Dunia Islam

5 Doa Penenang Hati

Dalam kehidupan pasti tidak luput dari dua hal yang berseberangan. Ada pahala dan dosa. Ada nikmat dan cobaan. Bahkan, jika kita melihatnya dengan pikiran positif, cobaan itu sendiri sebenarnya nikmat dari Allah SWT yang tidak terkira. Cobaan bisa saja berupa teguran agar kita tidak pernah melupakan-Nya sekaligus menggembleng kesabaran kita sebagai manusia.

Sayangnya, manusia tidak selalu ingat akan hal itu. Saat dilanda masalah, hati pun gelisah. Semua jadi serba salah. Bahkan, kalau tidak hati-hati, kita bahkan marah dan menyalahkan Allah. Naudzubillah.

Ketimbang larut dalam kegelisahan, alangkah baiknya kita berserah diri dan meminta pertolongan kepada Allah jika sedang menghadapi sebuah masalah. Ada banyak doa penenang hati yang bisa kita baca dan amalkan. Berikut beberapa di antaranya:

DOA 1

Doa 1 - cdns.klimg.com
Doa 1 – cdns.klimg.com

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ جَهْدِالْبَلَاءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ و شَمَاتَةِ الْاَعْدَاءِ

(Allahumma inni a’uuzubika min jahdil bala’. Wa darkish shaqa’. Wa suu il qadhaa’. Wa shamaamatil a’daa’.)

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari menemui penderitaan, dari takdir yang buruk & dari keberhasilan musuh” (Sahih Bukhari)

Saran: bacalah doa ini saat ada seseorang yang ingin menjatuhkan Anda atau mengganggu ketenangan hidup Anda. Jangan lupa juga memohon ampun, karena siapa tahu dulu Anda pernah tanpa sengaja menyakiti mereka.

DOA 2

Doa 2 - 2.bp.blogspot.com
Doa 2 – 2.bp.blogspot.com

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْث

(Yaa hayyu yaa qayyuumm. Bi rahmatika astaghiiths.)

Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak memerlukan segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan.” (Hadis Riwayat Tirmidzi)

Saran: bacalah doa ini saat sedang mengalami masalah, namun merasa sulit mendapatkan pertolongan dari siapa pun.

DOA 3

Doa 3 - rumahkurmasahara.com
Doa 3 – rumahkurmasahara.com

اللهُمَّ لا سَهْلَ إلا مَا جَعَلتَهُ سَهْلا وَ أنتَ تَجْعَلُ الحزْنَ إذا شِئْتَ سَهْلا

(Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna iza syi’ta sahla)

“Wahai Tuhanku, tiada kemudahan melainkan apa yang Engkau jadikan mudah dan perkara yang susah boleh Engkau jadikan mudah apabila Engkau mengkehendakinya.” (Sahih Ibnu Hibban)

Saran: bacalah doa ini saat Anda merasa sedang dipersulit oleh orang lain atau merasa ada halangan menuju keinginan Anda. Jangan lupa, bersiaplah untuk pasrah saat hasilnya tidak sesuai dengan keinginan Anda. Bisa jadi, Allah tengah melindungi Anda dari kerugian.

DOA 4

Doa 4 - i1.wp.com
Doa 4 – i1.wp.com

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

(Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.)

Ya Allah, aku berlindung padaMu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung padamu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung padaMu dari cengkaman hutang dan penindasan orang.”

– Sahih Bukhari

Saran: bacalah doa ini saat dikejar-kejar oleh utang yang mencekik atau ada seseorang yang selalu menyakiti Anda. Meskipun Anda merasa tidak pernah berbuat salah pada mereka, bisa jadi mereka hanya iri pada Anda.

DOA 5

Doa 5 - rumahgua.files.wordpress.com
Doa 5 – rumahgua.files.wordpress.com

لا إلهَ إلا أنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظّالِمِيْنَ

(Laa ilaaha illa anta subhaanaka inni kuntu minaz zholimin.)

Tiada Tuhan melainkan Engkau (ya Allah)! Maha Suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah dari pada orang-orang yang menganiaya diri sendiri.” (Surah Al-Anbiya’ Ayat 87)

Saran: bacalah doa ini saat Anda merasa resah dan terlanjur menyiksa diri dengan kebiasaan yang tidak sehat. Misalnya: merokok atau makan terlalu banyak saat sedang stres.

Banyak sekali doa penenang hati yang dapat membantu Anda melalui masa-masa sulit. Semoga kelima doa ini bermanfaat bagi Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close