Dunia Islam

Hikmah Iman kepada Hari Akhir

Dalam salah satu rukun iman disebutkan bahwa umat muslim memiliki kewajiban untuk beriman kepada hari akhir. Hari akhir sendiri diartikan sebagai hari berakhirnya segala kehidupan di muka bumi (dunia), yang kemudian akan dilanjutkan dengan tahapan kehidupan di akhirat. Mengenai waktu datangnya hari akhir, tiada seorang manusia pun yang mengetahui karena hal tersebut murni kuasa dan rahasia Allah. Sesuai dengan salah satu firman-Nya;

“Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang. Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang diusahakan”. (QS. Thaha : 15)

Dari ayat tersebut kita bisa memetik pelajaran bahwa iman kepada hari akhir bukan hanya sebatas percaya bahwa kehidupan dunia pasti akan berakhir, tapi juga mengaplikasikan kepercayaan dalam bentuk amalan yang nantinya akan dipertanggungjawabkan. Karenanya, sebagai muslim yang beriman, sudah sepatutnya kita mengambil hikmah beriman kepada hari akhir, di antaranya:

Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan

Iman Kepada Hari Akhir - 3.bp.blogspot.com
Iman Kepada Hari Akhir – 3.bp.blogspot.com

Ketika seseorang telah beriman (percaya) kepada hari akhir, maka ia akan semakin bertakwa kepada Allah. Keyakinan bahwa Allah menciptakan dan menentukan hari akhir akan menjadikan hidupnya jauh lebih terarah. Dia akan sadar bahwa segala perbuatan yang dilakukan akan dimintai pertanggungjawaban dan diberikan balasan.

“(yaitu) orang-orang yang takut akan (azab) Tuhan mereka, sedang mereka tidak melihat-Nya, dan mereka merasa takut akan (tibanya) hari kiamat”. (QS Al Anbiya : 49)

Dengan menerapkan rasa percaya bahwa hari akhir itu ada, manusia akan semakin mendekatkan diri kepada Allah untuk meminta perlindungan, keselamatan, serta kebahagiaan di akhirat kelak.

Memperbanyak Amal Baik dan Menjauhi Perbuatan Dosa

Iman Kepada Hari Akhir - static.republika.co.id
Iman Kepada Hari Akhir – static.republika.co.id

Sebagai buah dari keimanan, tentunya seseorang akan paham bahwa sebagai hamba dia harus menjalankan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang karena segala sesuatu yang dilakukan semasa di dunia pasti akan mendapat balasan setimpal. Terlebih jika tindakan tersebut mengarah pada perbuatan dosa yang balasannya sangat berat.

Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: “Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebahagian rezki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang-terangan sebelum datang hari (kiamat) yang pada hari itu tidak ada jual beli dan persahabatan” (QS Ibrahim : 31)

Agar Lebih Mempersiapkan Diri

Iman Kepada Hari Akhir - griyaquran.org
Iman Kepada Hari Akhir – griyaquran.org

Mengingat tidak seorang pun yang tahu kapan hari akhir tersebut akan datang, maka setiap muslim selayaknya mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Kita harus senantiasa memperbaiki diri, baik dalam hal keimanan dan ketakwaan, ibadah, sikap, maupun yang lainnya. Tentu, kita tidak ingin menghadapi hari akhir dalam keadaan belum siap dan penuh kekurangan, bukan?

“Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila Kiamat sudah datang?” (QS Muhammad : 18)

Hidup untuk Dunia dan Akhirat

Iman Kepada Hari Akhir - Iman Kepada Hari Akhir - griyaquran.org
Iman Kepada Hari Akhir – Iman Kepada Hari Akhir – griyaquran.org

Ketika kita percaya bahwa setelah kehidupan ini ada kehidupan lain, maka kita tidak akan lagi terlalu mementingkan dan mengagungkan kehidupan dunia. Karena nyatanya, hidup di dunia ini hanyalah sementara.

Dan mengingat kehidupan di akhirat ditentukan oleh amal perbuatan selama kita di dunia, sudah sepantasnya muslim yang beriman memaksimalkan diri dalam hal ibadah dan beramal salih. Sebisa mungkin seimbangkan antara tujuan hidup bahagia di dunia dan di akhirat.

Ikhlas dan Lapang Dada dengan Segala Ketentuan Allah

Iman Kepada Hari Akhir - static.republika.co.id
Iman Kepada Hari Akhir – static.republika.co.id

Hikmah beriman kepada hari akhir juga mengajarkan bahwa Allah adalah Dzat yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Allah pulalah yang Mahatahu apa-apa yang terbaik bagi makhluk-Nya. Karenanya, sudah sepatutnya kita ikhlas menjalani kehidupan sesuai dengan rencana terbaik dari-Nya.

Nah, itulah beberapa hikmah beriman kepada hari akhir yang bisa kita petik demi peningkatan kualitas diri kita. Semoga bermanfaat.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close