Dunia Islam

5 Hikmah Zakat Berdasarkan Ayat-Ayat Al-Qur’an

Zakat adalah suatu ibadah yang wajib dilakukan dan termasuk kedalam rukun Islam yang harus dipenuhi. Zakat memiliki ketentuan tersendiri mengenai waktu, nisab dan haul. Ada zakat yang harus dikeluarkan ketika kekayaan seseorang sudah mencapai jumlah minimum nisab. Ada pula zakat yang wajib dikeluarkan setiap tahun pada waktu yang telah ditentukan, seperti zakat fitrah yang ditunaikan saatbulan Ramadan.

Perintah untuk menunaikan zakat dalam Alquran yang disandingkan dengan perintah mendirikan salat menjadi tanda bahwa zakat adalah bentuk ibadah yang sangat penting dan tidak boleh ditinggalkan.Allah Swt. tidak semata-mata memerintahkan umat muslim menunaikan zakat tanpa hikmah yang dapat diambil. Berbagai hikmah saat zakat ditunaikan akan dirasakan baik oleh pemberi maupun penerima zakat.

Hikmah utama dari berzakat adalah membersihkan harta dan jiwa muzaki atau orang yang wajib mengeluarkan zakat. Ibadah ini juga merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri dan beriman kepada Allah Swt.

Ayat-ayat Alquran sebagai pedoman hidup umat Islam mengandung sejumlah hikmah berzakat yang dapat dipetik oleh mereka yang menunaikannya. Apa saja hikmah zakat yang tercantum dalam Alquran? Berikut adalah lima di antaranya.

Mendapatkan Pahala di Sisi Allah

Mendapatkan Pahala di Sisi Allah - 2dbdd5116ffa30a49aa8-c03f075f8191fb4e60e74b907071aee8.ssl.cf1.rackcdn.com
Mendapatkan Pahala di Sisi Allah – 2dbdd5116ffa30a49aa8-c03f075f8191fb4e60e74b907071aee8.ssl.cf1.rackcdn.com

Dalam surah Al-Baqarah ayat 110 disebutkan bahwa zakat termasuk kedalam perbuatan baik, dan setiap kebaikan yang dikerjakan akan mendapatkan pahala di sisi Allah. Imbalan berzakat selain mendapatkan pahala adalah dimasukkan oleh Allah kedalam surga-Nya, seperti yang tercantum dalam QS. Al-Maidah ayat 12.

Menenteramkan Hati

Menenteramkan Hati - duahajat.com
Menenteramkan Hati – duahajat.com

Ayat Alquran selanjutnya yang memberikan penjelasan mengenai hikmah zakat masih merupakan bagian dari surah Al-Baqarah, yakni ayat 277. Selain menjadi pendukung ayat-ayat lain yang menerangkan tentang pahala berzakat, ayat ini menyebutkan bahwa Allah Swt. akan menghindarkan orang yang menunaikan zakat dari rasa takut dan kesedihan. Hati seseorang yang telah menunaikan zakat akan senantiasa tenteram dan damai.

Mempererat Tali Persaudaraan

Mempererat Tali Persaudaraan - afscenter.org
Mempererat Tali Persaudaraan – afscenter.org

Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain.” (QS. At-Taubah: 71)

Kutipan ayat tersebut menjelaskan lebih lanjut bahwa orang yang beriman di antaranya adalah orang yang menunaikan zakat. Muzaki dalam hal ini berperan sebagai penolong bagi orang lain. Zakat yang ditunaikan juga menjadi sesuatu yang akan mempererat tali persaudaraan antara pihak yang memberi dan pihak yang menerima zakat.

Orang yang BerzakatTermasuk ke Dalam Golongan Orang yang Beruntung

Orang yang BerzakatTermasuk ke Dalam Golongan Orang yang Beruntung - static.republika.co.id
Orang yang BerzakatTermasuk ke Dalam Golongan Orang yang Beruntung – static.republika.co.id

Umat muslim pada dasarnya adalah orang-orang beruntung yang mendapatkan rahmat dari Allah. Mereka yang berzakat dan beriman kepada Allah tentu termasuk kedalam golongan yang beruntung tersebut. Surah At-Taubah ayat 11 membahas hal ini dengan menjelaskan bahwa orang yang menunaikan zakat adalah saudara-saudara se agama dari para Rasul dan orang-orang beriman.

Allah Memberikan Rahmat dan Keberkahan Bagi Orang yang Berzakat

Allah Memberikan Rahmat dan Keberkahan Bagi Orang yang Berzakat - abiummi.com
Allah Memberikan Rahmat dan Keberkahan Bagi Orang yang Berzakat – abiummi.com

Allah Swt. berfirman dalam surah Al-A’raf ayat 156 serta surah An-Nuur ayat 56 bahwa keberkahan dan rahmat-Nya akan dialirkan pada orang-orang yang beriman, termasuk orang-orang yang menunaikan zakat. Selain diberi kecukupan dan keberkahan harta, Allah juga akan memudahkan urusan orang yang berzakat, seperti yang disampaikan dalam QS. At-Taubah ayat 5.

Itulah beberapa hikmah zakat yang tercantum dalam Alquran Di samping apa yang telah disajikan di atas, masih banyak hikmah berzakat yang juga terkandung dalam hadis dan sabda Rasullullahsaw. Dengan begitu banyak hikmah yang dapat diambil saat seseorang telah menunaikan kewajibannya dengan membayar zakat, hendaknya kitapun menjalankan ibadah ini tanpa menunda-nunda lagi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close