Inilah Keuntungan Berangkat Haji Melalui Program Haji Plus

Menunaikan ibadah haji merupakan suatu hal yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Meski termasuk dalam rukun Islam yang ke-5, Allah SWT akan memilih orang-orang tertentu yang menurut-Nya siap untuk berangkat ke Tanah Suci. Tidak bisa dimungkiri, menjalankan ibadah haji memerlukan biaya yang tidak sedikit. Bahkan, ada beberapa calon jemaah yang rela menyisihkan uangnya selama bertahun-tahun supaya bisa mengunjungi Kakbah. Namun ada juga orang-orang tertentu yang diberi nikmat oleh Allah SWT sehingga mereka bisa menunaikan rukun Islam ke-5 melalui program haji plus.

Di Indonesia sendiri, pemerintah membuka dua program keberangkatan haji, yakni haji reguler dan haji plus. Lalu, apa saja keuntungan bagi jemaah yang berangkat melalui program haji plus? Berikut ulasannya.

Masa Tunggu dan Proses yang Lebih Cepat

haji plus - biroumrohterbaik.com

haji plus – biroumrohterbaik.com

Seperti kita ketahui, antrean calon jemaah haji yang ingin berangkat di Indonesia telah mencapai puluhan juta jiwa. Jika dibandingkan dengan program haji reguler, haji plus memiliki masa tunggu yang relatif jauh lebih singkat. Bayangkan saja, jemaah haji reguler harus menunggu selama 10, 20, bahkan 25 tahun untuk bisa mendapat kepastian keberangkatan. Sementara itu, calon jemaah haji plus hanya harus bersabar selama 5-7 tahun masa tunggu, bahkan bisa lebih cepat.

Anda Bisa Memilih Berapa Lama Berada di Tanah Suci

haji plus - 3.bp.blogspot.com

haji plus – 3.bp.blogspot.com

Tidak seperti haji reguler yang jadwal keberangkatan dan kepulangannya telah diatur sedemikian rupa oleh pemerintah, jemaah program haji plus bisa memilih berapa lama mereka ingin berada di Tanah Suci.

Pihak penyelenggara biasanya menyediakan dua program haji plus, yakni arbain dan non-arbain. Untuk program arbain, Anda akan menghabiskan waktu selama 26 hari, sementara program non-arbain hanya akan menghabiskan waktu selama 15-19 hari di Arab Saudi. Meski demikian, Anda tak perlu khawatir tertinggal prosesi rukun haji utama, karena keberangkatan akan dilakukan sebelum pelaksanaan puncak ibadah haji. Seringnya, mereka yang mendaftar haji plus non-arbain adalah calon jemaah yang memiliki segudang aktivitas di Tanah Air.

Jatah Konsumsi Dijamin dari Awal hingga Akhir

haji plus - fakta.news

haji plus – fakta.news

Jemaah haji reguler harus memahami bahwa besaran biaya yang disetorkan kepada pemerintah tidak mencakup biaya konsumsi keseluruhan saat di Tanah Suci. Karenanya, sering kita jumpai mereka membawa perlengkapan memasak dan bahan makanan untuk dibawa selama musim haji.

Berbeda dengan jemaah program haji plus yang memperoleh jatah makanan dan minuman gratis dari pihak hotel tempat mereka menginap. Penyelenggara program ini juga menjamin bahwa Anda tidak akan kesulitan untuk memperoleh konsumsi selama melaksanakan ibadah haji.

Lokasi Hotel yang Lebih Dekat dengan Masjidil Haram

haji plus - 4.bp.blogspot.com

haji plus – 4.bp.blogspot.com

Salah satu pusat pelaksanaan ibadah haji adalah Masjidil Haram di Makkah. Biasanya, jemaah haji reguler akan mendapat pemondokan sesuai undian yang dilakukan oleh pemerintah. Bayangkan saja, lokasi pemondokan terdekat berada di ring 1 yang jaraknya mencapai 1 sampai 2 km, sedangkan ring 2 berjarak sekitar 4 km dari masjid.

Untuk jemaah haji plus, Anda bisa melaksanakan ibadah dengan lebih nyaman karena lokasi penginapan berjarak cukup dekat dengan Masjidil Haram. Pihak penyelenggara biasanya bekerja sama dengan pengelola hotel di sekitar sana yang jaraknya hanya 10-250 meter. Dijamin, melakukan perjalanan menuju masjid bukanlah sesuatu yang menguras tenaga.

Itulah keuntungan melaksanakan ibadah haji melalui program haji plus. Namun perlu diingat, besaran biaya yang dikeluarkan tentu memiliki selisih yang lebih besar. Jika haji reguler hanya memerlukan biaya sekitar IDR 31-38 juta, biaya haji plus bisa mencapai dua kali lipat, tergantung fasilitas dan lama kunjungan Anda di sana.

Add Comment

%d bloggers like this: