Dunia Islam

5 Hikmah Sholat Dhuha bagi Kebaikan Dunia dan Akhirat

Sholat dhuha adalah amalan sunah yang dikerjakan di waktu pagi hingga menjelang siang, tepatnya ketika matahari mulai naik dan menampakkan teriknya. Sholat dhuha termasuk sunah muakad atau sunah yang sangat dianjurkan, karena pada dasarnya, ibadah ini memiliki sejumlah hikmah dan keutamaan apabila dikerjakan secara rutin.

Hikmah yang terkandung dalam pelaksanaan sholat dhuha bukan hanya bermanfaat bagi kehidupan di dunia, tetapi juga menjadi syafaat bagi kehidupan di akhirat kelak. Berikut adalah lima hikmah sholat dhuha yang telah dirangkum dari hadis-hadis sahih yang berasal dari berbagai periwayat.

Hikmah Utama Sholat Dhuha adalah Melancarkan Rezeki dan Menolak Kefakiran

Hikmah Utama Sholat Dhuha adalah Melancarkan Rezeki dan Menolak Kefakiran - al-iman.org
Hikmah Utama Sholat Dhuha adalah Melancarkan Rezeki dan Menolak Kefakiran – al-iman.org

Sebagaimana tercantum dalam hadis riwayat Hakim, sholat dhuha adalah suatu amalan yang bisa membuka pintu rezeki dan menghindarkan dari kemiskinan.

Sholat dhuha itu mendatangkan rezeki dan menolak kefakiran, dan tidak ada seseorang yang senantiasa melaksanakan sholat dhuha, kecuali dia tergolong orang-orang yang bertaubat.

Selain berdasarkan hadis di atas, doa yang dibacakan setelah pelaksanaan sholat dhuha juga dimaknai sebagai doa untuk memohon kelancaran rezeki dari Allah Swt.

Sholat Dhuha Sebagai Ibadah Penghapus Dosa dan Tanda Taubat

Sholat Dhuha Sebagai Ibadah Penghapus Dosa dan Tanda Taubat - media.ihram.asia
Sholat Dhuha Sebagai Ibadah Penghapus Dosa dan Tanda Taubat – media.ihram.asia

Sholat dhuha adalah ibadah penggugur dosa. Mereka yang selalu melaksanakan sholat dhuha setiap pagi akan diampuni dosanya oleh Allah, meskipun dosa itu sebanyak buih di lautan. Hal ini didasarkan pada salah satu hadis riwayat Tirmidzi.

Dalam sebuah hadis lain, yakni hadis yang juga menyampaikan hikmah sholat dhuha sebagai amalan yang mendatangkan rezeki, disebutkan bahwa sholat dhuha menandakan seseorang yang telah bertaubat. Hanya orang-orang yang bertaubatlah yang selalu mengerjakan amalan ini setiap hari.

Allah Mencukupkan Kebutuhan Mereka yang Mengerjakan Sholat Dhuha

Allah Mencukupkan Kebutuhan Mereka yang Mengerjakan Sholat Dhuha - pbs.twimg.com
Allah Mencukupkan Kebutuhan Mereka yang Mengerjakan Sholat Dhuha – pbs.twimg.com

Dari sebuah hadis riwayat Hakim dan Thabrani disimpulkan bahwa seseorang yang mengerjakan sholat sunah pada permulaan siang hari (sholat dhuha) akan dicukupkan kebutuhannya oleh Allah hingga waktu sore.

Sholat Dhuha Merupakan Pengganti Sedekah di Waktu Pagi

Sholat Dhuha Merupakan Pengganti Sedekah di Waktu Pagi - 4.bp.blogspot.com
Sholat Dhuha Merupakan Pengganti Sedekah di Waktu Pagi – 4.bp.blogspot.com

Hikmah ini tercermin dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, Muslim, dan Abu Daud.Hadis tersebut berisi anjuran Rasulullah saw. kepada umatnya agar bersedekah setiap pagi. Sedekah yang harus dikeluarkan tidak harus berupa harta kekayaan. Setiap bacaan tasbih, tahmid, tahlil,dan takbir juga dianggap sebagai bentuk sedekah.

Lebih lanjut, hadis itu menyebutkan bahwa dengan mengerjakan kebaikan dan menghindari kejahatan (amarma’rufnahimunkar), seorang muslim dianggap telah bersedekah. Selain mengerjakan seluruh amal baik tersebut, mengerjakan sholat dhuha sebanyak dua rakaat di pagi hari juga akan diberikan pahala yang sama dengan pahala bersedekah.

Rakaat Sholat Dhuha yang Dikerjakan Juga Memiliki Hikmah yang Berbeda-beda

Rakaat Sholat Dhuha yang Dikerjakan Juga Memiliki Hikmah yang Berbeda-beda - media.ihram.asia
Rakaat Sholat Dhuha yang Dikerjakan Juga Memiliki Hikmah yang Berbeda-beda – media.ihram.asia

Sholat dhuha memiliki hikmah yang berbeda-beda, tergantung pada banyak rakaat yang dikerjakan. Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ath-Thabrani memaparkan hal ini secara rinci. Seseorang yang mengerjakan sholat dhuha sebanyak dua rakaat tidak dianggap sebagai orang yang lalai. Jika mengerjakan sebanya kempatrakaat, maka ia termasuk kedalam golongan ahli ibadah.

Enam rakaat sholat dhuha akan menyelamatkannya pada hari itu, sementara delapan rakaat sholat yang dikerjakanakan membuatnya terpilih sebagai orang yang taat. Puncaknya, Allah menjanjikan sebuah rumah di surga bagi mereka yang melaksanakan sholat dhuha sebanyak 12 rakaat.

Di samping kelima hikmah tersebut, seseorang yang mengerjakan sholat dhuha dengan mengharapkan rida Allah, kelak akan dimasukkan kedalam surga melalui pintu khusus yang diperuntukkan bagi orang-orang yang selalu mengerjakan sholat dhuha semasa hidup di dunia. Melihat begitu banyak hikmah sholat dhuha untuk kebaikan di dunia maupun akhirat, sudah sepantasnya kita menjadi umat muslim yang selalu melaksanakan ibadah sunah ini.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close