Dunia Islam

Hikmah di Dalam Kisah Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman merupakan utusan Allah yang diuji dengan kekayaan. Hal tersebut berbeda dengan nabi lainnya yang diuji dengan kemalangan. Akan tetapi, dengan kekayaan dan kehebatannya, beliau tetap rendah hati.

Hikmah di dalam kisah Nabi Sulaiman adalah ketaatan beliau kepada Allah. Nabi Sulaiman tetap patuh sebagai hamba Allah, meskipun segala hal telah beliau miliki. Tidak hanya kaya, beliau juga seseorang yang disegani. Jin dan setan pun tunduk kepadanya. Sampai-sampai, Nabi Sulaiman bisa mengutus mereka semua untuk membantu pekerjaan beliau.

Nabi Sulaiman juga dianugerahi kemampuan berbicara dengan binatang. Beliau sangat menyayangi binatang-binatang tersebut, serta berusaha mengerti dan mewujudkan keinginan mereka untuk diperhatikan para manusia.

Berikut ini adalah hikmah di dalam kisah Nabi Sulaiman yang dapat kita pelajari.

Allah Tetaplah Mahakaya

Allah Tetaplah Mahakaya - 1.bp.blogspot.com
Allah Tetaplah Mahakaya – 1.bp.blogspot.com

Allah mengatakan rizki manusia telah diatur. Maka, tidak aka nada rizki yang tertukar. Hikmah tersebut dapat diambil dari kisah Nabi Sulaiman dengan ikan paus. Suatu hari beliau melihat ikan paus yang terdampar di tepi pantai. Ternyata mereka sedang mencari makanan. Lalu Nabi Sulaiman menyuruh meraka untuk makan di rumah beliau.

Nabi Sulaiman telah memasak banyak makanan untuk mereka. Namun makanan yang banyak sekali jumlahnya itu tidak dapat mengenyangkan semua paus itu. Akhirnya Nabi Sulaiman menyadari, betapa pun kayanya beliau, Allah tetaplah sang Mahakaya yang memberikan rizki untuk semua manusia.

Tetaplah Rendah Hati

Tetaplah Rendah Hati - lenterahidup.com
Tetaplah Rendah Hati – lenterahidup.com

Nabi Sulaiman tetaplah pribadi yang rendah hati, meskipun kekayaan dan kehebatan beliau tidak tertandingi. Sejak kecil Nabi Sulaiman memang orang yang sangat cerdas. Gaya kepemimpinan beliau juga sangat santun. Beliau adalah orang selalu mendahulukan kepentingan rakyat.

Meskipun memiliki beberapa mukjizat, bahkan dapat berbicara dengan binatang, tidak lantas membuat Nabi Sulaiman mengetahui segalanya. Dari kisah tersebut, Allah memberikan pelajaran kepada kita bahwa nabi tetaplah manusia biasa, meskipun memiliki keistimewa.

Jika Anda adalah seorang pemimpin, jadilah seperti Nabi Sulaiman. Beliau adalah pemimpin yang sangat bijaksana. Beliau mau mendengarkan alasan dan pembelaan dari bawahannya sebelum memberikan hukuman. Nabi Sulaiman tidak pernah mengambil keputusan terburu-buru. Beliau selalu memutuskan segala sesuatu dengan penuh pertimbangan yang matang.

Usia Manusia Sudah Diatur oleh Allah

Usia Manusia Sudah Diatur oleh Allah - 2.bp.blogspot.com
Usia Manusia Sudah Diatur oleh Allah – 2.bp.blogspot.com

Suatu hari dalam perjamuan di rumah Nabi Sulaiman, umatnya didatangi oleh seorang laki-laki yang tampan. Setelah kepergian lelaki tersebut, umat beliau bercerita bahwa orang tersebut adalah malaikat maut. Maka, mereka pun berlari ke India agar tidak dapat dicabut nyawanya.

Allah memberikan pelajaran kepada kita semua bahwa kematian sudah ditentukan oleh-Nya dan tidak dapat dihindari. Umat tersebut berusaha untuk lari ke luar kota yang sangat jauh. Akan tetapi, Allah tetap saja memerintahkan Izrail untuk mencabut nyawa mereka.

Demikianlah hikmah di dalam kisah Nabi Sulaiman. Karena kebijaksanaan dan kemualiannya, seorang ratu dari negeri yang sangat kaya raya bernama Bilqis bersedia bertemu dan berkunjung ke istana Nabi Sulaiman.

Bilqis dan kaumnya adalah penyembah matahari. Nabi Sulaiman mengundang Bilqis ke istananya. Selama berjalan mengelilingi kediaman Nabi Sulaiman yang megah, Bilqis dinasihati untuk beriman kepada Allah. Setelah melihat kebijaksanaan beliau, Bilqis beriman kepada Tuhan Nabi Sulaiman. Akhirnya, Bilqis mengucapkan sahadat dan bersedia Islam. Beberapa saat kemudian Nabi Sulaiman dan Bilqis menikah.

Bagikan kisah Nabi Sulaiman ini kepada rekan terkasih. Kisah tersebut mengajarkan kepada kita agar tidak sikap sombong kepada siapa pun. Berapa pun kekayaan yang dimiliki manusia, kita tetaplah hamba Allah. Kesombongan hanya akan membawa kehancuran.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close