Dunia Islam

5 Hikmah Menikah Menurut Islam

Menikah adalah salah satu ibadah yang disyariatkan oleh Islam dan telah termaktub dalam Alquran maupun hadis. Menikah sangat dianjurkan bagi mereka yang telah mampu, baik dari segi biologis, jiwa, material, maupun spiritual.

Seperti yang telah disabdakan Rasulullah dalam sebuah hadis, “Wahai para pemuda, barang siapa sudah memiliki kemampuan untuk menafkahi, maka hendaknya ia menikah, karena menikah dapat meredam keliaran pandangan, pemelihara kemaluan. Barang siapa yang belum mampu, hendaknya ia berpuasa, sebab puasa adalah sebaik-baik benteng diri.” (HR. Bukhari-Muslim)

Sebagai salah satu ibadah suci, pernikahan tentu memiliki hikmah dan keistimewaannya tersendiri. Apa sajakah itu? Berikut beberapa hikmah pernikahan yang penting untuk Anda ketahui.

Halalnya Hubungan Laki-Laki dan Perempuan

Hikmah Pernikahan - cdn2.tstatic.net
Hikmah Pernikahan – cdn2.tstatic.net

Ketika dua insan (laki-laki dan perempuan) telah disatukan dalam sebuah ikatan suci pernikahan, maka hubungan yang awalnya ‘bukan mahram’ dan berpotensi dosa telah menjadi hubungan yang halal dan berpahala. Dalam hal ini, pernikahan telah melindungi keduanya dari perbuatan zina atau dosa-dosa lainnya.

Sebagaimana yang disabdakan Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis, “Wahai Rasulullah, apakah (jika) salah seorang di antara kami memenuhi syahwatnya, ia mendapat pahala?” Rasulullah menjawab, “Tahukah engkau jika seseorang memenuhi syahwatnya pada yang haram, dia berdosa, demikian pula jika ia memenuhi syahwatnya itu pada yang halal, ia mendapat pahala.” (HR. Muslim)

Hal penting yang perlu digarisbawahi di sini adalah tujuan pernikahan bukan semata-mata untuk memuaskan hawa nafsu manusia, melainkan sebagai media pertalian kasih sayang antar kedua insan. Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt. dalam surat Ar-Rum ayat 21, yang berbunyi:

“Dan di antara tanda-tanda kebesaran Allah ialah Dia telah menciptakan untukmu istri-istri supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikannya antara kamu rasa kasih sayang”. (Ar-Rum : 21)

Menjalin Silaturahmi antar Dua Keluarga

Hikmah Pernikahan - ummi-online.com
Hikmah Pernikahan – ummi-online.com

Pernikahan tidak hanya melibatkan 2 orang. Lebih dari itu, pernikahan merupakan media untuk menjalin serta merekatkan silaturahmi antar kedua belah pihak keluarga. Dengan pernikahan jalinan persaudaraan seseorang menjadi semakin luas.

Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Hikmah Pernikahan - hmass.co
Hikmah Pernikahan – hmass.co

Ketika seseorang melaksanakan suatu ibadah, tentu dia akan mendapatkan pahala atau ganjaran. Menikah bisa menjadi sebab seseorang mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Ya, Allah menjanjikan pahala yang lebih banyak bagi mereka yang telah menikah, dibandingkan dengan mereka yang belum menikah.

Hal ini sesuai dengan salah satu sabda Rasulullah, “Dua rakaat yang dilakukan orang yang sudah berkeluarga lebih baik dari tujuh puluh rakaat shalat sunah yang dilakukan orang yang belum berkeluarga.” (HR. Ibnu Adiy dari Abu Hurairah)

Mendapatkan Pertolongan Allah SWT

Hikmah Pernikahan - 2.bp.blogspot.com
Hikmah Pernikahan – 2.bp.blogspot.com

Selain akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, hikmah pernikahan lainnya adalah memperoleh pertolongan Allah SWT. Hal ini merujuk pada salah satu sabda Rasul,

“Dari Jabir ra., ia berkata : “Nabi saw. bersabda : ‘Tiga golongan yang berhak mendapatkan pertolongan dari Allah ta’ala, yaitu: seorang budak yang berjanji menebus dirinya dari majikannya dengan penuh iman kepada Allah ta’ala, maka Allah ta’ala mewajibkan diri-Nya untuk membelanya dan membantunya; seorang lelaki yang menikah guna menjauhkan diri dari hal-hal yang diharamkan Allah (zina), maka Allah mewajibkan diri-Nya untuk membantunya dan memberinya rezeki …..’.” (HR. Dailami)

Sarana untuk Memperbaiki dan Meningkatkan Kualitas Diri

Hikmah Pernikahan - hipwee.com
Hikmah Pernikahan – hipwee.com

Dengan menikah, seseorang dituntut untuk senantiasa belajar, bersabar, dan bersyukur dengan segala dinamika kehidupan rumah tangga. Ya, kehidupan rumah tangga ibarat medan perjuangan sekaligus pelatihan jiwa (mujahadah an-nafs dan riyadhah an-nafs).

Itulah beberapa hikmah pernikahan yang bisa Anda dapatkan. Semoga kita termasuk orang-orang yang bertakwa. Amin

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: