Dunia Islam

Hikmah di dalam Kisah Nabi Luth

kisah nabi luth - media.themalaymailonline.com
kisah nabi luth – media.themalaymailonline.com

Apakah Anda sudah pernah membaca kisah Nabi Luth dan kaumnya? Kisah tersebut bercerita tentang kaum yang gemar melakukan perzinaan sejenis atau homoseksual.

Kaum Sadum dikenal sering melakukan kemaksiatan. Misalnya, merampok, membunuh, dan menganiaya. Oleh karena itu, tidak ada orang yang tertarik untuk masuk di wilayah tersebut. Nabi Luth diperintahkan ke sana untuk memperbaiki kaum tersebut dan mengajak mereka menyembah Allah.

Salah satu kemaksiatan yang dilakukan Kaum Sadum adalah perzinaan sejenis. Jika ada pendatang baru laki-laki yang tampan akan dijadikan mangsa oleh para penduduk laki-laki. Jika pendatang baru tersebut perempuan, akan menjadi menjadi mangsa penduduk perempuan. Tidak hanya itu, barang-barang mereka juga akan dirampas.

Hikmah di dalam kisah Nabi Luth yang dapat Anda pelajari adalah kegigihan dan kesabaran beliau untuk menyuarakan firman Allah kepada kaumnya. Meskipun mereka tidak mendengarkan dakwah tersebut, Nabi Luth tetap menyerukannya dalam berbagai kesempatan.

Nabi Luth mengatakan perbuatan zina sejenis yang dilakukan Kaum Sadum telah mengingkari fitrah manusia. Fitrah tersebut adalah laki-laki berpasangan dengan perempuan. Kaum Sadum tidak memercayainya dan berbalik menyerang Nabi Luth dengan mempertanyakan azab yang akan datang.

Sikap menantang Kaum Sadum membuat Nabi Luth berdoa kepada Allah untuk menurunkan azab. Nabi Luth berharap dengan azab tersebut mereka akan berubah, sebelum azab yang betul-betul besar di akhirat nanti.

Akhirnya, Allah menurunkan firman akan memberikan azab untuk Kaum Sadum. Ujian datang dalam bentuk tamu laki-laki sangat tampan yang akan berkunjung ke rumah Nabi Luth. Nabi Luth merahasiakan kedatangan tamu itu agar Kaum Sadum tidak memangsanya. Tamu tersebut sebenarnya adalah para malaikat utusan Allah.

Rencana Nabi Luth tidak berjalan dengan lancar. Isterinya yang berpihak kepada Kaum Sadum membocorkan kehadiran lelaki-lelaki tampan ke rumah Nabi Luth. Malang tidak dapat ditolak, mendengar kabar tersebut para laki-laki berkumpul di depan rumah Nabi Luth untuk bertemu para tamu. Mereka mengetuk pintu rumah berkali-kali, tetapi tidak dibukakan oleh Nabi Luth.

Nabi Luth masih berusaha menasihati kaumnya untuk kembali ke jalan yang benar. Mereka diminta kembali kepada keluarga masing-masing, berhenti berzina sejenis dan merampok. Kegigihan Nabi Luth menjadikan Kaum Sadum semakin marah dan ingin menerobos masuk ke rumah beliau.

Nabi Luth semakin panik menjaga tamunya. Akhirnya para tamu laki-laki tersebut memperkenalkan jati dirinya sebagai malaikat. Para malaikat sengaja datang untuk memberikan azab kepada Kaum Sadum. Mereka pun menyuruh Nabi Luth untuk membukakan pintu.

Allah menunjukkan mukjizat untuk membuat Kaum Sadum jera. Setelah Nabi Luth membuka pintu, Kaum Sadum tidak dapat melihat apa pun. Para malaikat menyuruh Nabi Luth meninggalkan kaum tersebut dan pergi bersama para pengikut dan keluarganya.

Selama perjalanan pergi, Nabi Luth, keluarga, dan pengikutnya tidak diperbolehkan menengok kebelakang. Akan tetapi, takdir berkata lain, istri Nabi Nuh yang berkhianat menengok ke belakang karena tidak tega dengan Kaum Sadum. Akhirnya, istri beliau ikut menerima azab.

Hikmah di dalam kisah Nabi Luth tersebut dapat dilihat dari keikhlasannya pada isteri yang berkhianat hingga mendapatkan azab. Nabi Luth tetap berbesar hati menerima keputusan Allah. Akhir cerita, Kaum Sadum menerima azab dari Allah karena ketidaktaatan mereka. Datang badai yang besar dan menghancurkan kaum tersebut.

Bagikan artikel ini untuk orang terkasih Anda agar mereka tetap semangat, gigih, tidak putus asa, dan ikhlas dalam segala hal. Demikianlah hikmah kisah Nabi Luth yang dapat kita semua pelajari.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close