Dunia Islam

Ini 9 Alasan Silaturahmi Dianjurkan dalam Islam

Islam menganjurkan umatnya untuk selalu melakukan amalan kebaikan. Amalan kebaikan dalam agama Islam ini tidak hanya beribadah salat, puasa, ataupun zakat saja. Sebaliknya menolong sesama, menjalin tali silaturahmi, dan tersenyum pun dianggap sebagai ibadah, karena dapat menciptakan Ukhuwah Islamiyah.

Dalil tentang silaturahmi ini banyak sekali, baik berupa ayat Alquran maupun hadist silaturahmi yang menekankan pentingnya menjalin tali silaturahmi antara sesama umat Islam. Silaturahmi dapat dilakukan dengan mengunjungi saudara, kerabat, teman, ataupun sesama umat Islam lainnya.

Hikmah dari silaturahmi ini banyak sekali, selain dapat  menyenangkan sanak keluarga yang kita kunjungi tentunya. Ini sangat sesuai dengan sabda Rasulullah    SAW, bahwa  “Amal yang paling utama adalah membuat seseorang berbahagia.”

Hikmah Silaturahmi

Inilah 9 Manfaat Silaturahmi dalam Islam yang perlu Anda ketahui.

  1. Kita akan mendapatkan ridha dari Allah SWT.

2.Malaikat merasa senang bila kita bersilaturahmi, karena malaikat juga suka melakukan silaturahmi.

  1. Disukai sesama manusia.

4.Silaturahmi dapat memperpanjang usia kita.

  1. Silaturahmi bisa menambah berkah dan rezeki.
  2. Silaturahmi bisa menyenangkan orang yang telah meninggal juga. Orang yang telah meninggal, sebenarnya mengetahui keadaan kita. Oleh karenanya, mereka merasa senang jika keluarga yang ditinggalkan tetap menjaga hubungan baik.

7.Silaturahmi membuat setan dan iblis merasa marah.

  1. Dengan silaturahmi, kita bisa meningkatkan rasa kekeluargaan, memupuk kasih sayang terhadap sesama, mempererat tali persaudaraan dan persahabatan.
  2. Setelah meninggal pun kita akan tetap mendapatkan pahala, karena orang lain selalu mendoakan kita.

Inilah Hadist Silaturahmi yang Mendasari Pentingnya Silaturahmmi

Menyambung Tali Silaturahmi - djkn.kemenkeu.co.id
Menyambung Tali Silaturahmi – djkn.kemenkeu.co.id

Dalam Alquran, Allah berfirman:

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan istrinya; Dan dari pada keduanya, Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya, kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”(Qs. an-Nisa 1)

Banyak pula hadist silaturahmi dari Rasulullah—yang menyatakan tentang keutamaan silaturahmi – antara lain:

1. Memuliakan Tamu dan Menyambung Tali Silaturahmi

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maha hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”

2. Silaturahmi dapat Meluaskan Rezeki

“Barang siapa yang suka diluaskan rezekinya dan ditangguhkan ajalnya, hendaklah ia bertakwa kepada Allah dan menyambung silaturahmi”.

3. Memutuskan Tali Silaturahmi itu Dosa

“Tidak ada dosa yang Allah lebih percepat siksaan kepada pelakunya di dunia, serta yang tersimpan untuknya di akhirat, selain perbuatan zalim dan memutuskan tali silaturahmi” (HR. Tirmidzi)

4. Memutuskan Silaturahmi Tidak Akan Masuk Surga

“Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan (silaturahmi).” (HR Bukhari dan Muslim)

5. Menyambung Silaturahmi dapat Memperpanjang Umur dan Memperbanyak Harta

“Siapa yang bertakwa kepada Rabb-nya dan menyambung silaturahmi, niscaya umurnya akan diperpanjang dan hartanya akan diperbanyak, serta keluarganya akan mencintainya.” (HR. Bukhari )

6. Tidak akan Mendapat Rahmat Allah

Rahmat tidak akan turun kepada kaum, yang  terdapat orang yang memutuskan tali silaturahmi.” (HR. Muslim)

7. Silaturahmi itu Berpahala

“Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah, sedangkan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala: sedekah dan silaturahmi.” (HR. Tirmidzi)

Demikianlah penjelasan tentang hadist silaturahmi yang perlu kita ketahui, agar dapat diambil manfaatnya bagi kaum muslim. Semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close