Dunia Islam

3 Keutamaan dan Hikmah Puasa Ramadhan Bagi Umat Islam

Salah satu ibadah utama dalam ajaran Islam adalah menjalankan puasa di bulan Ramadhan, yang juga merupakan rukun Islam ke-3. Puasa wajib ini merupakan perintah dari Allah SWT, dan memiliki sejuta keutamaan. Di antara hikmah puasa Ramadhan adalah menjalankan perintah-Nya, apalagi jika ditambah dengan melakukan sunah-sunah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Di bulan yang suci ini, Allah SWT melipatgandakan segala sesuatu hal yang dikerjakan oleh manusia. Jika kita berbuat baik, pahala yang kita peroleh akan meningkat 10x lipat. Begitu pula jika kita berbuat maksiat, ganjaran dosa yang diterima pun akan berlipat ganda. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai umat mukmin untuk menjaga diri dan berpuasa di bulan Ramadhan.

Selain untuk menjauhkan diri dari kemaksiatan, berikut adalah beberapa hikmah puasa Ramadhan yang bisa kita petik:

Meningkatkan Ketakwaan kepada Allah SWT

Hikmah Puasa - 3.bp.blogspot.com
Hikmah Puasa – 3.bp.blogspot.com

Allah SWT telah menerangkan dalam firman-Nya di surat Al-Baqarah ayat 183 tentang perintah berpuasa di bulan Ramadhan.

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Ayat tersebut menyeru seluruh umat muslim untuk menjalankan puasa demi meningkatkan ketakwaan. Apa itu takwa? Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa takwa adalah pokok segala urusan. Menjadi insan yang bertakwa mampu menjalankan segala perintah Allah, dan menjauhi segala larangan-Nya. Hikmah puasa Ramadhan adalah melatih kita untuk mencapai tingkat ketakwaan yang lebih baik.

Puasa Ramadhan Salah Satu Cara untuk Menghapus Dosa

Hikmah Puasa - rumaysho.com
Hikmah Puasa – rumaysho.com

Di bulan Ramadhan, sepatutnya kita berlomba-lomba mencari ampunan dari Allah SWT atas segala dosa. Bahkan, dalam satu riwayat dikatakan bahwa golongan jin menangis karena iri terhadap manusia yang berpuasa dan mendapat pengampunan dari-Nya.

Dalam sebuah hadis, Abu Hurairah R.a meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

Barang siapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Barang-siapa menegakkan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hikmah puasa Ramadhan ini adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh kaum muslimin. Selain berpuasa, di bulan suci ini kita bisa memperbanyak salat malam untuk memohon ampun atas segala kesalahan yang telah diperbuat.

Kita Mampu Melatih Kesabaran

Hikmah Puasa - solusisehatku.com
Hikmah Puasa – solusisehatku.com

Banyak kita jumpai orang yang berpuasa di bulan Ramadhan masih tidak mampu untuk mengendalikan dirinya. Masih saja ada orang yang meluapkan kemarahan tanpa pandang bulu, atau melampiaskan hawa nafsunya. Tingkatan puasa yang paling rendah adalah hanya menahan lapar dan dahaga, tanpa ada pahala yang kita peroleh.

Untuk merasakan nikmat puasa yang hakiki, kita harus mempu mengendalikan kesabaran. Jika kita meniatkan seluruh ibadah karena Allah SWT, niscaya hal tersebut tidak sulit untuk dilakukan. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

Puasa adalah setengah dari kesabaran.” (HR. Ibnu Majah)

Puasa bulan kesabaran dan tiga hari dalam setiap bulan dapat melenyapkan kedengkian dalam dada.” (HR. Ahmad, dan dari Bazzar dari Ali dan Ibnu Abbas, dan Thabrani dan Baghawy dari Namr bin Tulab)

Dua sabda Rasulullah di atas merupakan hikmah puasa di bulan Ramadhan yang bisa kita rasakan. Kesabaran dan kendali atas diri sendiri bisa menjauhkan kita dari berbagai bentuk kejahatan dan kemaksiatan.

Sebenarnya, masih ada beberapa hikmah puasa Ramadhan lain untuk kita pelajari. Di antaranya adalah puasa sebagai perisai diri, meningkatkan rasa syukur, dan menjadikan kita pribadi yang mencintai sesama. Semoga dengan mengetahui keutamaan dan hikmah tersebut kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan semakin baik lagi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: