Sejarah Perkembangan Haji Indonesia; Keberangkatan Pertama dan Fakta Uniknya

Pernahkah Anda membayangkan cara orang Indonesia zaman dulu pergi ke Mekkah? Saat itu, Indonesia masih mengandalkan alat transportasi tradisional. Jangankan pesawat, kapal feri pun belum ada di nusantara.

Lalu, seperti apa sejarah panjang haji Indonesia mencari jalan ke tanah suci? Yuk, cari tahu di sini!

Dimulai pada Masa Kerajaan Peureulak dan Samudra Pasai

Haji Indonesia - 3.bp.blogspot.com

Haji Indonesia – 3.bp.blogspot.com

Kerajaan Peureulak merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia yang berdiri pada abad ke-8. Sejarah mencatat, Peureulak menjadi tempat persinggahan kapal dagang dari Arab dan Persia. Meskipun penganut Islam di sana sudah banyak, belum ada pakar yang membuktikan keberangkatan haji di masa itu.

Memasuki abad ke-18, Kerajaan Peureulak bergabung dengan Samudra Pasai. Namun, keberangkatan haji Indonesia sudah dimulai sejak abad ke-13. Pelopornya adalah Kerajaan Samudra Pasai. Mereka menggunakan kapal laut sebagai alat transportasi ke Mekkah. Seusai ibadah haji, ada yang kembali ke nusantara, beberapa memutuskan untuk menetap di tanah suci.

Jumlah Haji Indonesia Meningkat di Masa Kolonial Belanda

Haji indonesia - pilarbangsa.com

Haji indonesia – pilarbangsa.com

Indonesia dijajah Belanda sejak abad ke-16, tepatnya tahun 1596. Ketika itu, jemaah haji Indonesia semakin bertambah. Apalagi, Terusan Suez dibuka pada tahun 1860. Perjalanan mereka menuju Mekkah lebih cepat dari sebelumnya. Pemerintah Belanda pun ikut berperan dalam keberangkatan jemaah.

Kapal-kapal besar disediakan untuk mengantar puluhan ribu jemaah haji. Perjalanan memakan waktu kurang lebih satu bulan. Nederland, Rotterdamsche, dan Blue Funnel Line adalah tiga perusahaan jasa pelayaran yang mengangkut jemaah haji Indonesia. Sayangnya, saat itu Kolonial Belanda mengurangi kuota haji. Mereka khawatir, semakin banyak pemberontak muncul dari kalangan jemaah.

Setelah Indonesia Merdeka, Semangat Menunaikan Haji Semakin Membara

Haji Indonesia - google.co.id

Haji Indonesia – google.co.id

Pengurusan keberangkatan haji dialihkan ke tangan Pemerintah Republik Indonesia sejak tahun 1948. Pemerintah pun menyediakan kapal khusus untuk mengangkut jemaah haji. Ketika itu, seluruh pengangkutan penumpang ditangani oleh PT Arafat. Namun, PT Arafat gulung tikar karena kewalahan menangani jemaah yang jumlahnya semakin banyak.

Akhirnya, pada tahun 1966, Pemerintah RI menyediakan armada pesawat terbang untuk mengangkut jemaah. Meskipun demikian, kapal laut masih digunakan sampai tahun 1970. Setelah itu, aturan pemberangkatan haji melalui jalur laut dihapuskan. Jemaah hanya diperkenankan berangkat lewat jalur udara secara bergiliran.

Fakta Menarik di Balik Keberangkatan Haji dari Masa ke Masa

Haji Indonesia - cdn.tmpo.co

Haji Indonesia – cdn.tmpo.co

Selain memiliki sejarah panjang, ada fakta unik di balik pemberangkatan haji Indonesia. Bahkan, fakta tersebut mampu membuat orang tercengang. Berikut kisahnya.

  • Haji Indonesia Zaman Dahulu Butuh 2 Tahun untuk Mencapai Mekkah
Haji Indonesia - media.ihram.asia

Haji Indonesia – media.ihram.asia

Perjalanan haji Indonesia ke Mekkah pada abad ke-13 ternyata membutuhkan waktu dua tahun. Mereka mengarungi lautan, singgah dari satu negara ke negara lain, dan bertahan hidup di atas kapal dengan bekal ala kadarnya. Bukankah itu perjuangan yang luar biasa?

  • Pernah Mengalami Banjir Saat Menunaikan Ibadah Haji
Haji Indonesia - 4.bp.blogspot.com

Haji Indonesia – 4.bp.blogspot.com

Zaman dulu, Kakbah kerap dilanda banjir besar. Jemaah haji asal Indonesia pun pernah menunaikan ibadah saat air menyerbu Masjidil Haram. Mereka melakukan rangkaian haji di atas genangan air.

  • Kuota Haji pada Masa Kolonial Belanda Sangat Terbatas
Haji Indonesia - d1e3uqeqtqrv1j.cloudfront.net

Haji Indonesia – d1e3uqeqtqrv1j.cloudfront.net

Pada tahun 1825, Kolonial Belanda membatasi jumlah jemaah haji Indonesia. Bahkan, mereka mengirimkan orang untuk mengawasi pergerakan jemaah di Mekkah. Peristiwa ini berlangsung hingga tahun 1859.

  • Haji Indonesia Paling Berwarna, Tertib, Disiplin, dan Ramah
Haji Indonesia - kabar.news

Haji Indonesia – kabar.news

Tidak dimungkiri, atribut jemaah haji dari Indonesia tergolong paling berwarna. Setiap kelompok diberikan tanda berbeda berdasarkan wilayah. Selain itu, jemaah Indonesia dikenal sangat disiplin dan tertib ketika pelaksanaan ibadah haji. Mereka juga bersikap ramah dan santun kepada seluruh peserta dari berbagai negara.

Demikian ulasan mengenai sejarah perkembangan haji Indonesia dari masa ke masa. Sesungguhnya, ibadah haji diwajibkan bagi umat muslim yang mampu melaksanakan. Semoga bermanfaat.

Add Comment

%d bloggers like this: