Dunia Islam

Etika Bisnis yang Harus Diketahui oleh Setiap Muslim

Sama seperti urusan muamalah lainnya, urusan bisnis juga telah diatur dalam syariat Islam. Nilai-nilai dasar atau etika dalam bisnis diperlukan untuk menolong para pelaku bisnis dalam memecahkan problem-problem terutama yang berkaitan dengan moral dalam praktik bisnis mereka. Standar moral dalam etika bisnis Islam tentunya harus berdasarkan Alquran dan hadis Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam.

Dalam Islam, kegiatan bisnis tidak hanya dipandang sebagai usaha yang bersifat material semata tetapi juga imaterial. Bisnis bisa menjadi ladang ibadah selama bermanfaat untuk orang lain dan mematuhi perintah Allah. Begitu pula sebaliknya, bisa menjadi sebab seseorang terjatuh ke dalam dosa. Dasar hukum atau etika bisnis Islam dengan merujuk pada sumber yang sahih di antaranya:

Alquran

Etika Bisnil Islam - griyaquran.org
Etika Bisnil Islam – griyaquran.org

1.Surat Al Baqarah ayat 282

Ayat ini menjelaskan kaidah dan adab muamalah yang berkaitan dengan jual beli, niaga, dan hutang. Dalam ayat ini disebutkan bahwa jual beli secara tunai lebih utama daripada hutang. Apabila terpaksa berhutang maka harus dicatat dan disaksikan oleh dua orang saksi.

  1. Surat An Nisa ayat 29

Ayat ini berisi larangan untuk memakan harta mukmin yang lain dengan cara yang melanggar syariat dan merugikan manusia. Sekaligus menjadi dasar bahwa perniagaan harus didasarkan pada suka sama suka atau tanpa paksaan.

  1. Surat At Taubah ayat 24

Ayat ini berisi peringatan kepada manusia agar usaha perniagaannya tidak mengesampingkan Allah dan Rasul-Nya. Bila manusia sibuk membangun bisnis kemudian melupakan perintah Allah dan Rasul-Nya maka ia akan merugi di akhirat kelak.

  1. Surat An Nur ayat 37

Ayat ini menyebutkan ciri-ciri pebisnis yang baik, yakni tidak dilalaikan oleh perniagaan atau jual beli dari mengingat Allah, mendirikan salat, dan membayar zakat. Mereka takut jika lalai maka hati dan penglihatannya akan guncang. Mereka melakukannya supaya Allah memberikan balasan yang baik dan menambahkan karunia kepada mereka.

  1. Surat Al Baqarah ayat 275

Ayat ini dengan singkat dan sangat jelas menunjukkan bahwa Allah menghalalkan jual beli, tapi mengharamkan riba, sehingga bisnis yang dilaksanakan oleh umat Islam harus bersih dari unsur riba.

Hadis

Etika Bisnil Islam - nikimura.com
Etika Bisnil Islam – nikimura.com
  1. Prinsip utama dalam bisnis adalah kejujuran. Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya, kelak di hari kiamat para pedagang akan dibangkitkan sebagai orang-orang jahat kecuali pedagang yang bertakwa kepada Allah, berbuat baik, dan jujur (HR. Tirmidzi)
  2. Pelaku bisnis tidak melakukan sumpah palsu. Nabi melarang umatnya untuk melakukan sumpah palsu ketika melakukan transaksi bisnis. Dalam hadis yang disampaikan oleh Abu Dzar, Rasulullah mengancam dengan azab yang pedih bagi orang yang bersumpah palsu dalam bisnis dan Allah tidak akan memedulikannya di hari kiamat kelak. (HR. Muslim)
  3. Ramah-tamah. Rasulullah bersabda, “Allah merahmati seseorang yang ramah dan toleran dalam berbisnis.” (HR. Bukhari dan Tirmidzi)
  4. Tidak boleh menjelekkan bisnis orang lain.
  5. Tidak boleh menumpuk dan menyimpan barang dalam masa tertentu agar harga menjadi naik serta tidak boleh monopoli.
  6. Komoditi bisnis adalah barang yang suci dan halal.

Berbisnis dikatakan oleh sebagian ulama sebagai mata pencaharian yang paling utama. Namun, bisnis yang dijalankan oleh seorang muslim harus sesuai dengan syariat agar harta dan rezeki yang dia terima bernilai berkah. Semoga ulasan mengenai etika bisnis dalam Islam di atas bermanfaat, ya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close