Dunia Islam

Hikmah Wakaf: Kebaikan bagi Sesama dan Pahala yang Mengalir Selamanya

Wakaf dalam bahasa Arab bermakna ‘menahan’. Mewakafkan harta berarti menahan harta tertentu dan menggunakan hasil atau manfaatnya untuk kepentingan agama dan umat. Wakaf juga sering dimaknai sebagai suatu amalan menafkahkan sebagian harta dalam berbagai bentuk (tanah, bangunan, mushaf Alquran, atau hal lain yang berguna) dengan tujuan memberikan manfaat yang bisa dipetik oleh orang banyak.

Menurut sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, perintah berwakaf berawal dari peristiwa tanah Khaibar yang diwariskan kepada Umar bin Khathab. Umar bertanya kepada Rasulullah saw. , apa yang harus dilakukannya dengan bagian tanah tersebut. Rasulullah saw. kemudian mengatakan jika Umar menghendaki, maka dia bisa menahan (mewakafkan) tanahnya agar bisa dimanfaatkan untuk kepentingan umat dan mereka yang membutuhkan.

Dimulai dari kisah itu, wakaf menjadi amalan yang sangat penting untuk dilakukan, terlepas dari hukumnya yang tergolong amalan sunah dan hanya dianjurkan bagi orang-orang yang mampu. Selain sebagai amalan muamalah yang melibatkan kebaikan bagi orang banyak, wakaf juga memiliki hikmah dan keutamaan lainnya. Berikut adalah tiga hikmah wakaf yang bisa dirasakan oleh pewakaf maupun oleh mereka yang memanfaatkan harta yang diwakafkan.

Wakaf Termasuk Amal Jariah yang PahalanyaTidak Pernah Putus

Wakaf Termasuk Amal Jariah yang PahalanyaTidak Pernah Putus - leeds.ac.uk
Wakaf Termasuk Amal Jariah yang PahalanyaTidak Pernah Putus – leeds.ac.uk

Salah satu amalan yang pahalanya akan selalu mengalir adalah amal jariah, yakni amal baik yang dilakukan seseorang untuk kepentingan orang banyak. Ketika seorang muslim mewakafkan hartanya di jalan Allah, dia telah melakukan amal jariah yang akan dibalas dengan pahala tak terbatas.

Sebagai contoh, sebidang tanah diwakafkan untuk pembangunan masjid. Selama masjid tersebut tetap berdiri dan digunakan sebagai sarana melaksanakan ibadah, pahala akan mengalir terus-menerus kepada pewakaf tanah. Pahalanya tak akan terputus, bahkan ketika pewakaf telah meninggal dunia.

Dengan Berwakaf, Seorang Muslim Bisa Memberi Manfaat bagi Sesama

Dengan Berwakaf, Seorang Muslim Bisa Memberi Manfaat bagi Sesama - mitcentralcoast.org
Dengan Berwakaf, Seorang Muslim Bisa Memberi Manfaat bagi Sesama – mitcentralcoast.org

Dan sebaik-baikmanusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)

Seorang muslim bisa menebar kebaikan dan menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama dengan berwakaf, apalagi jika muslim tersebut tergolong mampu dan memiliki kelebihan harta untuk diwakafkan. Kebaikan dari harta atau benda yang diwakafkan akan dapat dirasakan manfaatnya oleh orang lain.

Wakaf juga merupakan bentuk persaudaraan sesama umat manusia, khususnya umat Islam. Seorang muslim yang berwakaf berarti mempunyai kepedulian besar terhadap saudaranya yang seiman, sehingga dia mengikhlaskan harta yang dimiliki untuk dipergunakan di jalan kebaikan.

Wakaf Bisa Menjadi Sumber Kemajuan Umat

Wakaf Bisa Menjadi Sumber Kemajuan Umat - s3.wp.wsu.edu
Wakaf Bisa Menjadi Sumber Kemajuan Umat – s3.wp.wsu.edu

Sejarah perkembangan Islam di masa lampau mencatat bahwa wakaf ternyata memiliki peran yang cukup penting dalam hal memajukan umat. Faktanya, hasil wakaf dari orang-orang terdahulu—yang di antaranya adalah sahabat-sahabat Nabi—masih bisa dirasakan manfaatnya hingga saat ini.

Bisa dibayangkan jika amalan ini terus dikerjakan di masa sekarang, bahkan hingga masa yang akan datang. Umat Islam akan memiliki kekuatan untuk bisa terus maju dan membuat perubahan. Segala sesuatu yang memiliki manfaat besar bisa membuka peluang untuk kemajuan pembangunan dan kemaslahatan umat bagi generasi-generasi Islam di masa depan.

Dari tiga hikmah wakaf yang telah dipaparkan di atas, dapat disimpulkan bahwa seorang muslim yang mewakafkan hartanya di jalan Allah akan memperoleh kebaikan yang berlipat ganda. Dengan dibarengi niat yang ikhlas dan bertujuan hanya untuk mencari rida Allah, pewakaf akan mendapatkan pahala yang tidak terputus, bisa bermanfaat bagi sesama, dan berkontribusi pula terhadap kemajuan umat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: