Dunia Islam

Kumpulan Hadits Tentang Sedekah Ini Ajarkan Kita Pentingnya Bersedekah

Salah satu cara untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah dengan bersedekah. Meskipun terlihat sepele, nyatanya tidak semua umat muslim melakukannya. Tak heran, karena bersedekah haruslah dimulai dari niat yang disertai dengan keikhlasan melakukannya, tanpa paksaan.

Sebenarnya, perintah sedekah ini bisa kita temukan dalam Al-Quran. Bahkan, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pun menganjurkan kita untuk rajin bersedekah melalui pesan-pesannya, seperti yang tertulis dalam kumpulanhadits tentang sedekah berikut ini:

Mudahnya Bersedekah

Mudahnya Bersedekah - cdn.washingtonexaminer.biz
Mudahnya Bersedekah – cdn.washingtonexaminer.biz

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu merupakan sedekah bagimu.”

Hadis lain yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi mengungkapkan, “Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah.”

Kedua hadits tentang sedekah di atas menunjukkan kepada kita bahwa sedekah tidaklah harus berupa harta. Bahkan senyum yang kita berikan kepada sesama muslim pun termasuk sedekah.

Menghapus Dosa dan Melindungi dari Siksa Neraka

 Menghapus Dosa dan Melindungi dari Siksa Neraka - koperasisyariah212.co.id
Menghapus Dosa dan Melindungi dari Siksa Neraka – koperasisyariah212.co.id

Ada beberapa hadis yang mengatakan bahwa sedekah mampu mengurangi dosa dan melindungi kita dari panasnya api neraka, di antaranya:

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallambersabda: “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi).

Dari Muttafaqun ‘Alaih, Nabi bersabda: “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma.”

Hadis lainnya mengatakan, “bersedekahlah kamu sekalian, karena sesungguhnya sedekah itu pemisah dari neraka.”

Amalan yang Pahalanya Tidak Pernah Putus

Amalan yang Pahalanya Tidak Pernah Putus - sijai.com
Amalan yang Pahalanya Tidak Pernah Putus – sijai.com

Salah satu hadits tentang sedekah yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa Nabi Muhammad bersabda: “Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara yaitu: shodaqoh jariyah, anak saleh yang mendoakan ibu bapaknya, dan ilmu yang bermanfaat.”

Keutamaan Sedekah yang Dapat Memperpanjang Usia

Keutamaan Sedekah yang Dapat Memperpanjang Usia - s-i.huffpost.com
Keutamaan Sedekah yang Dapat Memperpanjang Usia – s-i.huffpost.com

Diriwayatkan oleh Thabrani, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran, dan sifat bangga pada diri sendiri.”

Dalam hadis lainnya disebutkan, “Sesungguhnya di dalam sedekah-sedekah itu ada lima perkara: sedekah itu bisa menambah harta kekayaan mereka, menjadi obat penyakit, menghindarkan bahaya dari mereka, mereka akan melewati jembatan shiratal mustaqim seperti halilintar yang menyambar, dan mereka akan masuk ke dalam surga tanpa dihisab dan disiksa.”

Mencegah Terjadinya Kecurangan dan Maksiat dalam Dagang

Mencegah Terjadinya Kecurangan dan Maksiat dalam Dagang - 3.bp.blogspot.com
Mencegah Terjadinya Kecurangan dan Maksiat dalam Dagang – 3.bp.blogspot.com

Seringkali, kita menemukan kecurangan dalam berdagang. Padahal, perbuatan curang dilarang keras dalam Islam. Namun, kita bisa mencegahnya dengan sedekah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah.” (HR. Tirmidzi).

Sedekah Mampu Melindungi Diri di Hari Kiamat

 Sedekah Mampu Melindungi Diri di Hari Kiamat - reportasenews.com
Sedekah Mampu Melindungi Diri di Hari Kiamat – reportasenews.com

Hadits tentang sedekah berikutnya menjelaskan mengenai keutaman sedekah yang akan menaungi diri kita ketika hari kiamat tiba. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad: “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari).

Rejeki yang Berlipat Ganda dan Senantiasa Diberikan Kemudahan

Rejeki yang Berlipat Ganda dan Senantiasa Diberikan Kemudahan - salam.ui.ac.id
Rejeki yang Berlipat Ganda dan Senantiasa Diberikan Kemudahan – salam.ui.ac.id

Diriwayatkan oleh Muslim, dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Allah SWT akan menambah kemuliaan kepada hamba-Nya yang pemaaf. Dan bagi hamba yang tawadhu’ karena Allah, maka Allah akan mengangkat derajatnya.”

Dalam hadis lainnya, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” (HR. Ahmad).

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close