Dunia Islam

Gambaran Surga Menurut Islam dalam Alquran dan Tingkatannya

Berdasarkan firman Tuhan dalam surat At Taubah ayat 21-22, dijelaskan bahwa gambaran surga menurut Islam adalah kehidupan yang abadi dan penuh dengan kenikmatan. Dalam pemaparan yang lain disebutkan jika dalam surga tidak akan ditemukan orang yang buruk rupa, seluruh penghuni surga selalu dalam usia remaja—yang perempuan berwajah cantik sedangkan yang laki-laki mempunyai wajah rupawan. Suhu yang ada di surga digambarkan sebagai suhu yang sejuk, tidak panas juga tidak terlalu dingin.

Dalam Alquran surat Al Insan ayat 11-15, dipaparkan bahwa di dalam surga tumbuh berbagai macam pohon yang buahnya sangat lezat dan rindang sehingga dapat digunakan untuk bernaung. Seluruh penghuni surga pun diberi pakaian yang indah dari sutra. Mereka diberi gelas-gelas dengan ukiran indah yang bisa digunakan untuk mengambil minuman dari air mata surga bernama Salsabil.

Penjelasan di dalam Alquran juga berisi mengenai tingkatan-tingkatan surga Allah. Berikut adalah tingkatan surga yang terdapat pada firman Allah.

Surga Firdaus

Surga Firdaus - 2.bp.blogspot.com
Surga Firdaus – 2.bp.blogspot.com

Tingkatan surga Firdaus ini tercantum dalam Alquran surat Al Kahfi ayat 107. Dalam ayat tersebut dikatakan bahwa Allah SWT menciptakan tingkatan surga ini dari emas. Sedangkan kriteria para penghuninya diterangkan dalam surat Al Mukminun ayat 1-11, yakni manusia yang menepati janji, menjalankan salat, tidak melakukan pekerjaan yang sia-sia, serta senantiasa memelihara syahwatnya.

Surga Adn

Surga Adn - thepropheticnews.files.wordpress.com
Surga Adn – thepropheticnews.files.wordpress.com

Firman Allah SWT dalam surat Thaha ayat 76 menjelaskan bahwa surga Adn memiliki sungai-sungai yang mengalir, di dalam surga tersebut penghuninya akan kekal dan yang demikian itu adalah balasan bagi orang-orang yang bersih dari dosa-dosa saat berada di dunia. Surga Adn diciptakan Tuhan dari intan berwarna putih. Sedangkan para penghuninya adalah manusia yang mengharap hanya rida Allah SWT, selalu menjalankan salat, berzakat, serta menjauhi keburukan. Manusia yang sungguh-sungguh bertaubat, beriman, bertakwa serta beramal saleh juga termasuk golongan penghuni surga Adn.

Surga Na’im

Surga Na’im - sdahe.files.wordpress.com
Surga Na’im – sdahe.files.wordpress.com

Allah SWT menciptakan surga Naim dari perak putih, sedangkan dalam surat Luqman ayat 8 dijelaskan bahwa penghuni surga Naim adalah manusia-manusia yang beramal saleh, beriman serta bertakwa kepada Allah SWT.

Surga Ma’wa

 Surga Ma’wa - metricmogul.com
Surga Ma’wa – metricmogul.com

Surga Ma’wa dijelaskan dalam Alquran dalam banyak surat, di antaranya adalah surat As Sajadah ayat 19. Diceritakan bahwa surga Ma’wa terbuat dari zamrud hijau yang dihuni oleh manusia beriman, bertakwa, beramal saleh dan takut pada keagungan Allah SWT, serta mampu menahan hawa nafsu.

Surga Darussalam

Surga Darussalam - vignette.wikia.nocookie.net
Surga Darussalam – vignette.wikia.nocookie.net

Darussalam memiliki arti tempat yang penuh dengan keselamatan dan kedamaian. Surga Darussalam merupakan tingkatan surga yang diciptakan dari yaqut merah. Para penghuni surga ini ialah manusia-manusia yang kuat Islam maupun imannya, serta mau mengamalkan isi Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Surga Darul Muqomah

Surga Darul Muqomah - stlawu.edu.com
Surga Darul Muqomah – stlawu.edu.com

Tingkatan surga selanjutnya diterangkan dalam surat Fathir ayat 34-35 yang menuturkan bahwa Allah SWT menciptakan surga Darul Muqomah dari batu permata putih. Adapun para penghuninya adalah manusia yang hanya sedikit berbuat keburukan dan banyak berbuat kebaikan.

Surga Maqomul Amin

Surga Maqomul Amin - islamidia.com
Surga Maqomul Amin – islamidia.com

Allah SWT menegaskan tingkatan surga selanjutnya terdapat dalam surat Ad Dukhan ayat 51. Dijelaskan bahwa orang-orang yang bertawakal akan tinggal di dalam tempat yang aman (surga). Surga ini diciptakan dari emas dan dihuni oleh manusia yang keimanannya mampu mencapai tingkatan muttaqin, yaitu yang sungguh-sungguh bertakwa pada Allah SWT.

Demikianlah gambaran surga menurut Islam beserta tingkatan-tingkatannya. Semoga kita termasuk manusia-manusia yang beruntung dan bisa menjadi salah satu penghuninya. Amin.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: