Dunia Islam

Ingin Hati Terasa Tenang? Ini 5 Doa Was-Was yang Bisa Anda Panjatkan

Pernahkah Anda merasa gelisah atau terlalu khawatir? Itulah yang dinamakan waswas. Ketika dikuasai perasaan tersebut, seseorang tidak bisa mengambil keputusan dengan tegas. Bahkan, ia tak mampu melihat kebenaran dan petunjuk dari Allah SWT.

Penyebab utama rasa waswas adalah gangguan setan. Untuk mengatasinya, Anda harus banyak berdoa. Berikut ini ada lima doa was-was yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Doa Bersumber dari Surat Al-Anfal

Surat Al-Anfal - fadhilza.com
Surat Al-Anfal – fadhilza.com

Kata al-anfal berasal dari Bahasa Arab yang artinya, jarahan atau harta rampasan perang. Salah satu surat dalam Alquran disebut Al-Anfal dengan makna, harta rampasan perang. Di bawah ini merupakan Surat Al-Anfal ayat 9-10 yang bisa menghilangkan rasa waswas jika dibaca.

  1. Idz tastaghiitsuuna rabbakum faistajaaba lakum annii mumiddukum bi-alfin mina almalaa-ikati mudifiina

Artinya :

“(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu : “Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut.” (QS. Al-Anfal : 9)

  1. Wamaa ja’allahu illa busyraa walitathma-inna bihi quluubukum wamaaalnnashru illa min ‘indi allahi inna allaaha ‘aziizun hakiimun

Artinya :

“Dan Allah tidak menjadikannya (mengirim bala bantuan itu), melainkan sebagai kabar gembira dan agar hatimu menjadi tenteram karenanya. Dan kemenangan itu hanyalah dari sisi Allah. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. (QS. Al-Anfal : 10)

Doa Bersumber dari Surat Ali Imran

Surat Ali Imran:106 - cdn1.cloudfiles.rackspacecloud.com
Surat Ali Imran:106 – cdn1.cloudfiles.rackspacecloud.com

Surat Ali Imran yang berkisah tentang keluarga Imran ini terdiri dari 200 ayat. Dalam surat Ali Imran, terdapat ayat yang bisa Anda baca ketika waswas. Berikut bunyinya.

  1. In yanshurkumu allahu falaa ghaaliba lakum wa-in yakhdzulkum faman dzaaalladzii yanshurukum min ba’dihi wa’alaa allaahi falyatawakkali almu’minuuna

Artinya :

“Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mu’min bertawakal.” (QS. Ali Imran : 160)

Doa Bersumber dari Surat At-Taubah

Surat At-Taubah:51 - theonlyquran.com
Surat At-Taubah:51 – theonlyquran.com

Berdasarkan Bahasa Arab, at-tawbah artinya adalah pengampunan. Kata ini disebut berulang kali dalam surat At-Taubah. Salah satu ayatnya berikut ini bisa dibaca sebagai doa was-was.

  1. Qul lan yushiibanaa illaa maa kataba allahu lanaa huwa mawlanaa wa ‘alainaaallaahi falyatakkali almu’minuuna

Artinya :

“Katakanlah : “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal.” (QS. At-Taubah : 51)

Doa Bersumber dari Kitab

Doa Bersumber Dari Kitab - circusjuventas.org.com
Doa Bersumber Dari Kitab – circusjuventas.org.com

Rasa waswas bisa terjadi saat Anda melakukan kegiatan apa pun, termasuk salat. Syekh Sulaiman al-Bujairami dan Imam Nawawi al-Bantani mengajarkan sebuah doa untuk mengatasi waswas saat salat. Doa tersebut diriwayatkan dalam Kitab al-Bujairami ‘ala al-Khathib dan Nihayah al-Zain. Berikut bunyi doanya; harus dibaca tiga kali.

Allahumma inni a’udzubika min syaithanii waswasati khanzab

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari Khanzab, setan pembuat waswas.”

Doa yang Diajarkan oleh Imam Abi Hasan as-Syadzili

Doa yang Diajarkan oleh Imam Abi Hasan as-Syadzili - 4.bp.blogspot.com
Doa yang Diajarkan oleh Imam Abi Hasan as-Syadzili – 4.bp.blogspot.com

Melalui kitab I’anah al-Thalibin, Syekh Abu Bakar Syatho ad-Dimyathi meriwayatkan sebuah doa was-was dari Imam Abi Hasan as-Syadzili berikut ini.

Subhanal malikil quddusil khallaqil fa’al

Artinya :

“Mahasuci Allah yang Mahasuci, Mahapencipta, dan Mahaberbuat.”

Bacalah doa di atas sebanyak tujuh kali sambil menempelkan tangan di dada. Kemudian, menyambungnya dengan membaca Surat Fathir ayat 16-17.

  1. Iy yasya; yudzhibkum waya’ti bi khalqin jadid

Artinya :

“Jika Dia menghendaki, niscaya Dia memusnahkan kamu dan mendatangkan makhluk yang baru (untuk menggantikan kamu).” (QS. Fathir : 16)

  1. Wa ma dzalika ‘alallahi bi ‘aziz

Artinya :

“Dan yang demikian itu sekali-kali tidak sulit bagi Allah.” (QS. Fathir : 17)

Itulah lima doa was-was yang bisa Anda baca ketika merasa khawatir atau ragu dalam melangkah. Sesungguhnya dengan berdoa, hati terasa lebih tenang. Semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close
%d bloggers like this: