Dunia Islam

4 Film Sejarah Islam yang Menginspirasi

Dunia perfilman internasional memang sangat jarang menampilkan kisah-kisah religi, apalagi Islam. Ditambah dengan semakin banyaknya Islamophobia di dunia barat, mengangkat cerita mengenai agama Islam tentu tidak akan menguntungkan secara bisnis.

Kendati demikian, rupanya ada banyak film sejarah Islam yang sudah pernah dibuat. Sebagian besar memang bukan merupakan produksi Hollywood, melainkan negara-negara Islam. Namun, histori Islam yang dipaparkan tidak kalah menarik dan memberikan inspirasi seperti beberapa berikut ini.

The Message

Filem Sejarah Islam - images.themuslimweekly.com
Filem Sejarah Islam – images.themuslimweekly.com

Boleh jadi Anda sudah pernah menonton film sejarah Islam yang satu ini. Pasalnya, film ini memang sangat sering diputar untuk kembali mengingatkan bagi kaum muslim mengenai perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW.

Film drama sejarah ini dirilis pada tahun 1977 dan merupakan hasil karya sutradara Moustapha Akkad. Ada dua bahasa yang digunakan saat perlilisan, yakni bahasa Arab dan Inggris. Kisah yang diangkat tidak lain adalah catatan perjalanan dan perjuangan Rasulullah SAW mulai dari menerima wahyu, hijrah ke Madinah, Perang Badar, Perang Ubud, termasuk perebutan kembali Kota Mekah.

The Message tidak hanya diapresiasi oleh umat muslim. Film yang diperankan oleh Anthony Quinn ini bahkan berhasil menjadi nominator dalam acara penghargaan Academy Awards ke-50 untuk kategori Musik Orisinal Terbaik. Meski tidak berhasil menang, film ini menjadi cukup banyak dikenal oleh mata internasional.

Kingdom of Solomon

Filem Sejarah Islam - kingdomofsolomon.persiangig.com
Filem Sejarah Islam – kingdomofsolomon.persiangig.com

Film series yang satu ini berasal dari Iran, diproduksi oleh Motjaba Farvadeh dan disutradarai oleh Shahriar Bahrani. Walaupun bukan produksi Hollywood, kualitas dan keseluruhan konsep film ini layak untuk diacungi jempol.

Sesuai namanya, Kingdom of Solomon menceritakan tentang kisah hidup Nabi Sulaiman AS yang sebagian besar diambil dari Alquran. Alur film ini dimulai dari fase Nabi Sulaiman AS diangkat menjad raja setelah ayahnya, Nabi Daus AS, wafat. Sebuah ramalan yang mengisyaratkan jika para jin dan setan akan menghancurkan dunia manusia membuat Nabi Sulaiman mengumpulkan para ilmuwan dan rohaniwan Bani Israel. Alih-alih menemukan solusi, Nabi justru dianggap sebagai pengkhayal dan suasana kehidupan menjadi semakin kacau.

Film Kingdom of Solomon juga berhasil meraih beberapa penghargaan. Tidak tanggung-tanggung, film yang dibintangi Amin Zendegani, Elham Hamidi, dan Mahmud Pakniyat ini memboyong lima penghargaan utama dalam festival Film Fahr 2010.

Fetih 1453

Filem Sejarah Islam - i.ytimg.com
Filem Sejarah Islam – i.ytimg.com

Dua tahun kemudian, di tahun 2012, Turki memproduksi sebuah film sejarah Islam yang sempat menuai kontroversi. Fetih 1453 mendapatkan banyak reaksi yang bertentangan baik dari kaum muslim maupun nomuslim. Saat diputar di Yunani misalnya, penonton menganggap adanya pelecehan agama pada kekuasaan Bizantium, Romawi Timur. Sementara itu dari kaum muslim sendiri, Fetih 1453 dianggap mengumbar adegan kekerasan, percintaan yang dinilai zina, dan lain-lain.

Secara umum film ini menggambarkan peristiwa menjelang runtuhnya Konstatinopel (sekarang dikenal dengan nama Istanbul) hingga masa pemerintahan Sultan Mehmed II (Turki Ottoman). Adapun karakter sentral film ini ialah Muhammad Al Fatih, seorang panglima muslim terbesar sepanjang sejarah.

Kingdom of Heaven

Filem Sejarah Islam - hope-free.church
Filem Sejarah Islam – hope-free.church

Film yang satu ini boleh jadi sebuah anomali yang mengesankan. Pasalnya, sutradara di balik Kingdom of Heaven bukanlah seorang muslim. Film bikinan Amerika Serikat ini disutradarai oleh Ridley Scott dan naskahnya ditulis oleh William Monahan.

Latar waktu yang diambil adalah Perang Salib pada abad XII. Kisahnya dimulai dari seorang pandai besi di suatu desa di Perancis yang pergi ke Yerussalem untuk mencari pengampunan Tuhan dan justru terlibat dalam perang melawan Saladin dan pasukannya. Saladin sendiri merupakan seorang pemimpin besar yang sedang berusaha untuk merebut wilayah tersebut dari tangan umat Kristen.

Sebagian besar proses pengambilan gambar diambil di Maroko, seperti film kolosal Gladiator. Bahkan demi hasil yang maksimal, pemerintah Maroko dikabarkan menugaskan ratusan pasukannya untuk melindungi lokasi syuting dan para kru film karena adanya ancaman dari para kaum ekstrem.

Nah, itulah empat film sejarah Islam yang sangat menginspirasi. Adakah yang sudah Anda saksikan?

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: