Dunia Islam

Inilah Keutamaan Doa Setelah Sholat Fardhu Menurut Tuntunan Rasulullah SAW

Dalam ajaran Islam, doa memiliki kedudukan yang utama di sisi Allah SWT. Saat kita tidak memiliki kuasa atas sesuatu, satu-satunya cara hanyalah memohon kuasa kepada Allah SWT untuk mengabulkan keinginan kita. Di antara doa tersebut adalah kumpulan doa setelah sholat fardhu yang rutin diamalkan sehari-hari. Rasulullah SAW pun memiliki sunnah yang bisa kita tiru dalam melafalkan doa-doa usai sholat tersebut.

Mengapa nabi mengajarkan kepada umatnya untuk berdoa setelah sholat? Tentu saja ada manfaat di balik perintah tersebut. Doa bisa membentengi kita dari kejahatan dunia dan akhirat, sekaligus membawa kita kepada kebaikan.

Dengan mengaplikasikan doa setelah sholat fardhu secara rutin, berikut adalah beberapa keutamaan yang akan kita peroleh:

Dosa-Dosa Kita akan Diampuni oleh Allah SWT

Doa Setelah Sholat Fardhu - The Islamic Monthly
Doa Setelah Sholat Fardhu – The Islamic Monthly

Sebagai manusia, kita tidak luput dari dosa dan kesalahan. Satu-satunya cara untuk memohon ampunan kepada Allah SWT adalah dengan berdoa. Adapun keutaman doa setelah sholat fardhu adalah untuk menghapus dosa kita, meski sebanyak buih di lautan. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang artinya:

“Barang siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir sebanyak 33 kali setelah melaksanakan shalat fardhu sehingga berjumlah 99 kemudian menggenapkannya untuk yang keseratus dengan ucapan “Laa ilaaha illallah wahdahuu laa syariikalahu. Lahulmuku walahulhamdu wa huwa ‘alaa qulli syaiin qadiir, maka kesalahannya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim)

Mendapat Balasan Surga

Doa Setelah Sholat Fardhu - ThoughtCo
Doa Setelah Sholat Fardhu – ThoughtCo

Dari sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, dari Abdullan bin ‘Amr mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwasanya ada dua amalan ringan yang bisa dikerjakan oleh setiap muslim yang ingin masuk surga. Apakah itu? Yang pertama adalah membaca kalimat takbir sebanyak 34 kali, kalimat tahmid sebanyak 33 kali, dan kalimat tasbih sebanyak 33 kali sebelum tidur.

Perkara yang ke-2 adalah membaca tasbih sebanyak 10 kali, kalimat tahmid sebanyak 10 kali, dan takbir 10 kali di setiap akhir sholatnya. Keutamaan doa setelah sholat fardhu tersebut diumpamakan setara dengan 150 kali diucapkan di lisan, dan 1.500 kali di timbangan pahala kelak.
Meski terlihat remeh, tak banyak umat muslim yang bisa mengerjakannya secara rutin.

Kita Akan Terlindung dari Keburukan Dunia dan Akhirat

Doa Setelah Sholat Fardhu - Muslim.okezone.com
Doa Setelah Sholat Fardhu – Muslim.okezone.com

Nabi Muhammad SAW menyeru kepada kita untuk membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas setiap usai melaksanakan sholat fardhu. Mengapa demikian? Hal tersebut karena ketiga surat itu akan menjauhkan kita dari keburukan dunia dan akhirat, sebagaimana tertulis dalam sebuah hadis yang artinya:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkanku agar membaca surat Al-Mu’awwidzat (Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas) setiap selesai menunaikan shalat.” (H.R. Abu Daud)

Menurut beberapa riwayat lainnya, membaca tiga surat tersebut bisa menjadi perlindungan bagi kita dari segala kejelekan.

Perbuatan Dosa Tidak akan Mencapai Mizan (Timbangan)

Doa Setelah Sholat Fardhu - Hizb-australia.org
Doa Setelah Sholat Fardhu – Hizb-australia.org

Dengan melakukan zikir dan doa setelah sholat fardhu, setiap perbuatan dosa kita tidak akan mencapai mizan di akhirat kelak, kecuali dosa syirik yang menyekutukan Allah SWT.
Hal ini juga tercantum dalam sebuah hadis yang artinya:

“Barangsiapa yang mengucapkan usai shalat Shubuh dalam keadaan melipat kedua kakinya sebelum mengucap Laa ilaaha illallah wahdahuu laa syariikalahu. Lahulmuku walahulhamdu wa huwa ‘alaa qulli syaiin qadiir 10 kali, maka dituliskan baginya 10 kebajikan, dihapus darinya 10 keburukan, dan diangkat baginya 10 derajat,serta harinya itu berada dalam lindungan dari semua yang tidak disenangi dan dijaga dari setan, juga dosa tidak akan mencapai (timbangan)nya pada hari itu selain dosa menyekutukan Allah.” (HR. At-Tirmidzi)

Itulah 4 keutamaan memanjatkan doa setelah sholat fardhu berdasarkan sunah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Meskipun banyak dari kita yang memiliki kesibukan duniawi, alangkah baiknya untuk meluangkan waktu barang sejenak untuk duduk dan khusyuk berdoa kepada Allah SWT.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: