Dunia Islam

Ini 7 Keutamaan Menebar Kasih Sayang dalam Islam

Kasih sayang dianggap sebagai sebuah kenikmatan yang dirasakan oleh setiap manusia di dunia. Rasa kasih sayang menimbulkan adanya kedamaian,  kepedulian,  dan empati kepada orang lain. Kasih sayang juga mampu menggerakkan seseorang, untuk membantu orang lain yang mengalami penderitaan.  Oleh karenanya, tanpa adanya rasa kasih sayang ini, manusia cenderung bersifat egois dan masa bodoh dengan kepentingan orang lain

Pandangan Islam tentang Kasih Sayang

Sebagai agama yang sempurna, Islam memiliki pandangan tersendiri tentang kasih sayang ini.  Islam selalu menekankan untuk menebarkan kasih sayang di muka bumi ini.  Selain Islam sendiri diturunkan juga dengan penuh kasih sayang kepada seluruh umat manusia. Oleh karenanya banyak kita jumpai, ayat Alquran dan Hadist tentang kasih sayang  terhadap sesama makhluk hidup yang ada di dunia ini.

Allah berfirman, “Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin”. (Surat At Taubah 128)

Islam menganggap manusia adalah makhluk yang paling sempurna, yang memiliki akal, nafsu, serta perasaan.  Namun, manusia juga terkadang lebih mengedepankan akal, nafsu, ataupun perasaannya. Oleh karena itu, Islam mengatur batas kasih sayang yang diperbolehkan, di antaranya dalam hadist tentang kasih sayang.

Keutamaan Kasih Sayang dalam Islam Berdasar Hadist Nabi

Allah Hanya Menyayangi Hamba-Nya yang Penyayang

Allah Hanya Menyayangi Hamba-Nya yang Penyayang - oumma.com
Allah Hanya Menyayangi Hamba-Nya yang Penyayang – oumma.com

“Sesungguhnya Allah hanya menyayangi hamba-hambaNya yang penyayang.” (HR At-Thobrooni)

Jika Kita Menyayangi Semua yang Ada di Bumi, Kita Juga akan Disayang Allah

Jika Kita Menyayangi Semua yang Ada di Bumi, Kita Juga akan Disayang Allah - hjalur9.com
Jika Kita Menyayangi Semua yang Ada di Bumi, Kita Juga akan Disayang Allah – hjalur9.com

“Para pengasih dan penyayang dikasihi dan disayang oleh Ar-Rahmaan (Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang), rahmatilah yang ada di bumi niscaya kalian akan dirahmati oleh Zat yang ada di langit” (HR. Abu Dawud no. 4941 dan At-Thirmidzi no 1924)

Kasih Sayang untuk Seluruh Umat Manusia Membuat Kita Disebut Beriman

Kasih Sayang untuk Seluruh Umat Manusia Membuat Kita Disebut Beriman - ilmtv.net
Kasih Sayang untuk Seluruh Umat Manusia Membuat Kita Disebut Beriman – ilmtv.net

Rasulullah bersabda, “Sekali-kali tidaklah kalian beriman sebelum kalian mengasihi”. Kemudian mereka menjawab, “Wahai Rasulullah, semua kami pengasih”. Rasulullah bersabda kembali, “Kasih sayang itu tidak terbatas pada kasih sayang salah seorang di antara kalian kepada sahabatnya (mukmin), tetapi bersifat umum (untuk seluruh umat manusia).” (H.R. Ath Thabrani)

Mencintai Saudaranya seperti Mencintai Diri Sendiri Sama Dengan Beriman

Mencintai Saudaranya seperti Mencintai Diri Sendiri Sama Dengan Beriman - tabungwakaf.com
Mencintai Saudaranya seperti Mencintai Diri Sendiri Sama Dengan Beriman – tabungwakaf.com

Hadist tentang kasih sayang yang lainnya yaitu: “Tidak beriman salah seorang di antara kamu, hingga dia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri”. (HR. Buchari Muslim)

Bila Kita Menyayangi Sesama Manusia, Allah Juga Akan Menyayangi Kita

Bila Kita Menyayangi Sesama Manusia, Allah Juga Akan Menyayangi Kita - bermudasun.bm.com
Bila Kita Menyayangi Sesama Manusia, Allah Juga Akan Menyayangi Kita – bermudasun.bm.com

“Barang siapa tidak menyayangi manusia, Allah tidak akan menyayanginya”. Dari hadist tersebut disebutkan ‘manusia’ bukan hanya saudara muslim. Maka, kita bisa mengetahui bahwa Islam mengajarkan kita untuk menyayangi semua manusia di bumi. (HR. Turmudzi)

Menyayangi Semua Makhluk Hidup yang Ada di Muka Bumi

Menyayangi Semua Makhluk Hidup yang Ada di Muka Bumi - cdn.trivia.co.id
Menyayangi Semua Makhluk Hidup yang Ada di Muka Bumi – cdn.trivia.co.id

“Rahmatilah yang ada di bumi dengan konteks keumuman, mencakup seluruh jenis makhluk, rahmat kepada orang baik, orang fajir, orang yang berbicara, orang yang bisu, hewan dan burung.” (Faidhul Qodiir 1/605)

Bila Saat Menyembelih Kambing Kita Merahmatinya (menyembelih dengan pisau tajam tidak tumpul), Kita pun akan Diberi Rahmat di Hari Kiamat

Bila Saat Menyembelih Kambing Kita Merahmatinya - i.ytimg.com
Bila Saat Menyembelih Kambing Kita Merahmatinya – i.ytimg.com

“Barang siapa yang merahmati meskipun seekor sembelihan, maka Allah akan merahmatinya pada hari kiamat” (HR Al-Bukhari di Al-Adab Al-Mufrod)

Demikianlah, beberapa keutamaan menebar kasih sayang dalam Islam yang termaktub dalam hadist tentang kasih sayang. Semunya perlu Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, agar mendapatkan rahmat dan kasih sayang Allah SWT. Semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close