Dunia Islam

Hikmah di dalam Kisah Nabi Adam yang Bisa Kita Jadikan Pelajaran

Sebagai nabi dan manusia pertama yang diturunkan ke bumi, Nabi Adam adalah orang pertama yang kita dengar kisahnya dari orang tua atau guru mengaji. Kita pasti sudah paham bagaimana Allah menciptakan Adam dari tanah dan akhirnya memberinya pasangan yang diambil dari tulang rusuknya.

Nabi Adam yang tinggal di surga akhirnya memiliki pasangan bernama Hawa yang cantik dan sangat patuh. Kedua manusia pertama ini akhirnya tinggal bahagia hingga akhirnya godaan dari iblis datang. Hawa yang awalnya patuh pada suami dihasut oleh iblis agar masuk ke taman terlarang dan memakan buah Khuldi.
Larangan ini ditentang oleh Hawa dan membuat Nabi Adam harus mengikuti istrinya untuk memakan buah itu. Setelah buah itu dimakan, Allah murka dan akhirnya menurunkan keduanya ke bumi yang masih antah berantah dalam keadaan terpisah.

Nah, dari kisah Nabi Adam yang banyak diketahui oleh masyarakat ini, ada hikmah yang bisa kita jadikan pelajaran berharga. Berikut selengkapnya.

Istri Menurut pada Suami

Hikmah Kisah Nabi Adam - Youtube
Hikmah Kisah Nabi Adam – Youtube

Salah satu penyebab terbesar yang membuat Nabi Adam dan istrinya diturunkan ke bumi adalah melanggar larangan. Akibat godaan dari iblis, Hawa jadi membangkang dan akhirnya melanggar larangan. Nabi Adam yang tidak bisa menolak kehendak istri akhirnya memakan buah khuldi juga dan membuat Allah murka.

Dari kisah ini terlihat jelas bahwa istri diharuskan menurut pada suami. Selama itu untuk kebaikan bersama, istri tidak diperkenankan menolak atau melanggarnya. Restu dari suami adalah hal besar yang harus didapatkan agar segala tindakan bisa berjalan dengan lancar.

Menahan Hawa Nafsu dengan Baik

Hikmah Kisah Nabi Adam - Intisari.grid.id
Hikmah Kisah Nabi Adam – Intisari.grid.id

Sejak Nabi Adam diciptakan menjadi manusia pertama hingga akhirnya dihukum untuk tinggal di bumi godaan terbesar untuk pria sudah berupa harta, takhta, dan wanita. Nah, untuk kisah Nabi Adam, godaan terbesarnya adalah wanita. Jika saja beliau tidak menuruti kemauan istrinya untuk makan buah khuldi, mungkin Allah tidak akan murka dan membuat keduanya diturunkan ke bumi.

Dari kisah ini kita dapat belajar bahwa seorang pria sudah seharusnya bisa mengendalikan nafsunya. Secantik apa pun wanita yang ada di depannya beliau harus bisa menjaga diri. Selanjutnya kalau wanita itu meminta sesuatu yang tidak masuk akal atau tidak sesuai dengan nurani, menolak bukanlah hal yang salah. Seorang pria harus mampu membimbing wanita ke arah yang baik.

Bertobat dengan Sepenuh Hati

Hikmah Kisah Nabi Adam - Islamicity.org
Hikmah Kisah Nabi Adam – Islamicity.org

Setelah diturunkan ke bumi, Nabi Adam sadar kalau apa yang telah beliau lakukan adalah salah. Akhirnya, dengan sepenuh hati tobat nasuhah dilakukan. Nabi ingin segala dosa yang telah dilakukan bisa diampuni oleh Allah. Selain itu, beliau juga ingin segera disatukan lagi dengan Hawa. Meski istrinya melakukan kesalahan, Hawa tetaplah orang yang sangat dicintai dan satu-satunya teman hidup.
Manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Namun, Allah selalu menerima tobat hambanya yang ingin berubah.

Bersabar dan Terus Berusaha

Hikmah Kisah Nabi Adam - Oneworldspiritual.net
Hikmah Kisah Nabi Adam – Oneworldspiritual.net

Meski berkali-kali melakukan tobat dan permintaannya tidak segera dikabulkan oleh Allah, Nabi Adam tidak pernah mengeluh. Beliau terus sabar menghadapi cobaan hidupnya. Setiap hari beliau berjalan dengan harapan menemukan istri yang dicintai.

Kesabaran yang dimiliki oleh Nabi Adam akhirnya berakhir setelah bertemu dengan istri di Jabal Rahmah setelah melakukan pencarian selama puluhan tahun. Kedua manusia pertama di bumi ini akhirnya bersatu dan melahirkan keturunan yang menjadi nabi, rasul, atau khalifah hebat di dunia.
Inilah hikmah di dalam kisah Nabi Adam. Semoga apa yang ditulis di atas bisa menjadi teladan kita semua. Yuk, bagi kisah ini agar saudara kita juga ikut mengamalkannya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close