Dunia Islam

5 Doa untuk Kesembuhan Orang Sakit sesuai Sunah Rasulullah

Saling menyayangi antar sesama umat manusia menjadi bagian dari ajaran Islam. Oleh karenanya jika ada saudara, teman, atau tetangga yang mengalami sakit, kita wajib menjenguknya agar dapat menambah semangatnya untuk sembuh.  Hendaknya kita mendoakan kebaikan dan kesembuhannya sesuai dengan Sunnah Rasulullah.

Dalam ajaran Islam pun, terdapat beberapa adab berdoa saat menjenguk orang sakit tersebut agar segera sembuh. Berikut ini, beberapa doa untuk kesembuhan orang sakit menurut sunah Rasulullah SAW.

Doa untuk Orang Sakit sesuai Sunah Rasulullah SAW

Doa untuk Orang Sakit sesuai Sunah Rasulullah SAW - i1.wp.com
Doa untuk Orang Sakit sesuai Sunah Rasulullah SAW – i1.wp.com

Nabi Muhammad SAW bersabda, untuk membacakan doa kepada orang sakit sebanyak 7x, agar sembuh dari sakit yang diderita sebelum nyawanya terputus dari raganya. Tujuannya agar Allah SWT memberikan kesembuhan dari sakitnya.

“Asalullahal adhim, robbal Arsyil adhim an-yasyfiyaka.”

“Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan yang mempunyai arasy yang besar, semoga Allah menyembuhkan engkau.”

Doa untuk Orang Sakit yang Lengkap

Doa untuk Orang Sakit yang Lengkap - pbs.twimg.com
Doa untuk Orang Sakit yang Lengkap – pbs.twimg.com

Terdapat doa yang lebih lengkap, yang  diucapkan kepada saudara atau teman kita, yang sedang menderita sakit tertentu. Doa ini bisa untuk penyakit apapun yang sedang diderita, mulai dari penyakit ringan seperti flu, demam hingga sakit parah. Tujuannya adalah kita mendoakan agar penyakitnya diangkat oleh Allah SWT.

“Allahumma robbannas adzhibilba’ sa isyfi antasysyafi la syifauka syifa’ an la yughodiru saqoma.”

“Ya Allah Ya Tuhanku, Tuhan dari segala manusia di muka bumi, berikanlah kesembuhan kepadanya, angkatlah penyakitnya, dan jadikanlah penyakit yang ia derita sebagai pelebur dosa. Hanya kepadamulah kami meminta kesembuhan, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” ( H.R. Bukhori Muslim)

Doa untuk Orang Sakit Saat Kita Mengunjungi Keluarganya

Doa untuk Orang Sakit Saat Kita Mengunjungi Keluarganya - 3.bp.blogspot.com
Doa untuk Orang Sakit Saat Kita Mengunjungi Keluarganya – 3.bp.blogspot.com

Rasulullah SAW pernah mengunjungi keluarga dari seorang yang mengalami sakit parah. Lalu nabi mengusapkan tangan kanannya, pada kepala si sakit yang mengalami sakit parah sambil berucap :

“Allahuma rabbannasi ad-hibil ba’sassy fihi wa antas syafihii laa syifaa-a illa syifaauka syifaa-an lal yu gwhoo diru sakomaan”. (HR Bukhari dan muslim)

Ya Allah, Rabb seluruh manusia, sirnakanlah keluhan, sembuhkanlah dia, sedangkan Engkaulah Penyembuh, tiada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tiada menyisakan penyakit.

Doa untuk Kesembuhan Diri Sendiri

Doa untuk Kesembuhan Diri Sendiri - infoana.com
Doa untuk Kesembuhan Diri Sendiri – infoana.com

Rasulullah juga memberikan contoh pada kita untuk berdoa demi kesembuhan diri sendiri. Caranya dilakukan dengan cara menyentuh bagian yang sakit dengan tangan kanan, sambil berdoa sebagai berikut:

“Bismillah A’uudzu Bi ‘Izzatillahi Wa Qudratihi Min Syarri Maa Ajidu Wa Uhaadziru”.

“Dengan menyebut nama Allah, aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.”

Doa untuk Orang Sakit dengan Sholawat Tibbil Qulub

Doa untuk Orang Sakit dengan Sholawat Tibbil Qulub - i0.wp.com
Doa untuk Orang Sakit dengan Sholawat Tibbil Qulub – i0.wp.com

Selain berdoa seperti di atas, Rasulullah juga memberikan contoh untuk mendoakan orang yang sakit, dengan bersholawat. Doa sholawat tibbil qulub dibacakan 10x, dilakukan sambil menyentuh bagian tubuh yang sakit.

 “Allahumma Shalli ‘alaa Sayyidina Muhammadin Tibbil Qiuluubi Wadawaaiha Wa’aafiyatil Abdaani Wasyifaaihaa Wanuuril Abshaari Wadliyaaihaa Waquwwati Ajsaadi Wal Arwaahi Waghidaa Iha Wa’alaa Aalihi Washahbihi Ajma’in.”

“Ya Allah, curahkanlah rahmat kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhan, penyehat badan dan kesembuhannya, dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya, dan merupakan makanan pokok jasmani maupun rohani. Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para sahabatnya”.

Demikianlah, Allah SWT sesungguhnya telah menurunkan obat segala macam penyakit yang diturunkannya. Hanya saja, Allah belum memberikan petunjuk atau hidayahnya kepada manusia. Oleh karenanya melalui Rasulullah, Tuhan mengajarkan kita untuk terus memanjatkan doa untuk kesembuhan orang sakit  tersebut. Semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: