Dunia Islam

Ini 4 Fadilah Membaca Sholawat bagi Muslim

Ketika melakukan duduk tahiyat awal dan akhir, kita pasti membaca sholawat. Nah, tahukah Anda bahwa dibalik membaca sholawat yang singkat tersebut terkandung keutamaan yang tidak bisa dianggap enteng? Mari bahas bersama fadilah sholawat bagi umat muslim ini.

Arti dan Perintah untuk Bersholawat

Arti dan Perintah untuk Bersholawat - image.slidesharecdn.com
Arti dan Perintah untuk Bersholawat – image.slidesharecdn.com

Sholawat adalah bentuk jamak dari kata salat, yang memiliki arti berdoa atau seruan kepada Allah. Sholawat memiliki arti mendoakan suatu kebaikan dan keberkahan kepada nabi dan rasul. Sholawat merupakan bukti tanda penghormatan dan cinta seorang hamba kepada Rasulullah Muhammad saw.

Perintah untuk mengucapkan sholawat kepada rasul terdapat pada Alquran surah Al-Ahzab [33] ayat ke 56. “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Allah dan para malaikat-Nya ikut memberikan contoh kepada kita agar senantiasa membacakan sholawat. Ketika Allah bersholawat untuk nabi, maka Allah memberikan rahmat-Nya kepada nabi. Apabila malaikat membacakan sholawat, maka para malaikat tersebut memohonkan rahmat dan ampunan.

Fadilah Sholawat  (Manfaat dan Keutamaannya)

Fadilah Sholawat  (Manfaat dan Keutamaannya) - 2.bp.blogspot.com
Fadilah Sholawat  (Manfaat dan Keutamaannya) – 2.bp.blogspot.com

Membaca sholawat artinya memohon agar diberi rahmat Allah SWT sekaligus mendoakan kebaikan dan keberkahan kepada rasul. Manfaat dari amalan ini akan berbalik kepada orang yang mendoakan dan membacakan sholawat.

Berikut ini berbagai fadhilah sholawat bagi umat muslim, yaitu:

  • Mendapatkan rahmat Allah SWT

Fadilah sholawat yang pertama adalah mendapatkan rahmat dari Allah SWT sebanyak 10 kali. Ini disebutkan dalam sebuah hadis riwayat Amr bin Ash, bahwa sesungguhnya Amr bin Ash mendengar Rasulullah saw bersabda: “Barang siapa yang membaca shalawat sekali saja, Allah SWT akan memberi rahmat padanya sebanyak sepuluh kali” (Hadis riwayat Amr bin Ash). Hadis riwayat Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i juga meriwayatkan hal yang sama.

Umat muslim dijanjikan mendapat pahala yang berlipat setiap kali membaca sholawat. Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

  • Doa-doa terkabulkan

Setiap kali membaca sholawat, kita juga mendapatkan fadhilah sholawat lainnya yaitu dikabulkannya doa-doa yang dipanjatkan. Hal ini disabdakan oleh Rasulullah saw, “Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.”(HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

Jadi, membaca sholawat adalah salah satu jalan bagi terkabulnya doa-doa yang dipanjatkan. Ini dipertegas kembali dengan sebuah hadits riwayat Thabrani. Rasulullah saw bersabda, “Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya.”(HR Thabrani).

  • Mendapatkan syafaat dari Rasulullah saw

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim).

Sholawat dapat dijadikan pertolongan bagi umat muslim kelak di akhirat.

  • Dikumpulkan di surga bersama Rasulullah saw

Nabi Muhammad saw bersabda, “Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi). Siapakah umat Islam yang tidak ingin berkumpul bersama Rasulullah kelak di surga-Nya?

Itulah beberapa fadhilah sholawat. Semoga kita senantiasa menjadi hamba yang tidak pernah luput dari membaca sholawat. Aamiin.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close