Dunia Islam

Ini 6 Hak Sesama Muslim yang Perlu Anda Ketahui

Islam adalah agama yang lengkap dalam mengatur etika pergaulan antara sesama manusia. Selain itu, Islam juga mengajarkan hak dan kewajiban sesama muslim secara lebih mendetail. Hak sesama  muslim ini meliputi hak sebagai anggota keluarga, anggota masyarakat, serta sebagai masyarakat muslim pada umumnya.

Dengan aturan tentang hak sesama muslim yang lebih mendetail, Islam memerhatikan fitrah kebaikan sebuah masyarakat yang bisa didapatkan apabila hak tersebut diamalkan. Meskipun dalam masyarakat kita semua berbeda ras, suku, dan bangsa, semua muslim yang ada di dunia ini adalah saudara.

Oleh karenanya menjadi kewajiban bagi kita sebagai umat Islam, untuk memperlakukan sesama Muslim lain seperti saudaranya. Inilah  beberapa hak dan kewajiban sesama muslim terhadap muslim lainnya. Hak sesama muslim dalam Islam yang harus dipenuhi berdasarkan hadist.

Jika Bertemu dengannya, Maka Ucapkanlah Salam

Jika Bertemu dengannya, Maka Ucapkanlah Salam - 4.bp.blogspot.com
Jika Bertemu dengannya, Maka Ucapkanlah Salam – 4.bp.blogspot.com

Sesuai dengan sunah Rasulullah, mengucapkan salam pada sesama muslim sangat dianjurkan. Ucapan salam bisa menumbuhkan rasa cinta di kalangan kaum muslimin seperti yang diajarkan oleh Rasulullah.

Menjawab salam ini hukumnya fardhu ain, apabila salam ini ditujukan pada seseorang yang sendirian. Namun bila salam ini diucapkan kepada sekelompok orang, dapat dijawab oleh seorang saja di dalam kelompok tersebut atau oleh beberapa orang.

Jika Ia Mengundangmu, maka Penuhilah Undangannya

Jika Ia Mengundangmu, maka Penuhilah Undangannya - 4.bp.blogspot.com
Jika Ia Mengundangmu, maka Penuhilah Undangannya – 4.bp.blogspot.com

Hak sesama muslim lain adalah memenuhi undangannya serta hukumnya adalah sunnah mu’akkadah. Dengan memenuhi undangan, selain menyenangkan hati orang yang mengundangnya, juga menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang. Sedangkan memenuhi undangan pernikahan, hukumnya wajib dengan syarat tertentu.

“Dan siapa yang tidak memenuhi (undangannya), maka dia telah maksiat kepada Allah dan Rasul-Nya.” (HR. Bukhori dan Muslim).

Jadi kita wajib memenuhi undangan, dengan catatan undangan tersebut tujuannya baik dan bukan perbuatan maksiat.

Jika Ia meminta Nasehatmu, maka Berilah Ia Nasehat

Jika Ia meminta Nasehatmu, maka Berilah Ia Nasehat - i0.wp.com
Jika Ia meminta Nasehatmu, maka Berilah Ia Nasehat – i0.wp.com

Jika ada seseorang datang kepadamu untuk meminta nasehat dalam sebuah masalah, maka berilah ia nasehat.

“Agama adalah nasehat: Kepada Allah, Kitab-Nya, Rasul-Nya dan kepada para pemimpin kaum muslimin serta rakyat pada umumnya.” (HR. Muslim).

Memberikan nasehat secara ikhlas kepada orang yang meminta nasehat ini, hukumnya wajib. Saat menasihati, sebaiknya sesuai dengan kenyataan atau tidak menyembunyikan ilmu yang dimiliki.

Jika Seseorang Bersin dan Mengucapkan Hamdalah, maka Doakanlah

Jika Seseorang Bersin dan Mengucapkan Hamdalah, maka Doakanlah - hellosehat.com
Jika Seseorang Bersin dan Mengucapkan Hamdalah, maka Doakanlah – hellosehat.com

Saat mendengar seseorang mengucapkan ‘Alhamdulillah’ setelah bersin, Anda harus mendoakan dengan menjawab ‘Yarhamukallah’.

Hukum saat menjawab seorang yang bersin adalah fardhu ain. Ini berdasarkan pada sunah Rasulullah “Adalah hak atas setiap orang yang mendengarnya”. Namun jika orang yang bersin tersebut tidak mengucapkan “Alhamdulillah”, tidak wajib menjawabnya dengan kata “Yarhamukallah” ini.

Jika Seseorang Sakit, maka Jenguklah

Jika Seseorang Sakit, maka Jenguklah - bkpd.jabarprov.go.id
Jika Seseorang Sakit, maka Jenguklah – bkpd.jabarprov.go.id

Seorang muslim juga memiliki hak saat sakit, yaitu dijenguk oleh saudaranya. Menjenguk sahabat seiman memang menjadi kewajiban kita. Saat menjenguk kita juga disunahkan untuk mendoakan, menanyakan kondisi kesehatannya, serta menghiburnya. Hal ini bertujuan, agar yang sedang sakit memiliki semangat untuk sembuh dan sehat kembali.

Dan Jika Ia Meninggal Dunia, maka Antarkan Jenazahnya

Dan Jika Ia Meninggal Dunia, maka Antarkan Jenazahnya - nu.or.id
Dan Jika Ia Meninggal Dunia, maka Antarkan Jenazahnya – nu.or.id

Mengantarkan jenazah ke tempat peristilahan terakhir menjadi hak seorang muslim atas saudaranya. Tindakan ini juga mendatangkan pahala yang besar.

“Jika Ia meninggal dunia, maka iringilah jenazahnya.” (HR. Muslim)

Sedangkan hukum mengurus jenazah, menyalatkan, serta menguburkan saudara kita sesama muslim hukumnya adalah fardhu kifayah.

Demikianlah, aturan dalam agama Islam terkait hak sesama muslim, yang bertujuan untuk menyatukan, meningkatkan keimanan, serta menjadi sarana saling mencintai antara umat Islam. Semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close