Dunia Islam

Hikmah di dalam Kisah Nabi Ibrahim yang Sangat Dicintai Allah

Nabi Ibrahim adalah salah satu nabi yang kisahnya banyak diceritakan. Kisah hidup dari Nabi yang sangat dicintai oleh Allah ini penuh dengan suka duka. Beliau lahir dari keluarga yang membuat berhala untuk Raja Namrud. Beliau nyaris dibunuh sejak bayi hingga akhirnya dibuang ke hutan oleh ayahnya agar selamat.

Salah satu kisah besar dari Nabi Ibrahim yang sangat dikenal adalah ketika beliau ingin mengubah cara pendang masyarakat. Beliau ingin masyarakat tidak menyembah berhala dan rajanya. Apa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim ini tentu membuat dirinya dimusuhi kaumnya sehingga sang Raja membakarnya hidup-hidup.

Apa yang dilakukan oleh raja nyatanya berakhir percuma. Ibrahim yang sangat patuh pada Allah justru selamat dan akhir Raja Namrud dan pengikutnya mendapatkan azam yang setimpal.

Selain kisah yang memberi pelajaran kepada kita untuk menyembah Allah, Nabi Ibrahim masih memiliki beberapa kisah yang bisa kita ambil suri tauladannya. Berikut selengkapnya.

Hijrah dan Melakukan Kebaikan

Hijrah dan Melakukan Kebaikan - aboutislam.net
Hijrah dan Melakukan Kebaikan – aboutislam.net

Dalam Alquran Surat Al Shofat Ayat 99: “ Dan Ibrahim berkata:”Sesungguhnya aku pergi menghadap kepada Rabb-ku, dan Beliau akan memberi petunjuk kepadaku .” Dari penggalan ayat Alquran ini kita bisa mengambil pelajaran bahwa, Nabi Ibrahim hijrah ke tempat yang bisa menerimanya. Sebagai umat Islam, kita harus hijrah ke lingkungan yang kondusif dan membuat keislaman meningkat.

Niatkan hijrah apa pun alasannya termasuk bekerja untuk mendapatkan keberkahan dari Allah. Dengan begitu, hal-hal yang baik akan menyertai.

Sabar ketika Meminta Rezeki

Sabar ketika Meminta Rezeki - 3.bp.blogspot.com
Sabar ketika Meminta Rezeki – 3.bp.blogspot.com

Nabi Ibrahim adalah pribadi yang sangat sabar. Bahkan selama puluhan tahun tidak mendapatkan keturunan, beliau tidak marah dan akhirnya berpindah keyakinan. Setiap hari beliau selalu berdoa meminta keturunan yang saleh dan salihah agar bisa mengabdi dan  menjadi pengikut Allah.

Setelah berdoa selama puluhan tahun akhirnya Nabi Ibrahim diberi keturunan. Nabi Ismail akhirnya lahir ke dunia untuk melengkapi kehidupannya. Apa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim ini adalah kesabaran yang tidak ada batasnya. Kesabaran adalah hal yang harus dimiliki oleh semua orang termasuk kita semua di era modern seperti sekarang.

Patuh dengan Sepenuh Jiwa dan Raga

Patuh dengan Sepenuh Jiwa dan Raga - tuntunanshalat.info
Patuh dengan Sepenuh Jiwa dan Raga – tuntunanshalat.info

Menjelang Idul Adha atau saat Salat Id dilakukan, kita pasti kerap mendengar kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Setelah mendapatkan anak yang diharapkan selama puluhan tahun, Allah meminta Ibrahim untuk melakukan pengorbanan. Nah, Ismail yang merupakan anak kesayangan adalah orang yang harus dikorbankan.

Sesayang-sayangnya Ibrahim kepada anaknya, beliau masih patuh kepada Allah. Apa yang diyakini oleh ayahnya ini ternyata juga diyakini oleh Ismail. Beliau tidak menolak apa yang telah diperintahkan oleh Allah dan mau dijadikan korban.

Melihat keteguhan hati ayah dan anak ini, Allah akhirnya memberi hidayah dengan membuat pisau tidak mau melukai tubuh Ismail. Akhirnya, Ismail pun diganti dengan domba untuk korban oleh malaikat.

Kisah ini mengajarkan kita semua untuk patuh tanpa perlu meragukan apa pun.

Tidak Berputus Asa

 Tidak Berputus Asa - representingyourselfcanada.com
Tidak Berputus Asa – representingyourselfcanada.com

Satu lagi kisah yang harus kita semua teladani dari kehidupan Nabi Ibrahim. Selain sabar menghadapi kerasnya hidup, beliau juga tidak pernah berputus asa. Putus asa adalah sifat dari kam kafir yang tidak disukai oleh Allah. Jadi, mari terus berusaha mendapatkan impian meski itu sulit dan nyaris mustahil.

Inilah hikmah di dalam kisah Nabi Ibrahim. Mari bagikan kisah dan hikmah ini agar kita semua bisa menjadi hamba Allah yang sabar, tidak kenal putus ada, dan selalu taat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close