Dunia Islam

4 Hakikat Manusia Menurut Islam

Di antara seluruh makhluk ciptaan Allah lainnya, manusia adalah makhluk yang paling sempurna dan menempati derajat paling tinggi. Allah bahkan memerintahkan malaikat untuk bersujud kepada manusia pertama di muka bumi, Nabi Adam AS.

Adapun yang membuat manusia menjadi begitu tinggi kedudukannya adalah karena anugerah berupa kalbu dan akal di samping nafsu dan bentuk fisik yang sempurna. Dengan demikian, manusia dapat lebih dulu berpikir sebelum memutuskan sebuah tindakan. Namun sesungguhnya, apa hakikat manusia menurut Islam?

Sebagai Hamba Allah

Hakikat Manusia - 4.bp.blogspot.com
Hakikat Manusia – 4.bp.blogspot.com

Mari mengingat tujuan penciptaan manusia di muka bumi. Dalam Alquran Surat Adz-Dzariyat ayat 56 Allah berfirman, “Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah Aku.” Selain itu, dalam Alquran Surat Al-Bayyinah ayat 5, Allah juga secara jelas berkata, “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama yang lurus.”

Melalui firman Allah, jelas bahwa hakikat manusia menurut Islam yang pertama adalah sebagai hamba Allah SWT. Adapun yang dimaksud dengan menjadi seorang hamba ialah mengabdikan diri kepada Sang Khalik dengan menjalani apa yang telah diperintahkan dan menjauhi apa yang telah dilarangkan dengan penuh keikhlasan dan segenap hati.

Sebagai Bani Adam

Hakikat Manusia - satuharapan.comHakikat Manusia - satuharapan.com
Hakikat Manusia – satuharapan.com

Bani Adam berarti keturunan Adam. Hal ini untuk mempertegas bukti bahwa manusia bukanlah hasil dari evolusi kera seperti yang disebutkan dalam teori fenomenal Charles Darwin.

Surat Al Isra ayat 70 menyatakan, “Dan sesungguhnya telah kami muliakan anak-anak Adam, kami angkut mereka di daratan dan di lautan, kami beri mereka rezeki yang baik-baik dan kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah kami ciptakan.”

Di samping itu, Allah juga berkata sebagaimana yang tertuang dalam Alquran Surat Al-Araf ayat 26-27, “Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, semoga mereka selalu ingat. Hai anak Adam, janganlah kamu ditipu setan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapakmu dari surga…”

Sebagai An-Naas

Hakikat Manusia - dgwrlxstb34qz.cloudfront.net
Hakikat Manusia – dgwrlxstb34qz.cloudfront.net

Dalam kaitannya dengan hal ini, pengertian manusia menjadi seorang an-naas mengacu pada hubungan antara seorang individu dengan individu lain (hidup bermasyarakat). Hidup di muka bumi dan berdampingan dengan orang lain membuat manusia juga harus menyeimbangkan antara hubungannya dengan Allah SWT sebagai tugas utama dan hubungannya dengan masyarakat sebagai makhluk sosial.

Pesan untuk senantiasa menjaga hablum minannas ini ada dalam Alquran Surat An-Nisa ayat 1, “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri dan darinya Allah menciptakan istrinya dan dari keduanya Allah mengembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah dengan namanya kamu saling meminta satu sama lain dan peliharalah hubungan silaturahmi…”

Sebagai Khalifah

Hakikat Manusia - mtw.or.id
Hakikat Manusia – mtw.or.id

Manusia juga diciptakan untuk menjadi khalifah di muka bumi ini. Manusia dimaksudkan untuk mengendalikan segala yang ada di bumi berdasarkan pedoman hidup yang diberikan, yakni agama Islam.

Dalam Alquran Surat Shad ayat 26 Allah berfirman, “Hai Daud, sesungguhnya Kami menjadikan kamu khalifah di muka bumi, maka berilah keputusan di antara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena itulah yang akan menyesatkan kamu dari jalan Allah.”

Itulah empat hakikat manusia menurut Islam. Dengan menyadari fitrah dan tujuan penciptaan dirinya, niscaya setiap manusia akan tahu bagaimana dia semestinya menjalani hidup dan senantiasa berada dalam jalan yang benar.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close