5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menunaikan Haji dan Umrah

Salah satu kegembiraan umat Islam adalah bisa menunaikan rukun Islam kelima yang berisi perintah ibadah haji. Jika belum mampu melaksanakan, Anda bisa mengawalinya dengan melaksanakan umrah. Supaya ibadah haji dan umrah berjalan lancar, beberapa hal harus dipersiapkan. Berikut daftarnya.

Melengkapi Dokumen

Haji dan Umrah - cdn2.tstatic.netHaji dan Umrah - cdn2.tstatic.net

Haji dan Umrah – cdn2.tstatic.net

Dokumen yang harus dimiliki untuk melaksanakan umrah, yaitu paspor, visa, dan surat mahram (bagi perempuan). Pengurusan dokumen bisa dilakukan melalui agen travel umrah, kecuali paspor. Pasalnya, Anda dapat membuat paspor sendiri di kantor imigrasi. Biasanya, paspor selesai dalam sehari kalau antrean tidak terlalu panjang.

Berkas yang tidak kalah penting adalah visa. Anda wajib memiliki visa bisnis, transit, atau kunjungan untuk memasuki kawasan Mekkah. Umumnya, agen travel menawarkan paket umrah lengkap. Mulai dari pengurusan visa, surat mahram, hingga penginapan selama di tanah suci.

Sementara itu, untuk ibadah haji, ada aturan khusus dalam pengurusan dokumen. Tugas peserta haji hanya menyerahkan bukti setoran BPIH, formulir SPPH, pas foto, salinan surat keterangan sehat, akta kelahiran, ijazah, buku nikah, KK, serta KTP. Semua berkas tersebut diserahkan ke kantor wilayah Kementerian Agama. Setelah pemeriksaan dokumen selesai, Anda akan masuk dalam daftar tunggu di Kemenaghaji.

Nah, jadwal keberangkatan haji bisa dilihat selang beberapa hari sesudah penyerahan dokumen. Jika peserta berusia di atas 60 tahun, biasanya berangkat lebih awal. Sebaliknya, peserta berumur di bawah 60 tahun harus bersabar selama kurang lebih 10-20 tahun.

Persiapan Fisik dengan Rajin Olahraga

Haji dan Umrah - 3-us-west-2.amazonaws.com

Haji dan Umrah – 3-us-west-2.amazonaws.com

Selagi masih di tanah air, Anda mesti menyiapkan stamina. Pasalnya, saat melaksanakan ibadah haji dan umrah, banyak kegiatan yang membutuhkan kekuatan fisik. Jika kondisi tubuh melemah, dipastikan aktivitas tersebut terhambat.

Latihan fisik bisa dilakukan dengan cara berolahraga secara teratur, misalnya lari-lari di halaman rumah setiap pagi. Perbanyak berjalan kaki, minum air putih, serta mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Kemudian, biasakan beristirahat lebih awal dan bangun pagi agar tubuh tetap bugar.

Mengikuti Latihan Manasik Haji

Haji dan Umrah - cdn2.tstatic.net

Haji dan Umrah – cdn2.tstatic.net

Manasik haji adalah kegiatan simulasi pelaksanaan ibadah haji. Lokasinya bisa di lapangan atau halaman yang luas. Kondisi tempat tersebut dirancang seperti Mekkah. Semua pesertanya wajib memakai pakaian ihram.

Selama manasik haji, seluruh peserta mendapatkan pelajaran tentang rukun haji, syarat, serta rangkaian ibadah yang harus ditunaikan. Misalnya, cara melakukan tawaf, sai, lempar jamrah, dan wukuf.

Mengemas Barang-Barang yang Perlu Dibawa

Haji dan Umrah - media.viva.co.id

Haji dan Umrah – media.viva.co.id

Selama haji atau umrah, Anda perlu membawa beberapa barang penting. Pasalnya, pelaksanaan ibadah tersebut menghabiskan waktu relatif lama. Terutama saat menunaikan haji, membutuhkan waktu kurang lebih 40 hari.

Adapun barang-barang yang harus dibawa meliputi, perlengkapan ibadah, peralatan mandi, pakaian ihram, tabir surya, buku pedoman dan doa, serta alat komunikasi. Jangan lupa membawa uang tunai secukupnya dan ATM berlogo khusus. Kemasi semua barang tersebut maksimal seminggu sebelum keberangkatan.

Niat Haji dan Umrah Hanya untuk Allah SWT

Haji dan Umrah - 4.bp.blogspot.com

Haji dan Umrah – 4.bp.blogspot.com

Niat adalah bagian penting dari pelaksanaan ibadah haji atau umrah. Luruskan niat Anda hanya untuk Allah SWT. Bersihkan hati dari sifat suka pamer dan sombong agar ibadah sempurna.

Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Baqarah ayat 196 yang artinya :

“Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. Jika kamu terkepung (terhalang oleh musuh atau karena sakit) maka sembelihlah kurban yang mudah didapat dan jangan kamu mencukur kepalamu sebelum kurban sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antaramu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu ia bercukur), maka wajiblah atasnya berfidyah yaitu berpuasa atau bersedekah atau berkurban….”

Itulah lima hal yang harus dipersiapkan sebelum melaksanakan haji dan umrah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Add Comment

%d bloggers like this: