengan doa pagi hari Islam  adalah suatu perbuatan yang terpuji. Dibandingkan orang-orang yang bangun di pagi hari tanpa tahu cara menjalani kehidupannya, berdoa akan melahirkan perasaan yang tenang sehingga mampu membuat tujuan hidup kian terarah dengan baik.

Para pegiat pendidikan juga menyarankan kepada semua orang agar terlebih dahulu menentukan tujuan dalam setiap aktivitas yang akan dilakukan. Hal ini bermaksud agar tujuan hidup lebih mudah diraih serta terhindar dari malapetaka, apalagi bagi seorang muslim yang diharuskan mempunyai tujuan-tujuan hidup yang sempurna serta diperoleh dengan jalan yang baik pula.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda mengawali hari dengan doa pagi yang senantiasa diamalkan oleh Rasullah. Berikut adalah doa pagi sesuai tuntunan Rasullah yang dapat Anda amalkan sebelum memulai aktivitas.

Dari Musnad Imam Ahmad dan Ibnu Majah dari Ummu Salamah, dijelaskan bahwa setelah salat Subuh Nabi Muhammad SAW selalu membaca doa sebagai berikut.

Allahumma inniy as aluka ‘ilman naafi’an warizqon thoyyiban wa’amalan mutaqobbalan

“Ya Allah sesungguhnya hamba memohon pada-Mu ilmu yang berguna, rezeki yang halal lagi baik serta perbuatan yang akan Engkau terima.”

Dalam doa tersebut terdapat tiga harapan mulia, yakni mendapatkan ilmu yang berguna, rezeki yang berkah, serta amal perbuatan yang diterima di sisi Allah Swt. Doa ini sangat baik diaplikasikan bagi anak-anak yang akan menuntut ilmu, orang-orang yang bekerja serta seluruh umat manusia agar segala perbuatannya mendapat restu dari Allah Swt. Karena segala daya dan kekuatan untuk mewujudkan kebaikan serta menolak malapetaka hanya dimiliki oleh Allah SWT, sudah sepatutnya kita berserah diri dan tawakal juga hanya kepada-Nya.

Selain doa tersebut, doa pagi hari dalam Islam yang bisa Anda praktikkan agar mendapatkan ketenangan batin di antaranya adalah:

Ayat Kursi dibaca sebanyak satu kali

Ayat Kursi dibaca sebanyak satu kali - 2.bp.blogspot.com
Ayat Kursi dibaca sebanyak satu kali – 2.bp.blogspot.com

Ayat Kursi merupakan nama lain dari surat Al-Baqarah ayat 225. Surat ini berisi pujian terhadap Allah yang berhak disembah, yang kekal abadi, serta menguasai segala yang ada di langit dan di bumi.

Surat Al Ikhlas dibaca sebanyak tiga kali

Surat Al Ikhlas dibaca sebanyak tiga kali - 4.bp.blogspot.com
Surat Al Ikhlas dibaca sebanyak tiga kali – 4.bp.blogspot.com

Surat Al Ikhlas memiliki empat ayat yang berisi tentang Allah Yang Maha Esa tempat bergantung seluruh mahluk dalam semua urusan. Dalam surat ini pula dijelaskan bahwa Allah tidak beranak dan tidak juga diperanakkan.

Surat Al Falaq dan An Naas dibaca sebanyak tiga kali

Surat Al Falaq dibaca sebanyak tiga kali - 4.bp.blogspot.com
Surat Al Falaq dibaca sebanyak tiga kali – 4.bp.blogspot.com
Surat An Naas dibaca sebanyak tiga kali - 1.bp.blogspot.com
Surat An Naas dibaca sebanyak tiga kali – 1.bp.blogspot.com

Dengan membaca kedua surat ini, Anda akan memiliki perisai untuk melawan kejahatan sihir yang dilakukan oleh manusia dan jin serta berlindung dari orang-orang yang dengki.

Doa yang diriwayatkan oleh HR. Muslim

Doa yang diriwayatkan oleh HR. Muslim - islamituindah.co.id
Doa yang diriwayatkan oleh HR. Muslim – islamituindah.co.id

Ash bahnaa wa ash bahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai in qodir. Robbi as aluka khaira maa fi hadzal yaum wa khaira maa ba’dahu wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Robbi a’udzu bika minal kasali wa su il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close
%d bloggers like this: